koronerLifestyle

Mengetahui Kondisi Orang yang Perlu Pasang Ring jantung

Apakah semua orang yang memiliki gangguan jantung perlu mendapatkan pemasangan stent atau ring? Ternyata tidak semua pasien perlu mendapatkan prosedur ini. Ada kondisi khusus pasien yang mengharuskan adanya prosedur pemasangan ring.

Mengenal prosedur ring jantung

pasang ring jantung

Ring jantung pernah membantu menyelamatkan Presiden Amerika Serikat ke-43, George W. Bush yang mengalami penyumbatan arteri jantung. Lantas, apakah semua penyumbatan atau orang dengan gangguan jantung perlu mendapatkan prosedur ini?

Sebelumnya, ketahui dulu soal ring jantung dan fungsinya. Stent atau ring jantung merupakan alat berupa selang kecil untuk membuka jalan pada pembuluh darah arteri yang menyempit ataupun tersumbat. Prosedur ini dikenal dengan istilah angioplasti. Ring jantung biasanya terbuat dari stainless steel atau cobalt chromium.

Pemasangan ring jantung dibantu dengan kateter pada arteri koroner yang tersumbat. Tentunya, prosedur ini dilakukan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. 

Fungsi ring jantung adalah membantu pelebaran pembuluh darah untuk melancarkan aliran darah. Pemasangan ring juga diharapkan mengurangi rasa tidak nyaman pada dada akibat penyumbatan.

Namun, tidak semua pasien bisa mendapatkan prosedur angioplasti. Ada pasien yang memiliki penyakit jantung dan ia telah mendapatkan rekomendasi pengobatan dan perawatan dari dokter ahli jantung.

Kondisi pasien yang perlu pemasangan ring jantung

NSTEMI adalah serangan jantung ringan

Gangguan jantung biasanya ditandai dengan napas pendek (pasien kesulitan bernapas) dan sakit pada area dada. Jika menemukan kondisi ini segera periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui apa masalah dari jantung Anda.

Biasanya, ada pemeriksaan berkala dengan dokter untuk mengetahui kondisi dan gejala terkini yang dialami oleh pasien. Dokter jantung akan menyarankan pasien jantung untuk melakukan gaya hidup sehat, mulai dari olahraga teratur dan diet sehat, serta berhenti merokok untuk mendukung keberhasilan terapi.

Sebelum melakukan prosedur ini, dokter akan melakukan analisa terlebih dahulu dengan angiogram. Ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar penyumbatan terjadi pada arteri koroner. Melalui pemantauan ini dokter akan menentukan apakah Anda perlu mendapatkan pemasangan ring jantung.

Namun bila hasil menunjukkan aliran darah masih dapat lancar mengalir meskipun ada penyumbatan dan tidak ada pengaruh signifikan terhadap tekanan darah, bisa jadi dokter akan memberikan perawatan melalui obat-obatan untuk meredakan gejala.

Pentingnya mengenal gangguan dan serangan jantung

Milrinone adalah

Kini, Anda sudah tahu kondisi pasien yang perlu pemasangan ring jantung. Perlu pemeriksaan berkala dan analisa tes melalui angiogram untuk mendapatkan prosedur tersebut.

Menurut dr. Douglas Drachmas, kardiolog dari Harvard-affiliated Massachusetts General Hospital, prosedur angioplasti bukanlah hal yang serta-merta berhasil, tergantung dari kondisi pasien. Ada yang membantu, tetapi ada juga risiko yang mungkin terjadi.

Pemasangan ring jantung mungkin bisa menyelamatkan orang yang mengalami serangan jantung, tetapi bukan cara yang terbaik untuk mencegah serangan jantung. Bicara soal serangan jantung, Anda perlu sedikit tahu mengenai pemicunya.

Mengutip dari Harvard Health Publishing, serangan jantung terjadi ketika adanya penyumbatan pada arteri. Kondisi penyumbatan arteri bisa diketahui dengan perubahan ketahanan fisik tubuh pada aktivitas sehari-hari.

  • rasa tidak nyaman pada area dada
  • lemah
  • napas pendek
  • terengah-engah saat membawa barang yang tidak berat
  • merasa kelelahan saat berjalan menanjak, sulit bernapas, dan merasa keliyengan setelah berjalan pada area mendatar

dr. Douglas mengingatkan, tanda-tanda kecil ini tidak boleh diabaikan. Ia mengakatan, mungkin saja ini jadi peringatan berbahaya atau terhambatnya aliran darah menuju areter koroner. Orang yang mengalami ini, perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Rangkaian pemeriksaan yang dilakukan dokter mulai dari treadmill, echocardiogram, maupun foto jantung. Pemeriksaan penting dilakukan, karena orang dengan penyumbatan arteri koroner berisiko tinggi terhadap serangan jantung.

Dengan begitu, dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan yang tepat setelah mengetahui kondisi jantung Anda. Ingatlah, selalu waspada terhadap perubahan kondisi kesehatan yang Anda rasakan.

The post Mengetahui Kondisi Orang yang Perlu Pasang Ring jantung appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of