Politik

OJK Jember Luncurkan Si Jempol








Jember (beritajatim.com) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember, Jawa Timur, meluncurkan sistem layanan informasi keuangan (SLIK) dalam fitur gawai bernama Si Jempol. Ikhtiar untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi keuangan.

Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin mengatakan, SLIK dulunya lebih dikenal sebagai BI Checking. “Tujuannya menyediakan informasi mengenai pinjaman masyarakat di lembaga keuangan,” katanya, Rabu (17/3/2021).

Si Jempol adalah akronim dari Sistem Informasi OJK Jember untuk Pelayanan SLIK secara Optimal. “Masyarakat Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo bisa mengakses melalui gawai selama jam kerja,” kata Azilsyah.

Masyarakat yang ingin mengakses dipersyaratkan menyediakan foto KTP, swafoto dalam poses sedang memegang KTP, dan foto tanda tangan. “Tinggal diunggah di link itu, dan tinggal ada beberapa isian seperti biasa, sehingga bisa kami identifikasi dan verifikasi apakah sudah sesuai atau tidak,” kata Azilsyah.

Hasil SLIK ini nanti bisa dikirim melalui surat elektronik dan WhatsApp pemohon. “Itulah kenapa dalam daftar isian itu pemohon mengisikan nomor HP dan alamat email. Tujuannya adalah untuk menghindari kontak langsung selama masa pandemi. Kami berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat supaya lebih mudah, cepat, dan aman,” kata Azilsyah.

Baca Juga:

  • Rayakan Sanksi terhadap Bupati, Warga Jember Cukur Gundul dan Tumpengan
  • Ini Tugas Bupati Jember Periode Mendatang Menurut Muhammadiyah
  • Soal Kuota CPNS, Sekda Jember: Berdoa Saja
  • Dulu Jember Motor Penggerak Ekonomi Sekarkijang, Sekarang Banyuwangi

Permohonan SLIK ini tidak boleh diwakilkan dan harus dilakukan sendiri oleh pemohon. “Kedua, untuk mengakses itu tidak dipungut biaya. Ketiga, hasil print out SLIK tadi sepenuhnya menjadi tanggung jawab si pemohon. Jadi kalau disalahgunakan, OJK tidak bertanggung jawab,” kata Azilsyah. [wir/but]







The post OJK Jember Luncurkan Si Jempol first appeared on beritajatim.com.