FotografiTeknologi

Kiat Jitu Memotret pada Malam Hari

Punya kendala memotret di malam hari? Berikut trik jika ingin hasil potretan kamu terlihat keren di malam hari

Google Berita Dunia fotografi merupakan dunia yang penuh dengan tantangan dan pengalaman bagi siapa saja yang menggelutinya. Namun justru di situlah letak daya tariknya, dimana setiap kali sang pengambil foto berhasil mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan harapannya maka rasanya seperti berhasil menaklukkan suatu tantangan yang besar.

Salah satu tantangan yang cukup sulit ditaklukkan bagi para orang baru dalam dunia fotografi adalah mengambil gambar pada malam hari dimana cahaya menjadi kendala utama yang harus diatasi. Oleh sebab itu artikel ini berusaha berbagi ilmu terkait beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil optimal ketika mengambil gambar pada malam hari.

Beberapa tips fotografi yang dapat anda terapkan ketika mengambil gambar atau foto pada malam hari guna mendapatkan foto yang tetap menarik dan estetik adalah sebagai berikut:

  • Siapkan segala peralatan penunjang

peralatan fotografi

Sebelum anda hunting foto atau berburu foto pada malam hari maka anda harus menyiapkan berbagai perlengkapan yang kiranya dapat membantu anda mendapatkan hasil foto optimal. Beberapa perlengkapan yang dimaksud antara lain tripod, lensa wide angles, lensa hood, lampu studio serta shutter release. Anda bisa menambahkan beberapa perlengkapan lainnya yang menurut anda perlu sesuai dengan pertimbangan anda namun perlu anda ingat untuk tidak membawa beban berlebih karena akan sangat merepotkan.

  • Gunakan format RAW

Mengambil foto menggunakan format RAW memang merupakan suatu tindakan yang kerap kali dihindari karena hal tersebut dapat membuat ruang penyimpanan pada perangkat fotografi anda cepat habis. Tetapi di balik kekurangan tersebut, memotret menggunakan format RAW memiliki keuntungan yang luar biasa karena dengan menggunakan format RAW tersebut dalam mengambil foto anda dapat lebih leluasa untuk mengubah foto menggunakan adobe RAW.

format raw fotografi

Besarnya ukuran hasil foto yang menggunakan format RAW sendiri diakibatkan oleh lebih banyak detail yang ditangkap oleh kamera, sehingga akan sangat bermanfaat jika anda gunakan format RAW ini ketika mencoba menangkap foto di malam hari. Sebaiknya anda kosongkan terlebih dahulu ruang penyimpanan perangkat fotografi anda agar akan lebih banyak ruang yang tersedia ketika anda gunakan format RAW ketika pengambilan gambar nanti.

  • Gunakan lensa dengan angle luas

lensa fotografi

Penggunaan lensa yang memiliki angle luas pasti disarankan oleh ahli fotografi mana pun untuk mengambil foto pada malam hari maupun kondisi gelap. Hal tersebut dikarenakan lensa dengan angle luas memiliki depth of field yang sangat lebar sehingga dapat menangkap cahaya dengan jauh lebih baik dibandingkan lensa biasa meskipun keadaan pengambilan gambar termasuk minim cahaya. Anda juga bisa menerapkan tips ini dengan penerapan setting tambahan seperti menggunakan mirror lock up  serta slow synch flash.

  • Gunakan slow shutter speed

slow shutter speed

Semakin slow shutter speed yang anda gunakan maka semakin banyak pula tangkapan cahaya yang dihimpun oleh kamera anda. Hal ini dapat memberikan efek kilatan cahaya panjang pada hasil fotonya nanti sehingga terkesan lebih estetik untuk sebuah foto.

Dengan menerapkan tips di atas ketika anda mengambil gambar atau memotret pada malam hari maka hasil foto anda akan jauh lebih baik dibandingkan anda asal foto seperti biasanya meskipun anda menggunakan pencahayaan buatan. Tentu tips-tips di atas praktiknya tidak akan semudah teori yang disampaikan, namun bukan berarti anda tidak akan bisa melakukannya. Latihlah terus skill atau kemampuan fotografi anda maka anda akan semakin terampil dalam mengabadikan momen anda menggunakan kamera.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of