Politik

PAN akan Umumkan Cabup Bersama dengan Koalisi Partai

googleberita

Jember (beritajatim.com) – Partai Amanat Nasional belum pernah mengeluarkan rekomendasi resmi untuk calon bupati Jember, Jawa Timur. Ini membantah kabar keluarnya surat rekomendasi untuk Hendy Siswanto.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PAN Jember Edy Wicaksono mengatakan, surat rekomendasi harus berbentuk surat keputusan yang ditandatangani ketua umum dan sekretaris jenderal dewan pimpinan pusat. Sementara surat rekomendasi yang terbit pada 7 Februari 2020 itu ditandatangani Viva Yoga Mauladi dan Yandri Susanto dari Tim Pemilihan Kepala Daerah Pusat DPP PAN.

“Surat rekomendasi yang keluar di khalayak ramai itu bukan surat keputusan. Itu hanya semacam surat tugas bagi calon bupati bersangkutan untuk mencari pasangan calon wakil bupati, membentuk koalisi partai, dan berkomunikasi intensif dengan elemen internal PAN,” kata Edy, Minggu (8/3/2020) malam.

Baca Juga:

  • Gus Syaif: Jember Butuh Bupati Baru
  • NU: Jember Perlu Bupati Baru, Minimal yang Bisa Disarungi
  • Muhammadiyah Ingin Cabup Jember Tidak Tiru Raja Namrud
  • PPP Wajibkan Cabup Ikut Cari Partai Koalisi

Ketua DPD PAN Jember Lilik Niamah menyatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan beberapa partai. “PAN mungkin berbeda dengan partai lain. Dalam rangka mencari calon bupati, PAN sudah membentuk koalisi dengan beberapa partai,” katanya.

“Kami bersepakat membentuk koalisi strategis dalam rangka mengusung calon bupati yang pada saatnya nanti akan kami umumkan bersama,” katanya.

Lilik sudah berkomunikasi dengan Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jatim. Proses penjaringan cabup yang digelar bersama dengan Partai Demokrat tetap akan berjalan sesuai mekanisme, tanpa terintervensi surat yang beredar di publik. “Ini artinya semua calon yang mendaftarkan diri mendapat peluang dan kesempatan yang sama dalam proses ini,” katanya. [wir/but]