Politik

KPU Kota Malang Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024

KPU Kota Malang Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024.

Malang (beritajatim.com) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas mengatakan kini mereka terus menggencarkan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 mendatang. KPU mengajak masyarakat untuk ikut mengontrol dan mengawasi setiap tahapannya.

“Tentunya saat ini kami mengajak masyarakat Kota Malang tidak hanya konsentrasi pada pencoblosan saja. Tapi partisipasi sejak tahapan itu berjalan. Jadi mulai ikut mengontrol mengawasi setiap tahapannya sampai pada akhirnya terpilih (hasil Pemilu),” ujar Aminah, Rabu (23/11/2022).

“Pada intinya kan Pemilu itu memilih pimpinan yang diamanahkan oleh rakyat dan memberikan kewenangan kepada pemimpin untuk menjalankan amanat dari rakyat,” imbuhnya.

Saat ini tahapan yang sudah berjalan di KPU antaralain, perencanaan, penyusunan regulasi dan sebagainya. Kemudian disusul pendaftaran calon, dan dilanjutkan pada verifikasi serta diakhiri nanti calon peserta partai politik Pemilu 2024.

“Sekarang masa pendaftaran sudah berlangsung di Agustus kemarin kemudian dilanjutkan verifikasi administrasi di mana ada 18 parpol yang sudah lolos administrasi,” ucap Aminah.

Baca Juga:

  • Bustomi Yakin Timnas Indonesia Berprestasi di Piala Dunia U-20
  • 2 Pelajar Aktif Gerakan Malang Bersatu Lawan Corona
  • Festival Kerontjong Nang Kajoetangan Bangkitkan Wisata Malang
  • Wali Kota Malang Sutiaji Ajak Semua Elemen Kolaborasi Demi Herd Immunity

Selain itu, ada 9 partai politik yang dilakukan verifikasi faktual karena merupakan parpol Senayan yang sudah memenuhi parliamentary threshold di Pemilu 2019 kemarin. Mereka tinggal menunggu penetapan dari KPU RI di 14 Desember 2022 mendatang.

“Sedangkan yang saat ini sedang berjalan verifikasi faktual terhadap 9 parpol secara nasional yang akan dilaksanakan 24 hingga 7 Desember. Itu verifikasi faktual perbaikan bagi parpol yang belum memenuhi syarat,” tandas Aminah. [luc/but]



Ikuti kami di https://s.helo-app.com/al/SRmbSbQQvR
#beritaviral #jawatimur #viral #berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI #fyp