Lifestyle

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat Untuk Kamu Coba

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat

Indonesia dikenal memiliki makanan yang sangat beragam mulai dari Sabang hingga Merauke, salah satu pulaunya yang memiliki makanan lezat adalah Papua. Papua adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Selain itu, Papua juga dikenal memiliki makanan unik yang lezat dan perlu kamu coba. Kira-kira makanan apa saja itu? Berikut ini makanan khas Papua yang unik dan lezat untuk kamu coba

1. Aunu Senebre

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Aunu Senebre

Photo via merahputih.com

Aunu Senebre adalah salah satu makanan khas Papua yang bisa kamu temui di warung-warung di pinggir pantai Papua. Makanan ini terdiri dari ikan teri nasi yang digoreng dengan irisan daun talas. Di papua makanan ini biasanya disantap dengan papeda atau beberapa jenis umbi-umbuan. Makanan ini memiliki tekstur yang tidak terlalu kering dan dengan adanya irisan daun talas ini rasa dari makanan ini menjadi gurih serta lezat.

2. Bubur Sagu

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Bubur Sagu

Photo via radiodms.com

Papua memang dikenal dengan olahan sagunya sehingga tak heran jika banyak jenis makanannya terbuat dari sagu, salah satu makanannya yang terbuatd ari sagu adalah bubur sagu. Bubur sagu ini sering dibuat oleh masyarakat Papua sebagai alternatif makanan untuk menggantikan beras. Bubur sagu ini memiliki tekstur yang kenyal dan biasanya dihidangkan dengan tambahan santan serta diatasnya terdapat gula merah. Kamu bisa bayangkan betapa nikmatnya makanan satu ini.

3. Cacing Laut

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Cacing Laut Papua

Photo via misteraladin.com

Mendengar namanya saja sudah membuat kalian geli apalagi memakannya. Di Papua Barat, cacing ini sering dijadikan makanan dan memiliki rasa yang sangat nikmat. Selain itu, cacing ini juga dipercaya sebagai penambah stamina dan kejantanan para pria. Cacing ini biasanya didapat saat air laut sedang surut, pada saat itu kalian bisa mengambilnya dari karang-karang yang ada disana. Bagaimana ingin mencobanya?

4. Colo-colo

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Colo-colo

Photo via sajiansedap.grid.id

Buat kalian yang gemar dengan makanan pedas, kalian wajib mencoba colo-colo. Colo-colo ini sebenarnya adalah sebuah sambal yang sering dihidangkan dengan berbagai macam makanan Papua. Sambal ini memiliki tekstur yang unik karena disajikan dengan keadaan masih kasar dengan irisan bahan yang besar-besar. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan sedikit asam karena tambahan jeruk nipis. Dijamin sekali kamu mencobanya kamu akan ketagihan apalagi jika kamu penyuka makanan pedas.

5. Ikan Bakar Manokwari

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Ikan Bakar Manokwari

Photo via sajiansedap.grid.id

Dilihat dari nama makanannya, sudah jelas jika makanan satu ini khas Manokwari, Papua. Makanan satu ini menjadi salah satu makanan khas Papua yang unik dan lezat. Makanan ini bisa kamu temukan di warung-warung makan pinggir jalan. Ikan Bakar Manokwari ini terdiri dari ikan tongkol yang diberi sambal Khas Papua yang pedas dan makanan ini sangat nikmat jika disandingkan dengan nasi putih yang hangat.

6. Ikan Bungkus

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Ikan Bungkus

Photo via merahputih.com

Selain ikan bakar Manokwari, satu lagi sajian ikan yang harus kamu cicipi adalah ikan bungkus. Ikan bungkus ini adalah salah satu makanan khas Papua yang unik dan lezat. Jika dilihat makanan ini memang memiliki kemiripan dengan pepes, namun yang membedakan mereka adalah bungkusannya. Jika pada umumnya pepes menggunakan daun pisang untuk membungkus, ikan bungkus ini menggunakan daun talas. Makanan ini dibumbui dengan berbagai macam rempah khas Papua kemudian dibungkus dengan daun talas. Selain itu, ikan bungkus ini hanya menggunakan ikan laut saja bukan ikan air tawar.

7. Kue Lontar

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Kue Lontar

Photo via cookpad.com

Kue Lontar adalah salah satu makanan khas Papua yang bentuknya mirip seperti pie susu. Makanan ini hadir di Papua pada zaman Belanda yang dahulunya memiliki nama rontar, namun karenaa pelafalannya agak sulit maka akhirnya masyarakat Papua menyebut kue ini dengan lontar. Kue ini bisa dikatakan pie susu dalam versi besar dan disajikan pada hari-hari besar seperti lebaran dan natal. Namun makanan ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh.

