Peristiwa

Menhub Bentuk Tim Reaksi Cepat Pulihkan Tranportasi di Sulteng Pascagempa

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membentuk tim gerak cepat untuk operasi tanggap darurat gempa di Sulawesi Tengah. Tim ini bertugas segera memperbaiki fasilitas transportasi.

“Untuk memudahkan koordinasi pusat dan daerah yang diterjunkan ke lapangan dan membentuk posko khusus terkait penanganan gempa Palu di kantor pusat Kemenhub,” kata Menhub Budi Karya kepada pers, Sabtu (29/9/2018).

Seperti dilansir Antara, ia mengungkapkan hal itu saat menghadiri Kegiatan Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna Transportasi (MADATUKAR) BPSDM Perhubungan di Balai Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Karakter (BP3K) Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Budi Karya menamakan tim tersebut adalah Tim Quick Response Transportasi. Menhub mengatakan dirinya juga meminta untuk melakukan pengecekkan terhadap beberapa fasilitas transportasi baik udara dan laut yang terkena dampak gempa bumi tersebut.

“Saya menginstruksikan kepada jajaran di Kemenhub untuk melakukan pengecekkan fasilitas sarana dan prasarana transportasi seperti bandara maupun pelabuhan pada daerah yang terkena dampak gempa,” kata Menhub Budi.

Menurut laporan yang diterima, terjadi kerusakan di Bandara SIS Al-Jufri Palu dan Pelabuhan Ogoamas.

Aerodrome Control Tower Bandara SIS Al-Jufri mengalamai keretakan, serta retak di Talaud dan terjadi pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3 centimeter di Pelabuhan Ogoamas.

 

Pastikan Kondisi Infrastruktur

Kemenhub juga masih menunggu informasi keadaan di sejumlah infrastruktur perhubungan yang belum terkonfirmasi karena putusnya jaringan komunikasi akibat gempa.

“Saya meminta jajaran untuk berkoordinasi dan terus melakukan pengecekkan kerusakan akibat gempa pada seluruh fasilitas transportasi,” terang Menhub Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi juga menyampaikan duka mendalam terhadap para korban pada musibah gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of