Lifestyle

Mau Jantung Sehat, Konsumsu Rutin Terong Ini

FAJAR.CO.ID– Terong merupakan sayuran unik dan ada yang berwarna ungu. Berbagai macam olahan terong dalam masakan bisa disajikan dalam bentuk sayur atau dibuat pedas seperti balado. Terong adalah sayuran rendah kalori dan ternyata kaya akan serat dan nutrisi, serta punya manfaat besar untuk kesehatan.

Terong juga boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dilansir dari Medical News Today, Jumat (17/1), satu porsi terong dapat menyediakan setidaknya 5 persen dari kebutuhan harian seseorang akan serat, tembaga, mangan, B-6, dan tiamin. Terong juga mengandung vitamin dan mineral lainnya. Selain itu, terong adalah sumber senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan.

Berikut Manfaat Terong untuk Kesehatan

Antioksidan

Kaya antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh menghilangkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel jika mereka menumpuk dalam jumlah besar. Makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu mencegah berbagai penyakit. Di antara antioksidan dalam terong adalah anthocyanin, termasuk nasunin, lutein, dan zeaxanthin.

Kesehatan Jantung

Serat, potasium, vitamin C, vitamin B-6, dan antioksidan dalam terong semuanya mendukung kesehatan jantung. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada 2019 menyarankan bahwa makan makanan yang mengandung flavonoid tertentu, termasuk anthocyanin, membantu mengurangi penanda peradangan yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Cegah Kanker

Terong kaya akan sifat antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga terong juga dapat mencegah banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Kurangi Kolesterol

Dilansir dari Pink Villa, kandungan terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Telah diuji pada kelinci dengan kolesterol tinggi. Terong memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah.

Mengatur Gula Darah

Terong juga membantu menjaga kadar gula tetap terjaga. Karena terong kaya serat, yang baik untuk saluran sistem pencernaan. Serat dapat menurunkan gula darah dan memperlambat laju pencernaan sehingga penyerapan gula dalam tubuh lebih efektif. Penyerapan yang lebih lambat menjaga kadar gula darah stabil dan mencegah peningkatan kadar gula.

Turunkan Berat Badan

Terong kaya serat dan rendah kalori, yang bisa menurunkan berat badan. Serat bisa menyehatkan pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga akan mengurangi asupan kalori. (jpc/fajar)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of