Peristiwa

Ortu Bisa Bangun Kreativitas Anak Lewat Warna

Googleberita.com, Jakarta Orangtua bisa menumbuhkan kreativitas anak lewat warna. Caranya dengan mengenalkan  berbagai warna pada anak. Proses mengenal warna itu dapat menstimulasi kreativitas sekaligus kecerdasan anak.

Dokter spesialis anak Ariani Dewi Widodo mengungkapkan beberapa tips menstimulasi kreativitas anak lewat pengenalan warna.

“Misalnya, beri pertanyaan ke anak, ‘Ini warna apa? Kalau merah dan biru dicampur berubah jadi warna apa?’,” ungkap Ariani saat ditemui di KidZania, Mall Pacific Place, Jakarta, ditulis Jumat (27/9/2018).

Pertanyaan-pertanyaan soal warna memberikan pengetahuan pada anak. Apalagi batita atau balita yang sedang dalam tahap tumbuh kembang.

 

Tingkatkan sentuhan kasih sayang

Ilustrasi anak di Singapura menikmati seni instalasi cahaya warna-warni. (AP Photo / Wong Maye-E)

Ariani menambahkan orangtua mungkin membelikan peralatan dan perlengkapan untuk pengenalan warna pada anak. Bagi orangtua yang sibuk bekerja, anak bisa jadi bermain sendiri dengan media warna.

“Ada orangtua yang habis beli media pengenalan warna ya udah ditinggal pergi. Paling cuma berikan anak peralatan warna terus ‘dadah’ (anaknya ditinggal),” ujar Ariani.

Sebaiknya orangtua menemani anak bermain dengan warna. Cara ini akan meningkatkan sentuhan kasih sayang dengan anak.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of