8. Kue Bagea

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Kue Bagea

Photo via cookpad.com

Jika berkunjung ke Papua jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Papua satu ini yaitu kue bagea. Makanan ini terbuat dari bahan dasar sagu yang memiliki rasa nikmat dair paduan tepung sagu dan kenari. Kue bagea ini memiliki tekstur yang sedikit keras namun sangat nikmat di makan. Makanan ini memiliki bentuk lonjong dan dibungkus dengan daun, selain itu makanan ini sangat cocok ditemani dengan secangkir teh.

9. Martabak Sagu

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Martabak Sagu

Photo via diadona.id

Pada umumnya martabak terbuat dari tepung terigu, namun berbeda dengan martabak khas Papua ini. Dimana bahan dasarnya menggunakan tepung sagu sehingga membuat makanan ini memiliki cita rasa yang berbeda. Hal yang unik dari manakan ini terletak pada lapisan luar martabaknya. Pada umumnya martabak memiliki tekstur yang empuk, namun martabak sagu ini memiliki lapisan luar yang renyah serta gurih.

10. Papeda

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Papeda

Photo via wikipedia.org

Semua orang pastinya sudah tahu makanan lhas Papua satu ini yaitu papeda. Makanan satu ini tak hanya populer di Papua saja namun juga di seluruh Indonesia. Makanan ini berbahan dasar sagu, dimana sagu memang menjadi makanan pokok masyarakat Papua, kemudian sagu ini diolah menjadi papeda. Papeda ini memiliki tekstur yang kenyal, sedikit lengket dan memiliki rasa yang tawar. Meskipun memiliki rasa yang tawar, masyarakat Papua menikmatinya dengan kuah kuning atau ikan bakar yang memiliki rasa yang nikmat.

11. Sarang Semut

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Sarang Semut

Photo via gotravelly.com

Biasanya sarang semut ini digunakan sebagai obat bagi masyarakat Papua. Jika dimakan mentah sarang semut ini memang memiliki rasa yang sangat pahit. Namun dengan berbagai macam bumbu- sarang semut ini diolah menjadi makanan yang sangat nikmat tanpa rasa pahit. Ingin mencobanya?

12. Sagu Sep

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Sagu Sep

Photo via defraradha.wordpress.com

Sagu Sep adalah salah satu makanan khas Papua yang unik dan lezat. Makanan ini berbentuk seperti pizza sepanjang 10 meter. Makanan ini berbahan sagu dan kelapa muda, kemudian diatasnya diberi ulat atau daging rusa.

13. Sagu Lempeng

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Sagu Lempeng

Photo via merahputih.com

Seperti namanya makanan ini terbuat dari sagu kering dan jika dilihat makanan ini mirip seperti roti tawar. Makanan ini memiliki tekstur yang keras dan namun memiliki rasa yang gurih serta manis. Hal ini dikarena disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah. Camilan satu ini sangat cocok ditemani dengan teh hangat.

14. Ulat Sagu

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Ulat Sagu

Photo via greeners.co

Ulat Sagu adalah salah satu makanan khas Papua yang unik dan lezat. Makanan ini sering dikonsumsi masyarakat Papua karena dipercaya dapat menambah energi dan memiliki kadar kolesterol yang rendah. Ulat Sagu ini memiliki perpaduan rasa manis dan asin serta teksturnya sangat lembut dan mengandung banyak protein. Biasanya makanan ini dibakar namun tidak sedikit juga masyarakat Papua yang memakannya langsung.

15. Udang Selingkuh

Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat - Udang Selingkuh

Photo via idntimes.com

Makanan khas Papua satu ini bisa kalian temui di Wamena. Dilihat dari namanya tentunya kalian pasti bingung kenapa diberi nama selingkuh, apa udangnya selingkuh seperti manusia? Ternyata nama ini diberikan karena bentuk capitnya menyerupai kepiting, jadi anggapannya udang ini selingkuh dengan kepiting. Udang ini memiliki tekstur yang mirip dengan lobster dimana dagingnya berserat dan manis. Udang ini biasanya disajikan dengan cara direbus, bakar atau digoreng. Namun ada juga yang disajikan dengan berbagai macam bumbu sehingga rasanya tambah lezat.

Itulah beberapa makanan khas Papua yang unik dan lezat untuk kamu coba. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mencicipi makanan diatas ya!

The post Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Lezat Untuk Kamu Coba appeared first on Blog Unik.