Peristiwa

Pemerintah Siapkan Bonus Bagi Atlet E-Sports di Asian Games 2022

googleberita

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia (RI), Rudiantara, mengaku pemerintah menyiapkan bonus Rp2 miliar bagi atlet electronic sports (E-Sports) yang meraih medali emas Asian Games 2022.

Rudiantara menyampaikan hal tersebut dalam acara peresmian turnamen E-Sports tingkat Asia Tenggara, SEACA, di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Rabu (17/10/2018). Ajang bertajuk South East Asia Cyber Arena (SEACA) ini menjadi event akbar dengan dukungan UniPin eSports.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Menpora untuk menyiapkan atlet-atlet resmi yang nantinya ikut bertanding di Asian Games 2022. Bonusnya Rp 2 miliar dari pemerintah, lebih besar dari hadiah turnamen SEACA Rp 1,4 miliar,” ujar

China akan menggelar Asian Games 2022 di Hangzhou. Sebagai tuan rumah, negeri Tirai Bambu memiliki hak istimewa untuk memasukan jenis olahraga pilihannya dalam turnamen empat tahunan tersebut.

ESports diyakini bakal menjadi satu di antara jenis olahraga yang dipertandingkan secara resmi pada Asian Games 2022. Rudiantara lantas ingin atlet-atlet eSports Indonesia mempersiapkan diri agar kompetitif saat tampil di sana.

“Pada Asian Games 2018, ada ekshibisi esports. Kita tahu China adalah negara yang mengembangkan Esports, mulai dari aplikasi hingga hal pendukung lainnya. Asian Games 2022 akan digelar di sana,” tutur Rudiantara.

“Saya mengerti mekanisme kota tuan rumah memiliki hak istimewa dalam Asian Games 2022. “Saya yakin karena tuan rumahnya Hangzhou, mereka akan memasukan eSorts sebagai pertandingan resmi untuk memperebutkan medali,” ujar Rudiantara.

Rudiantara mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementrian Pemuda dan Olahraga untuk memfasilitasi para atlet eSports Indonesia. Dia menilai tim Tanah Air memiliki kans mendulang medali dari eSports pada Asian Games 2022.

“Jadi kita ada waktu 3 tahun lagi untuk bersiap. Saya akan berbicara dengan Kemenpora untuk menyiapkan para gamers menjadi atlet resmi untuk bertanding di Asian Games 2022. Jadi, pemerintah akan mendukung semua aktivitas yang berhubungan dengan E-Sports,” pungkas Rudiantara.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of