Lifestyle

Mungkinkah Penyakit Bronkitis Berkembang ke Pneumonia?

googleberita

Meski sama-sama menyerang sistem pernafasan manusia, bronkitis dan pneumonia memiliki perbedaan. Bila Bronkitis merupakan infeksi pada saluran udara, Pneumonia merupakan infeksi pada jaringan paru-paru manusia. Walau berbeda, penyakit Bronkitis bisa berkembang ke Pneumonia. Kondisi ini bisa terjadi bila pengidap bronkitis tidak melakukan upaya penyembuhan dengan baik.

Oleh karena itu, penting mengenali gejala kedua penyakit ini  agar dapat mencegah perkembangannya. Apalagi, Pneumonia saat ini sedang rentan terjadi akibat Novel Coronavirus yang menjadi masalah kesehatan global.

Perbedaan bronkitis dan pneumonia

Pada dasarnya, bronkitis disebabkan oleh virus. Seringkali, virus penyebab bronkitis sama dengan virus yang menyebabkan flu biasa. Gejala bronkitis yang paling menonjol, yaitu batuk, demam yang cenderung rendah, merasa lelah, dan nafas yang pendek. Infeksi bronkitis biasanya terjadi selama seminggu hingga 10 hari.

Berbeda dengan bronkitis, pneumonia lebih sering disebabkan oleh Bakteri, meski virus dan jamur pun bisa menjadi penyebabnya. Gejalanya pun hampir serupa, seperti demam tinggi, nyeri dada, dan penurunan berat badan akibat nafsu makan yang berkurang.

Pneumonia lebih serius dari bronkitis. Kasus ini pun berlangsung lebih lama. Infeksi paru-paru pada pneumonia ini menyebabkan seseorang kesulitan bernafas.

Mungkinkah bronkitis berkembang ke pneumonia?

Bronkitis yang disebabkan oleh virus, bila tidak segera ditangai dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Hal ini kemudian dapat mempermudah infeksi bakteri yang menyebabkan pneumonia.

Hal ini karena pada dasarnya, pneumonia bisa menyerang pada seseorang yang sedang memiliki daya tahan tubuh lemah. Beberapa kelompok orang di bawah ini sangat rentan mengidap pneumonia bila ia sedang mengidap bronkitis.

  • Usia di bawah 2 tahun atau di atas usia 65 tahun.
  • Pernah mengidap stroke.
  • Kesulitan menelan.
  • Mengidap asma, fibrosis, diabetes, gagal hati, atau kondisi medis lainnya.
  • Memiliki mobilitas yang terbatas.
  • Sedang masa penyembuhan yang berpengaruh pada daya tahan tubuh.
  • Sedang mendapat terapi atau pengobatan untuk kanker.
  • Perokok.
  • Peminum alkohol.

Dalam beberapa kasus, pengidap bronkitis bisa berkembang ke pneumonia meski sedang mengonsumsi antibiotik untuk pengobatan bronkitisnya. Pada dasarnya, antibiotik yang sedang dikonsumsi hanya untuk mengobati bakteri penyebab Bronkitis, sedangkan bakteri penyebab Pneumonia masih dapat berkembang.

Cara mencegah perkembangan bronkitis ke pneumonia

Gejala yang hampir serupa membuat seseorang akan sulit untuk mengenali apakah seseorang yang mengidap Bronkitis sudah berkembang ke Pneumonia. Oleh karena itu, bila sudah ditemukan gejala-gejala bronkitis, penting untuk segera mengonsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Dokter akan segera memeriksa dengan stetoskop apakah infeksi pada sistem pernafasan Anda sudah menjalar ke paru-paru atau tidak. Dokter pun mungkin memeriksa Anda secara berkala apakah Bronkitis Anda sudah membaik atau justru makin memburuk.

Pneumonia dapat menjadi ancaman bagi siapa saja. Bagi sebagian orang, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi dan memperburuk kondisi kesehatan lainnya. Namun, bagi sebagian orang lainnya, pengobatan dari dokter untuk pneumonia mendapat respons baik dari tubuh dan tentunya bisa sembuh seperti sedia kala.

The post Mungkinkah Penyakit Bronkitis Berkembang ke Pneumonia? appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of