Politik

Pedestrian Jalan Jensud dan Ursum Ponorogo, Tiga Titik dengan Finishing Cor

Pedestrian Jalan Jensud dan Ursum Ponorogo, Tiga Titik dengan Finishing Cor.

Ponorogo (beritajatim.com) – Faceoff pedestrian sisi selatan Jalan Jenderal Sudirman (Jensud) dan sisi utara dan selatan Jalan Urip Sumoharjo (Ursum) akan dikerjakan tahun ini. Bupati Sugiri Sancoko meminta, pedestrian ini nantinya harus dikerjakan dengan baik. Dia meminta dinas terkait untuk lebih selektif. Tidak akan menerima hasil pekerjaan jika tidak sesuai dengan spesifikasi.

“Pengerjaan proyek pedestrian di Jansud sisi selatan dan Ursum harus mempertimbangkan kenyamanan para pejalan kaki,” kata Bupati Sugiri, Jumat (27/5/2022).

Para pejalan kaki, kata Sugiri merupakan pemilik hak utama untuk jalur pedestrian. Maka dari itu pengerjaannya juga tidak boleh asal-asalan. Kang Giris menilai hasil pekerjaan pedestrian di sisi utara yang dikerjakan tahun lalu, menurutnya kurang memuaskan. Ada beberapa granit yang kopong. Selain itu juga aksesoris pedestrian juga tidak tahan lama.

“Harus ada evaluasi yang betul untuk pengerjaan pedestrian selanjutnya. Pedestrian Jensud dinsisi utara itu kasar, tidak memberikan kepuasan,” katanya.

Baca Juga:

  • 5 SMP di Ponorogo Batal Renovasi, Ini Penyebabnya
  • Plt Jadi Opsi Untuk Isi 3 Jabatan yang Lowong di Pemkab Ponorogo
  • Ada 6 Orang Asing Tinggal di Ponorogo
  • Bu Ipong Dorong Kembangkan Kuliner Lokal
  • Petugas Gabungan Ponorogo Buat Garis Starting Grid Balapan untuk Jaga Jarak

Bupati kelahiran Desa Gekangkulon Kecamatan Sampung itu mengatakan dalam proyek pengerjaan pedestrian nanti, ada tiga titik diprioritaskan landaian dengan finishing cor. Tiga titik itu yakni di pintu garasi armada Bus Jaya dan Gudang Garam di Jalan Ursum. Sementara di Jalan Jandaud terletak di dapan kantor Bus Damri di Jalan Jensud.

“Sengaja finishingnya dengan dicor, supaya landaian mampu menahan beban besar, seperti armada bus. Sehingga tiga titik itu otomatis tidak dilapisi granit,” katanya.

Dia menambahkan bahwa untuk lapisan atas pedestrian akan dipasang granit. Menurutnya, granit memiliki tingkat kekasaran yang aman bagi pejalan kaki. Kekuatannya dapat menahan beban maksimal hingga dua ton. Nantinya, granit yang dipilih adalah sama dengan yang ada di dua jalur pedestrian yang sebelumnya. “Bahannya untuk granit harus baik” pungkasnya.

Untuk diketahui, Bupati Sugiri Sancoko mengatakan Pemkab Ponorogo akan merogoh kocek untuk melakukan face off sebesar Rp 11,2 miliar. Sejumlah uang tersebut, untuk face off pedestrian di Jalan Sudirman bagian selatan dan Jalan Urip Sumoharjo bagian selatan dan utara.

Untuk pedestrian di Jalan Sudirman bagian selatan, Pemkab Ponorogo menggelontorkan pagu anggaran sebesar Rp 3,1 miliar. Panjang proyek pedestrian di kawasan tersebut, dimulai dari pertigaan Ngepos hingga traffic light bagian selatan Alon-alon Ponorogo. Dalam face off tersebut, trotoar akan diperlebar menjadi 3 meter 15 centimeter. Dengan pelebaran trotoar di sisi kanan dan kiri, kini ruas jalan di Jalan Sudirman lebarnya menjadi 13 meter 15 centimeter.

“Jalan Sudirman nanti trotoarnya kanan dan kiri cantik. Tahun ini melanjutkan untuk bagian selatan, tahun lalu baru bagian utara yang dilakukan face off,” katanya. (end/kun)





Ikuti kami di google berita https://bit.ly/3vWew0y
#beritaviral #jawatimur #berita #beritaterkini