Peristiwa

Ma’ruf Amin: Jokowi Akan Bangun Pelabuhan Halal

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma’ruf Amin, mengatakan, Presiden Jokowi ingin agar Indonesia tidak hanya menjadi pengguna produk halal, namun sebagai produsen.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri penutupan Jogya Halal Fest 2018 yang diadakan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Yogyakarta.

“Presiden kita sudah mencanangkan agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tidak hanya jadi pasar dari produk halal. Tapi kita harus menjadi produsen, halal kita harus bisa kita pasarkan di seluruh dunia,” ucap Ma’ruf Amin, Minggu 15 Oktober 2018.

Ma’ruf Amin mengatakan, Jokowi berencana membuat pelabuhan halal atau halal port. Hal ini, kata dia, sudah diterapkan di negara-negara lain.

“Belanda saja punya halal port. Padahal dia, bukan mayoritas muslim. Karena itu, insyallah kita akan membuat pelabuhan halal, halal port supaya tidak bercampur dengan yang tidak halal,” tutur Ma’ruf yang mendapat sambutan meriah. 

Area Industri Halal

Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga menuturkan, akan ada areal industri halal.

“Area industri halal direncanakan di Pulogadung, di Cikande Banten, dan di Sidoarjo Surabaya. Halal sekarang sudah merambah kemana-mana. Bukan hanya food saja, fashion dan produk lain. Dan halal ke keuangan,” pungkas Ma’ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of