Politik

Launching Kampung Ramadan, PKS Jatim: DPC Lebih Dekat dengan Rakyat








Surabaya (beritajatim.com) – Dalam pembukaan Rakerda Serentak DPD PKS se-Jatim, yang digelar pada Sabtu (10/4/2021), Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan meminta pengurus turut memberikan kontribusi membangun desa.

Rakerda serentak ini dilakukan selama 2 hari, Sabtu-Minggu (10-11/4/2021). “Insya Allah dalam dua hari ini tuntas 38 kota dan kabupaten, Bismillah, mohon doanya,” kata Irwan kepada beritajatim.com, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga:

  • PKS Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Jokowi-Ma’ruf
  • Fraksi PKS: Eri Cahyadi-Armuji Harus Jaga Kultur Santri di Surabaya
  • Soal Kabinet Indonesia Maju, Ini Tanggapan Oposisi
  • PKS Minta Pemerintah Kawal Produk Inovasi Corona
  • Fahri Beberkan Persekongkolan Pemecatan Dirinya dari PKS

Irwan menjelaskan selain membuka, ia juga mengukuhkan pengurus DPC, kepengurusan PKS di tingkat kecamatan. “Di Rakerwil kapan lalu, yang dikukuhkan adalah pengurus DPD. Sementara Rakerda ini mengukuhkan DPC. Sehingga, pengurus di tingkat kecamatan dan desa sudah bisa menjalankan tugasnya untuk melayani rakyat,” ujar Irwan.

Kepada pengurus PKS di tingkat daerah dan cabang, Irwan mengingatkan untuk maksimal melayani dan membangun rakyat, membangun desa.

Untuk itu, mengingatkan agar pengurus PKS harus terus membangun kemitraan strategis dengan stakeholder di masing-masing tingkatan, khususnya di tingkat kecamatan dan desa. “Harus sering silaturrahim ke perangkat desa juga tokoh-tokoh masyarakat,” tuturnya.

Hal itu, ia mengatakan agar PKS di tingkat kecamatan dan desa mengetahui kontribusi apa yang perlu diberikan, sinergi dan kolaborasi seperti apa yang bisa dibangun.

“Program-program PKS sudah didesain untuk menyentuh secara langsung kepada masyarakat di level paling bawah, program-program aplikatif yang bisa langsung dijalankan di tingkat kecamatan bahkan desa. Jadi, Insya Allah nyambung,” jelas Irwan.

Terkait dengan pengembangan desa, Irwan menjelaskan PKS mempunyai Bidang Pembinaan dan Pengembangan Desa. “Bidang ini yang jadi komandannya yang kemudian bekerjasama dengan bidang lainnya,” katanya.

Dia menjelaskan, berbagai bidang yang ada di kepengurusan PKS sudah langsung bisa konek dengan masyarakat. Jika ada yang yang konsen dengan pembinaan keluarga, Irwan, di tingkat daerah dan cabang Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) sudah siap dengan Rumah Keluarga Indonesia (RKI).

“Ada juga bidang kepemudaan yang siap berkolaborasi dengan organisasi kepemudaan di desa untuk membangun program peningkatan kualitas pemuda. Juga, Bidang Kesejahteraan Sosial, Bidang Pemberdayaan Jaringan Usaha dan Ekonomi yang siap memberikan kontribusi nya untuk rakyat,” imbuhnya.

Dia berpesan kepada pengurus PKS Daerah, bahwa pembahasan rakerda, sebagaimana rakerwil, harus memiliki obyektif atau tujuan, strategi, dan capaian utama. Dari berbagai hal itu akan melahirkan inisiatif atau kegiatan kemasyarakatan.

Baca Juga:

  • Disperindag Banyuwangi Jual Gas Elpiji dengan Harga Murah
  • Ramadan, PMI Pamekasan Santuni Anak Yatim
  • 100 Anak Yatim di Jombang Terima Santunan dari Perusahaan Korea
  • WITT Jatim Berbagi Berkah Ramadan
  • Mobil Wuling Tabrak Rombongan Patrol Sahur, 6 Orang Celaka

“Saat Ramadan, bukankah kita juga melaksanakan berbagai program yang dilandasi oleh obyektif, strategi dan tujuan, agar bisa optimal dalam beribadah. Ini, sama persis,” katanya.

Irwan kemudian meminta DPC agar memanfaatkan bulan Ramadan untuk lebih dekat dengan rakyat. “Kita sudah melaunching Program Kampung Ramadan. Jika kita manfaatkan betul, ini akan memudahkan kita untuk lebih dengan dengan rakyat, lebih bisa melayani masyarakat,” katanya.

Program Semarak Kampung Ramadan adalah program dari berbagai bidang PKS di seluruh Jawa Timur saat Ramadan. Kegiatannya antara lain, Program Abata, kegiatan belajar mengaji yang didesain khusus untuk generasi milenial, Program Rumah Keluarga Indonesia (RKI) oleh BPKK, yang akan berkolaborasi dengan elemen masyarakat di desa dengan program bagi bibit tanaman untuk ketahanan pangan, berbagi buka puasa.

“Ada juga program Ngaji Budaya, dari bidang seni dan budaya. Ini program salawatan untuk masyarakat salawatan. Bismillah, semoga Program Kampung Ramadan, di era pandemi ini agar masyarakat desa bisa lebih guyub,” pungkasnya. [tok/suf]







The post Launching Kampung Ramadan, PKS Jatim: DPC Lebih Dekat dengan Rakyat first appeared on beritajatim.com.