Peristiwa

Liga 1 Dihentikan Sementara, Persela Dukung Langkah PSSI

googleberita

Googleberita.com, Lamongan – PSSI lewat PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah resmi menghentikan sementara kompetisi Liga 1 2018. Keputusan tersebut diambil menyusul insiden tewasnya Haringga Sirila, anggota kelompok suporter Persija Jakarta, The Jakmania.

PSSI akhirnya merespons apa yang diperintahkan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan Kemenpora untuk menangguhkan kompetisi Liga 1 2018 dalam batas waktu yang tidak ditentukan. Keputusan itu diumumkan PSSI pada jumpa pers di Hotel Borobudur, Selasa (25/9/2018).

“Kami menghentikan sementara Liga 1 senior di 18 klub sampai batas waktu yang belum ditentukan. PSSI akan berkoordinasi dengan pihak AFC dan FIFA, dan juga pihak terkait lainnya, seperti BOPI dan Kemenpora,” kata Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.

Penghentian sementara Liga 1 dilakukan karena PSSI diminta mengambil keputusan terkait insiden tewasnya Haringga. BOPI menyarankan agar sanksi tegas dan tak lagi bersifat normatif diberikan kepada pihak-pihak terkait.

Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso mendukung langkah yang diambil PSSI untuk menghentikan Liga 1 2018. Menurutnya, ini adalah waktu agar seluruh insan sepak bola Indonesia intropeksi diri menyusul insiden tewasnya suporter Persija.

“Menurut saya bagus biar kita semua bisa intropeksi dengan kejadian tersebut supaya tidak ada lagi korban berikutnya di dalam sepak bola Indonesia,” kata Aji saat dihubungi Googleberita.com, Rabu (26/9/2018).

 

Beri Kepastian

Meski begitu, Aji meminta kepada PSSI untuk juga mengumumkan sampai kapan Liga 1 2018 dihentikan. Itu agar para klub juga bisa menyusun program pelatihan secara jelas tanpa harus bertanya-tanya kapan mereka akan kembali bertanding.

“Idealnya tentunya beliau-beliau yg lebih paham. Lebih baik segera di sampaikan berapa lama ini, biar klub lebih tau bagaimana tim harus melangkah,” jelas Aji.

Sebelum keputusan itu diambil, Persela tengah mempersiapkan diri untuk laga melawan PSIS Semarang di Stadion Surajaya, Minggu (30/9/2018). Mereka butuh tambahan poin setelah hanya sekali menang dalam lima laga terakhir.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of