Olahraga

Manfaat Kopi untuk Mendukung Aktivitas Olahraga Sehari-Hari

Aktivitas Olahraga Dapat Didukung Oleh Kopi

Manfaat Kopi untuk Mendukung Aktivitas Olahraga Sehari-Hari

Google Berita – Ketika seseorang rutin melakukan olahraga, tubuh mungkin akan terasa letih. Apalagi jika seseorang melakukan olahraga secara intensif, ia mungkin akan terasa lebih mudah lelah. Untuk mengatasi hal ini, olahragawan selalu megonsumsi suplemen penambah energi sesaat sebelum berolahraga. Akan tetapi, suplemen ini jelas mengandung bahan kimia dan bisa beresiko bagi kesehatan saat dikonsumsi dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan alternatif lain untuk menambah energi tanpa ada risiko bagi kesehatan lainnya. Pada saat seperti ini, Anda bisa mengandalkan kopi untuk membantu memberikan energi pada tubuh. Seperti yang kita sudah tahu, kopi bisa membantu memaksimalkan pembakaran lemak pada tubuh. Tak hanya itu, ada 4 manfaat kopi yang cukup ajaib bagi Anda yang rutin melakukan olahraga. Empat manfaat kopi tersebut akan dijelaskan pada poin-poin berikut ini.

  • Mengurangi Rasa Sakit

Secara tak terduga, kopi bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Mengonsumsi kopi dapat mengurangi rasa sakit karena kelelahan saat berolahraga. Secangkit kopi sebelum melakukan olahraga rutin bisa membuat otot-otot bekerja lebih efisien. Proses pembakaran lemak pun akan berjalan lebih optimal. Apabila Anda sedang melakukan olahraga intensif, disarankan mengonsumsi 2 – 3 cangkir kopi sebelum berolahraga. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika berolahraga atau setelah berolahraga.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat kopi yang kedua adalah bisa meningkatkan sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi kopi sebelum berolahraga, sirkulasi darah akan tetap terjaga. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi juga bisa meningkatkan fungsi oksigen ke bagian jaringan tubuh. Hal ini bisa membentuk performa tubuh yang lebih baik saat berolahraga.

  • Meningkatkan Memori

Sebenarnya, tidak ada kaitannya antara ingatan dan olahraga. Akan tetapi, kita tetap perlu mengingat metode-metode yang kita gunakan saat berolahraga. Dengan mengonsumsi 1 – 2 cangkir kopi sebelum berolahraga, Anda bisa lebih fokus. Menurut beberapa penelitian, kafein di dalam kopi bisa membantu meningkatkan ingatan hingga 24 jam setelah Anda meminumnya. Dengan begitu, Anda bisa mengingat atau menghafal metode latihan yang Anda lakukan di setiap harinya.

  • Sebagai Bahan Bakar Otot

Penelitian lanjutan mengenai kopi menunjukkan adanya manfaat lebih kopi untuk mereka yang aktif berolahraga. Mengonsumsi kafein dan karbohidrat bisa meningkatkan jumlah glikogen di dalam tubuh. Seperti yang sudah kita tahu bersama, glikogen ini sangat bermanfaat ketika olahraga. Glikogen memberikan energi sekaligus kekuatan pada tubuh untuk melakukan berbagai jenis olahraga mulai dari yang ringan hingga yang berat. Dengan mengonsumsi 1 – 2 gelas kopi sebelum berolahraga, Anda bisa melakukan latihan dengan lebih maksimal.

Meski banyak sumber yang menyatakan bahwa kopi tidak baik bagi tubuh, ternyata masih banyak sumber yang mengatakan sebaliknya. Tubuh kita ternyata membutuhkan zat kafein yang dipakai untuk memaksimalkan fungsi-fungsi organ tubuh dan metabolisme tubuh. Asalkan batas konsumsi kopi tetap standar, tentu tidak akan ada masalah. Apalagi untuk Anda yang punya hobi berolahraga. Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengonsumsi banyak kopi. Selain empat manfaat di atas, tentu masih ada banyak manfaat lain di balik satu cangkir kopi hitam. Untuk Anda yang sudah terbiasa meminum kopi, imbangi juga dengan makanan bergizi lainnya supaya bisa menekan efek negatif dari kopi. Demikian adalan penjelasan lengkap tentang manfaat kopi untuk Anda yang rutin berolahraga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of