Peristiwa

Lebaran, 51 Penghuni Rutan Ponorogo Dapat Remisi

Jelang lebaran, 51 tahanan di Rutan Ponorogo mendapat remisi. 51 Tahanan itu akan menerima remisi pada H-2 atau H-3.

51 Penghuni Rutan Ponorogo Dapat Remisi

Google Berita – Jelang lebaran, 51 tahanan di Rutan Ponorogo mendapat remisi. 51 Tahanan itu akan menerima remisi pada H-2 atau H-3.

“Ada yang dapat remisi 1 bulan dan 15 hari,” kata Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Ponorogo Taufiq Rupon, Jumat (8/6/2018).

Taufiq menambahkan rincian yang mendapatkan remisi 1 bulan ada 26 orang, sedangkan remisi 15 hari ada 24 orang dan langsung bebas ada 1 orang. Tahanan yang langsung bebas ini bernama Bujut dalam kasus penipuan dengan masa hukuman 8 bulan.

“Remisi ini memang hak warga binaan setiap tahun satu kali khusus yang beragama Islam,” terang dia.

Agar bisa mendapatkan remisi, lanjut Taufiq, warga binaan harus melalui beberapa syarat. Yakni harus berkelakuan baik, tidak pernah melakukan hal-hal yang melanggar aturan di dalam lapas. Contohnya tidak megang hp, tidak berkelahi dan tidak terlibat utang piutang.

Adapula syarat harus menjalani masa tahanan selama 6 bulan terlebih dahulu baru mendapatkan remisi. “Seperti pada kasus pencabulan, penganiayaaan, hukuman mereka diatas 6 bulan baru kita usulkan remisi,” jelas dia.

Sementara tahanan kasus korupsi dan narkoba ada syarat tersendiri sebelum menerima remisi. Jika kasus korupsi, harus membayar denda dan uang ganti rugi supaya bisa menerima remisi.

“Sedang kasus narkoba hukuman di bawah 5 tahun kita usulkan, kalau hukuman diatas 5 tahun ada satu syarat lagi, yaitu justice kolaborator artinya dia sanggup bekerjasama dengan penegak hukum,” imbuh dia.

Pemberian remisi ini sesuai agama yang dianut para tahanan, jika beragama Islam saat lebaran Idul Fitri dan jika beragama nasrani saat natal. “Untuk surat keputusan dapat remisi, biasanya H-2 atau H-3 lebaran,” pungkas dia.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of