Peristiwa

Mesin ATM BRI di Beberapa Lokasi di Palu Sudah Beroperasi

Googleberita.com, Jakarta Telah terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala pada Jumat (28/9/2018). Sejak saat itu, aliran dan komunikasi terputus. Akibatnya, berbagai aktivitas pun terhenti, termasuk kegiatan perbankan.

Namun, mulai Senin (1/10/2018), sudah ada bank yang mulai beroperasi. PT. Bank Rakyat Indonesia menjadi bank BUMN pertama yang beroperasi di Palu, Sulawesi Tengah. Bank BRI mempercepat seluruh proses recovery bagi jaringan kantor dan layanan digital perbankan yang bermasalah. Sebelumnya, tercatat 32 Kantor Bank BRI serta puluhan mesin ATM, CRM, dan EDC tidak bisa berfungsi karena aliran listrik dan komunikasi terputus.

Direktur Jaringan dan Layanan PT. Bank Rakyat Indonesia, Osbal Saragi, mengatakan bahwa pada Senin (1/10/2018) mesin ATM BRI di beberapa lokasi di Palu sudah beroperasi melayani kebutuhan transaksi para nasabah. Guna mempercepat recovery, Bank BRI telah mengirimkan teknisi dari Jakarta, Manado, dan Makassar yang kompeten di bidangnya untuk secara langsung segera memperbaiki jaringan kerja BRI. Diperkirakan jaringan kantor dan layanan digital Bank BRI akan pulih dalam waktu lima hari ke depan.

“Teknisi-teknisi yang didatangkan ke Palu sudah berpengalaman dalam memulihkan jaringan kerja dan digital, sehingga ditargetkan waktu pemulihan akan lebih cepat dan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan transaksi perbankan,” ujar Osbal.

Posko BRI di halaman Kantor Cabang BRI Palu.

Ia menambahkan, Bank BRI menargetkan pada Jumat (5/10/2018), seluruh layanan perbankan digital seperti mesin ATM, CRM, EDC, dan Agen BRILink dapat beroperasi kembali secara normal. Secara keseluruhan, Bank BRI memprediksi pada minggu kedua Oktober 2018, seluruh jaringan kantor dan layanan perbankan digital BRI sudah beroperasi secara normal.

“Percepatan recovery yang dilakukan oleh BRI juga sangat terbantu dengan adanya satelit BRIsat, yang kami manfaatkan secara darurat untuk mengganti jaringan komunikasi di mesin ATM yang bermasalah,” ucap Osbal. 

Selain itu, Bank BRI juga mendirikan posko BRI di halaman Kantor Cabang BRI Palu untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan transaksi perbankan.

 

 

(*)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of