Politik

Muhammadiyah Yakin Pemerintah Punya Solusi Untuk Papua Karena Berpengalaman

googleberita

Malang (beritajatim.com) – Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir yakin pemerintah mempunyai solusi dalam penyelesaian konflik di Papua. Sebab, Indonesia adalah negara yang berpengalaman dalam menyelesaikan konflik.

“Saya pikir bangsa ini cukup matang, dari pengalaman sejarah seperti di Papua, Aceh, Poso, Maluku, Ambon, karena itu jadikan sebagai pelajaran dalam mengambil peran integratif,” ujar Haedar saat di Malang, Senin (2/9/2019).

Haedar mengatakan, dalam suasana gejolak sosial dengan berbagai sebab, maka semua kekuatan nasional dan lokal diharapkan berada dalam posisi mencari solusi. Muhammadiyah yakin, sebab Indonesia adalah negara yang toleran.

Baca Juga:

  • KPID Jatim Canangkan Deklarasi Siaran Damai untuk Jatim Harmoni
  • Gubernur Jatim Dukung Pertemuan dengan Gubernur Papua oleh Mendagri
  • Ditolak Mahasiswa Papua, Gubernur Lukas: Waktunya Belum Tepat
  • Terkait Papua, Seluruh Rektor di Malang Bakal Dikumpulkan
  • Banjir Surut, Bandara Sentani Jayapura Kembali Beroperasi Normal

“Saya percaya kita punya solusi itu. Saya percaya semua kekuatan pemerintah TNI, Polri, Pemda dan kekuatan masyarakat bisa bersama mencari solusi terhadap Papua,” ujar Haedar.

Muhammadiyah pun meyakini, bahwa masyarakat Papua juga ingin kembali hidup damai bersama dengan sesama warga bangsa. Haedar berharap letupan-letupan konflik saat ini bisa diselesaikan dengan secara seksama.

“Menangani Papua sebagaimana situasi seperti ini tidak bisa dengan cara instan. Kami melihat ada kesungguhan dari pemerintah TNI, Polri, Pemda dan masyarakat. Mungkin perlu intesnitas yang lebih tinggi, untuk fokus dalam menyelesaikan Papua sehingga ada langkah jangka pendek dan langkah jangka panjangnya apa,” tandasnya. (luc/kun)