Olahraga

Mulai Hidup Sehat dengan Rutin Olahraga

Cintai tubuh anda dengan hidup sehat dan rajin berolahraga

Google Berita Semakin hari, makin banyak saja orang yang mulai sadar pentingnya olahraga. Tak melulu soal kesehatan, di era yang sudah semakin modern seperti ini, olahraga juga menjadi trend tersendiri bagi kalangan menengah ke atas.

Mereka sering mengunggah aktivitas olahraga mereka ke sosial media. Misalnya, ketika kebetulan sedang lari pagi atau saat sedang di gym. Hal ini menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi mereka. Orang lain yang melihat aktivitas mereka pun merasa terinspirasi dan ingin ikut serta melakukan olahraga secara rutin.

tips hidup sehat

Khusus bagi Anda yang ingin memulai olahraga secara rutin, baca dulu tips berikut ini.  Tips ini diberikan oleh Paulus Pesurnay, seorang pelatih olahraga legendaris yang usianya sudah 77 tahun.
Ini dia tips memulai olahraga yang wajib Anda baca !

  • Mulai Bangun VO2max

VO2 Max merupakan kapasitas maksimum tubuh dalam menyalurkan dan menggunakan oksigen ketiga berolahraga intens. VO2 Max ini mencerminkan tingkat kebugaran seseorang. Jika seseorang memiliki VO2 Max yang besar, menurut Paulus, kondisi fisik seseorang masih besar. Ini berarti ada semacam mesin pencipta energi di dalam tubuh yang bekerja tidak ada habisnya. Dengan VO2 Max yang besar, seseorang akan mudah melakukan olahraga.

  • Bangun Kekuatan pada Otot

Mereka yang memutuskan untuk mulai berolahraga biasanya punya tujuan tertentu, misalnya menurunkan berat badan, melatig otot, atau tujuan lainnya. Ketika Anda berolahraga, usahakan bangun kekuatan pada semua otot. Kekuatan otot perlu dilatih demi mewujudkan badan ideal seperti yang Anda harapkan.

  • Optimalkan Kekuatan atau Power

Supaya olahraga yang Anda lakukan bisa mencapai target maksimal seperti yang Anda inginkan, power atau kekuatan sangat dibutuhkan. Semua cabang olahraga pasti mempunya power, kecuali angkat besi. Olahraga angkat besi membutuhkan kekuatan maksimal. Optimalkan power untuk membantu meningkatkan serabut otot putih.

  • Jadi Lebih Efisien dan Hemat Energi

Setelah Anda mengoptimalkan power dan juga stamina, langah selanjutnya adalah mencari teknik olahraga yang lebih efisien. Ini berarti Anda harus mencari strategi-strategi supaya tidak boros tenaga. Misalnya di dalam olahraga badminton, orang lain butuh setidaknya 3 langkah untuk mencapai kok. Nah, supaya lebih efisien, Anda harus mencari teknik agar bisa mencapai kok dengan dua langkah saja. Intinya, buat gerakan menjadi sesederhana mungkin tetapi efisien. Ini akan membantu Anda menghemat tenaga dan menjadi lebih kreatif.

  • Pelihara Kebugaran

Pada dasarnya, olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Akan tetapi, tentu Anda harus melakukan kiat-kiat lainnya agar tubuh senantiasa bugar. Kebugaran tentunya tidak hanya dijaga dengan berolahraga saja. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan juga melakukan pijat ketika tubuh sedag capek. Tak hanya itu, proses recovery tubuh juga penting. Misalnya, Anda bisa mandi air hangat setelah berolahraga. Mandi air hangat akan membuka pembuluh darah sehingga aliran darah akan lebih lancar. Pada bilasan terakhir, Anda bisa menggunakan air biasa untuk menekan aliran darah agar lebih lancar dan oksigen bisa masuk ke dalam paru-paru.

Itulah lima langkah mudah yang bisa Anda lakukan ketika baru mulai berolahraga. Setelah terbiasa dengan rutinitas baru ini, Anda tinggal menjaga ritmenya agar kegiatan olahraga tetap berjalan tanpa ada kendala apa pun. Demikian adalah informasi penting yang harus Anda simak ketika sedang memulai berolahraga.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of