Politik

KPU Tatapkan 1,5 Juta Warga Kota Medan Sebagai DPT SUMUT

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Medan untuk mengikuti pemilihan gubernr dan wakil gubernur untuk Sumatera Utara  tahun 2018 dengan jumlah pemilih 1.519.662.

KPU Tatapkan 1,5 Juta Warga Kota Medan Sebagai DPT SUMUT

Google Berita – Kabar terbaru dari KPU atau biasa dikenal dengan nama Komisi Pemilihan Umum yang menyebutkan bahwa Kota Medan telah ditetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Medan untuk mengikuti pemilihan gubernr dan wakil gubernur untuk SUMUT  tahun 2018 dengan jumlah pemilih 1.519.662.

1,5 Juta Warga Kota Medan Ditetapkan Sebagai DPT SUMUT

Dari angkat yang terdaftar telah menjadi pemilih tetap tersebut, sebanyak 746.016 adalah pemilih pria dan 773.646 adalah merupakan pemilih perempuan. Dengan jumlah angka tersebut, para pemilih akan mencoblos di 3019 TPS yang tersedia.

“Namun untuk data dari penetapan DPT tersebut masih terdapat satu catatan mengingat belum seluruh data pemilh terdata khususnya warga yang menjadi binaan di lembaga permasyarakatan  dan rumah tahanan terkait dengan pendataan yang dilakukan menggunakan kartu tanda penduduk elektronik oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota bersama KPU dan Panwaslu Medan,” ujar ketua KPU Medan, Herdensi Adnin, hari Kamis(19/04).

Herdensi kemudian menyampaikan bahwa besok phaknya masih akan menerima data dari Lapas Anak Tanjunggusta kota Medan. Namun ia juga menyebutkan harapannya agar pencatatan tersebut dapat dikelarkan sebelum penetapan yang dikeluarkan oleh Daftar Pemilih Tetap untuk wilayah Provinsi pada tanggal 21 April 2018.

Hingga saat ini, data pemilih yang menghuni lapas dan rutan diperkirakan mencapai 5000 jiwa yang memiliki hak untuk memilih. Jadi jika ada perubahan data atas pemilih yang menghuni lapas dan rutan, tentu akan merubah data dengan perubahan pemilih dari dua Kecamatan yakni Medan Helvetia dan Medan Labuhan.

“Perubahan tersebut tentu akan ada di dua kecamatan tersebut karena keberadaan lapas dan rutan. Akan tetapi untuk pemilih selain penghuni lapas tidak akan ada perubahan. Namun untuk hal yang terpenting ialah kami mengajak seluruh warga medan untuk menggunakan hak suara pilih di TPS yang telah ditentukan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang,” tutup Herdensi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of