Peristiwa

Masa Kecil hingga Wafat, Ini 11 Rahasia Putri Diana yang Belum Terekspos Publik

Googleberita.com, London – Putri Diana dikenal sebagai seorang pelopor, aktivis, ikon mode dan salah satu orang paling berpengaruh di Abad ke-20. Meskipun kehidupannya kerap tersorot media dan berada di bawah pengawasan kerajaan Inggris, namun masih banyak hal yang belum diketahui publik tentangnya.

Seperti misal kehidupan pribadinya ketika masih kanak-kanak hingga hubungan darah antara dirinya dan Pangeran Charles, sang suami. Di samping itu, Putri Diana juga punya kisah kelabu terkait keluarga besarnya.

Berikut 11 kisah tentang Putri Diana, atau dikenal sebagai Lady Di, yang belum pernah terekspos media massa. Sebagaimana dilansir dari harpersbazaar.com, Selasa (2/10/2018). 

* Googleberita.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1. Anak Keempat dari Lima Bersaudara

Earl Spencer dan Pangeran William saat menghadiri prosesi pemakaman Putri Diana (AP)

Putri Diana adalah anak keempat dari lima bersaudara. Dia memiliki dua kakak perempuan, Sarah (sekarang Lady Sarah McCorquodale) dan Jane (sekarang Lady Jane Fellowes), serta adik laki-laki Charles Spencer (sekarang Earl Spencer).

Sedangkan adik lelakinya yang lain, John Spencer, meninggal beberapa jam setelah dilahirkan pada Januari 1960 –satu setengah tahun sebelum Diana lahir.

2. Orangtuanya Bercerai Ketika Diana Berusia 7 Tahun

Putri Diana dan ibunya Frances Shand Kydd (AP)

Orangtua Diana, Frances Shand Kydd dan Edward John Spencer (Earl Spencer 8) bercerai ketika Diana berumur 7 tahun. Hubungan Frances dan Edward sangat rumit.

Alasan keduanya bercerai adalah rumah tangga mereka diwarnai dengan “kecurangan” dan kekerasan fisik.

3. Neneknya Bekerja Sebagai Lady-in-Waiting Ibu Suri

Sarah Ferguson dan Putri Diana (AFP)

Ibu dari Frances (neneknya Diana), “Ruth Sylvia Roche, Baroness Fermoy”, adalah lady-in-waiting (seorang wanita yang ditunjuk untuk melayani seorang ratu atau putri) Ratu Elizabeth, Ibu Suri. Itu artinya, dia bekerja sebagai asisten pribadi dan pendamping Sang Ratu.

Ruth adalah teman dekat Ratu dan mengorganisir banyak kegiatannya.

 

 

4. Terlalu Tinggi Jadi balerina

Para pebalet menunjukkan penampilan terbaiknya saat latihan jelang Bandung International Dance Competition di studio Cicila Ballet School, Kemanggisan, Jakarta, Minggu (16/9). (Googleberita.com/Fery Pradolo)

Diana belajar balet dan ingin menjadi penari profesional, tetapi tubuhnya terlalu tinggi. Guru balet Diana, Anne Allan, menceritakan tentang waktunya bersama sang putri pada tahun 2017.

Anne mengatakan, “Dia menari sepenuh jiwa. Saya menyadari adanaya ketulusan dalam gerakannya. Dia mencintai kebebasan agar bisa menari… Saya bisa melihatnya, menari membantu meringankan emosionalnya.”

5. Punya Gelar

Mata indah milik mendiang Putri Diana (AP)

Diana menjadi Lady Diana Spencer pada tahun 1975, setelah ayahnya mewarisi gelar Earl Spencer. “Lady Di” menjadi nama panggilannya, bahkan setelah dia mendapat gelar Putri Wales, usai menikahi Pangeran Charles.

6. Putus Sekolah

Putri Diana terus menjadi perbincangan, barang peninggalannya pun dianggap sangat berharga (AP Photo)

Diana melakoni homeschooling sampai dia berusia sembilan tahun dan kemudian tinggal di asrama wanita setelahnya. Dia gagal menempuh ujian level 0-nya sebanyak dua kali dan putus sekolah saat berumur 16 tahun.

Dia akhirnya bersekolah di Swiss, hanya selama satu semester sebelum dia bertemu Pangeran Charles.

7. Bekerja Sebagi Pengasuh Anak dan Guru

Pangeran Charles mencium tangan Diana Spencer, di balkon Istana Buckingham ketika mereka muncul di hadapan publik, 29 Juli 1981, setelah menikah di St. Paul Cathedral. (Arsip AFP)

Sebelum bertemu dengan Pangeran Charles dan menjadi seorang Putri, Diana bekerja sampingan, termasuk menjadi pengasuh anak dan guru sekolah. Ia hanya dibayar US$ 5 atau sekitar Rp 75 ribu per jam untuk menjaga anak-anak, mencuci pakaian, dan bersih-bersih.

Dia juga bekerja sebagai guru taman kanak-kanak paruh waktu di Pimlico, London.

8. Pangeran Charles Adalah Sepupu Jauhnya

Putri Diana tampak mengangkat gaun pernikahannya (AFP)

Diana dan Charles sebenarnya saudara jauh. Mereka adalah keturunan ke-16 dari Tudor King Henry VII.

Tak hanya Diana, putra pertamanya –Pangeran William– juga memiliki hubungan saudara jauh dengan istrinya, Kate Middleton. Mereka adalah sepupu keturunan ke-12 dari Sir Thomas Leighton.

Leighton adalah kakek dari generasi ke-12 Pangeran William, dan Kate ke-11.

9. Orang Pertama yang Melahirkan di Rumah Sakit

Putri Diana sedang menggendong William yang kala itu tengah mengandung Pangeran Harry (DUKE OF CAMBRIDGE AND PRINCE HARRY)

Diana adalah wanita keluarga kerajaan pertama yang melahirkan di rumah sakit. Ini bukanlah tradisi turun temurun yang berlaku di lingkungan keluarga kerajaan.

10. Selalu Menuliskan Surat Ucapan

Kartu ucapan Natal  dari Putri Diana dan Pangeran Charles. (RR AUCTIONS)

Diana kerap menuliskan kartu ucapan terima kasih kepada siapa pun yang memberinya hadiah. Dia dilaporkan menuliskannya kepada ribuan orang yang membawa hadiah untuk kelahiran Pangeran William.

Saat ini, beberapa surat tulisan tangannya telah dilelang mulai dari US$ 2.000 (Rp 30 juta) hingga US$ 20.000 (Rp 300 juta), tergantung pada konten dan keunikan catatannya.

11. ABBA Adalah Band Kesukaannya

Suvenir piring untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle dijual di sebuah toko di London, Inggris, Rabu (28/3). Suvenir tersebut dipajang di samping piring bergambar Putri Diana dan Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Matt Dunham)

Diana dikenal sebagai penggemar berat band beraliran pop asal Swedia: ABBA.

Ada cerita unik di balik keluarga William terkait grup musik favorit Diana. Kate Middleton dan Pangeran William menghormati Lady Di dengan memainkan beberapa lagu milik ABBA di pesta pernikahan mereka pada tahun 2011.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of