Fotografi

Panduan Memilih Kamera, Pilih DSLR atau Mirrorless

Panduan Untuk Anda Memilih Kamera

Panduan Memilih Kamera, Pilih DSLR atau Mirrorless

Google Berita – Popularitas kamera DSLR terus meningkat setiap tahunnya meskipun harga kamera DSLR tidak dapat dikatakan murah terutama untuk spesifikasi tertentu. Namun semakin canggih suatu kamera DSLR justru semakin membuat kamera itu sendiri tidak praktis mulai dari segi desain maupun penggunaannya, oleh sebab itulah muncul kamera Mirrorless. Meski begitu kamera mirrorless dianggap belum mampu memenuhi harapan penggunanya untuk bisa dijadikan alternatif pengganti DSLR. Bagi anda yang belum memiliki kamera dan hendak membeli kamera namun bingung harus membeli mirrorless terlebih dahulu karena masih pemula atau langsung membeli DSLR ada baiknya an pertimbangkan faktor tujuan utama anda membeli kamera tersebut. Apabila tujuan utama anda membeli kamera adalah untuk belajar fotografi secara serius dan profesional maka membeli kamera DSLR merupakan pilihan yang tepat namun jika tujuan utama anda membeli kamera adalah untuk kebutuhan mengabadikan momen tertentu tanpa memikirkan detail-detail kecil dari tiap foto yang anda ambil maka pilih saja mirorrless.

Untuk membuat anda semakin yakin atas pilihan yang anda buat maka perbandingan antara kamera DSLR dan kamera Mirrorless ini perlu anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

Kamera DSLR

Kamera DSLR

Hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR jauh lebih baik dibandingkan dengan hasil gambar yang ditangkap oleh kamera mirrorless, hal ini di sebabkan oleh kemampuan kamera DSLR dalam urusan detail yang jauh lebih baik dibandingkan jenis kamera lainnya. Itulah sebabnya walaupun tercantum ukuran “mega pixel” yang sama antara kamera DSLR dengan kamera mirrorles namun kualitas foto DSLR jauh lebih baik. Itulah sebabnya anda tidak disarankan sekedar menjadikan ukuran “mega pixel” yang disajikan sebagai tolok ukur utama. Selain itu kinerja dari sebuah kamera DSLR pun dianggap lebih baik dalam hal penentuan fokus otomatis, penundaan rana yang jauh lebih pendek, kapasitas ruang penyimpanan yang relatif lebih besar serta respons yang luar biasa cepat ketika digunakan untuk pengambilan gambar secara berkesinambungan. Kamera DSLR pun pada beberapa seri tertentu sangat amat mudah untuk ditingkatkan. Banyak aksesoris dan perlengkapan upgrade yang tersedia di toko-toko kamera, sehingga dengan mudah anda bisa meningkatkan kamera anda kapan saja anda mampu melakukannya.

Kamera mirrlorless

Kamera mirrlorlessKelebihan utama dan yang paling ditonjolkan dari kamera mirrorless adalah ringkasnya kamera yang satu ini jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Misalnya saja dari segi bobot yang hanya beberapa kilogram saja sehingga tidak terlalu membebani anda ketika membawanya, meski begitu lensa kamera ini pun bisa diganti layaknya kamera DSLR sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Dari segi kualitas pun kamera ini bisa anda andalkan karena sekarang ini telah banyak kamera mirrorless yang dilengkapi sensor besar bahkan sensor full frame.

Dimana anda kelebihan tentu ada kelemahan di sana, begitupun halnya dengan kamera DSLR yang memiliki kelemahan diantaranya seperti harganya yang sering dikeluhkan orang-orang yang hendak membelinya. Bahkan harga mahal yang dimaksud kerap kali hanya merupakan harga body kamera yang hanya dibekali lensa standard, belum lagi jika mereka ingin membeli lensa yang jauh lebih sesuai dengan harapan mereka entah itu untuk zoom, wide dan lain sebagainya. Selain itu banyaknya tombol pada kamera DSLR pun sering dikeluhkan sebagai sesuatu yang cukup merepotkan terutama bagi pemula. Kamera mirrorless sendiri bukan tanpa kelemahan karena kamera ini lemah dalam hal continuous auto focus yang masih sangat lemah dibandingkan DSLR.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of