Politik

Loyalis Gus Dur Dikabarkan Merapat ke Balon Walikota Firman Syah Ali

googleberita

Surabaya (beritajatim.com) – Bakal Calon Walikota Surabaya yang telah mendaftar ke PSI, Firman Syah Ali (Cak Firman) menerima pesan pribadi dari Ketua Barikade Gus Dur Jatim, Ahmad Arizal. Apa isinya?

“Beliau mengirim pesan mendukung serta mendoakan saya semoga berhasil menjadi Walikota Surabaya. Hal ini hanya berselang satu hari dari viralnya tulisan Ketua Barikade Gus Dur Jember, KH Sanusi Muhtar Fadhilah tentang ketokohan saya,” kata Cak Firman kepada beritajatim.com, Selasa (8/10/2019).

Merapatnya para loyalis Gus Dur ke Cak Firman tentu tidak mengagetkan publik, karena semua orang tahu bahwa Cak Firman adalah keponakan mantan Ketua MK, Mahfud MD. Sedangkan, Mahfud MD merupakan santri Gus Dur.

Selain itu, perjuangan Cak Firman selama ini dalam membela marwah NU di medsos selalu bahu-membahu dengan para loyalis Gus Dur.

Baca Juga:

  • Pilwali Surabaya, Whisnu Sakti Diharapkan Pilih Cawawali Kalangan Birokrat
  • Spanduk ‘Ahok Bakal Calon Wali Kota Surabaya’ Bermunculan
  • Kandidat Wali Kota Surabaya Harus Miliki Konsep Realistis
  • Prediksi Paslon Pilwali Surabaya: Armuji-Eri Cahyadi, Gus Hans-Bambang Haryo
  • Tokoh-tokoh yang Masuk Bursa Pilwali Surabaya 2020

Arah dukungan loyalis Gus Dur ini semakin melengkapi dukungan tegas sebelumnya dari simpul-simpul masyarakat. Pada 22 September 2019 lalu, Cak Firman bertemu Wakil Ketua KPK terpilih, Nurul Ghufron dan diberi banyak nasihat dan direstui maju Pilwali Surabaya.

Hal ini terjadi setelah delapan hari sebelumnya, Cak Firman direstui maju Pilwali Surabaya oleh tokoh nasional anti korupsi, Mahfud MD.

Pada 28 Juli 2019, Cak Firman mendapat dukungan penuh dalam forum Rakor IKA PMII untuk maju Pilwali Surabaya, bahkan dukungan itu diperkuat oleh PB IKA PMII dalam sambutan resminya. Cak Firman juga mengklaim mendapat dukungan dari para sesepuh kelompok Cipayung, yaitu Rubaie dan Martono.

Dukungan para sesepuh Cipayung itu bersamaan dengan dukungan Rektor Unitomo yang sekaligus merupakan tokoh nasional karena ceramah-ceramahnya selalu menyentuh kalbu, yaitu Rektor Unitomo, Prof Bachrul Amiq. Prof Bachrul Amiq dengan tegas menyatakan siap jadi Juru Kampanye Cak Firman.

Cak Firman juga mendapat dukungan penuh dari Bupati Bangkalan yang juga cicit ulama besar KH Syaichona Cholil Bangkalan. Dukungan dari cicit Syaichona Cholil tersebut bersamaan dengan dukungan Ketua PKC PMII Jatim, Abdul Ghoni dan Pengurus Besar PMII Zulfahmi Abbas yang disampaikan dalam sebuah sambutan resmi. (tok/kun)