Peristiwa

Menebak Formasi Andalan Timnas Indonesia U-19 saat Berlaga di Piala AFC

googleberita

Jakarta – Timnas Indonesia U-19 bersiap tampil di Piala AFC U-19 mulai 18 Oktober 2018. Pasukan Indra Sjafri itu mengincar misi mampu mencapai semifinal demi meraih tiket lolos langsung ke Piala Dunia U-20 2019.

Berkaca pada empat laga uji coba jelang Piala AFC U-19, penampilan sesungguhnya Timnas Indonesia U-19 belum terlihat. Tim berjuluk Garuda Nusantara itu hanya meraih sekali kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah.

Pelatih Indra Sjafri memang menjadikan laga-laga tersebut untuk mencari formasi terbaik. Hal itu dilihat dari adanya bongkar pasang pemain di semua lini.

Namun, berdasarkan empat laga tersebut tampaknya Indra Sjafri sudah menemukan formasi yang tepat untuk Piala AFC 2018. Permainan stabil ketika menyerang dan bertahan membuat Indra Sjafri bakal mengandalkan skema ofensif, 4-3-3.

Di bawah mistar gawang, posisi tersebut bakal diberikan pada Muhammad Riyandi. Kiper yang berkarier di Barito Putera itu tercatat sudah dipercaya bermain dalam dua laga uji coba yakni ketika bermain imbang 2-2 melawan Thailand dan kalah 1-2 dari Arab Saudi.

Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika akan diplot sebagai pemain belakang Timnas Indonesia U-19. Keempat pemain tersebut merupakan langganan penghuni lini belakang Timnas Indonesia U-19 dalam empat laga uji coba terakhir.

Bergerak ke lini tengah, Muhammad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman akan dipercaya untuk mengatur alur serangan dari sektor sayap. Adapun untuk lini depan diprediksi akan dihuni Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim.

Untuk pergantian, Indra Sjafri diyakini hanya akan fokus pada lini sayap dan depan yakni mengandalkan Feby Eka Putra, Todd Rivaldo, dan Hanis Saghara. Feby Eka bakal menggantikan Egy Maulana Vikri, Todd Rivaldo menjadi pelapis Witan Sulaeman atau Syahrian Abimanyu, dan Hanis Saghara sebagai pengganti Rafli Mursalim.

Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A Piala AFC 2019 bersama Chinese Taipei, Uni Emirat Arab, dan Qatar. Pada laga pembuka, mereka akan menjajal kekuatan Chinese Taipei di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (18/10/2018).

Prakiraan Formasi Andalan

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): 

Kiper:

Muhammad Riyandi 

Belakang:

Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika

Tengah:

Muhammad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman

Depan:

Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim (depan)

Sumber: Bola.com

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of