Politik

Ketua DPD RI Kukuhkan Jember The City of Cigar Indonesia Jadi Agenda Tahunan

googleberita

Jember (beritajatim.com) – Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengukuhkan Jember The City of Cigar Indonesia menjadi agenda pariwisata tahunan.

Pengukuhan dilakukan di Taman Botani Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (23/11/2019) malam, dan dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Drajat Irawan yang mewakili Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Hadir juga komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi terpilih Nurul Ghufron, Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Alfian Nurrizal, dan Kepala Badan Koordinasi Wilayah V Jember Tjahyo Widodo.

Dari jajaran Pemerintah Kabupaten Jember tampak ada Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Jember Anas Ma’ruf

La Nyalla memuji acara Jember The City of Cigar Indonesia yang sudah memasuki tahun kedua.

“Acara ini digelar dalam rangka menampilkan sisi pariwisata sekaligus bisnis dari cerutu sebagai salah satu produk unggulan Indonesia,” katanya.

La Nyalla menyebut Jember The City of Cigar Indonesia sebagai ikon Kabupaten Jember yang merupakan daerah penghasil tembakau cerutu berkualitas ekspor di Indonesia.

Baca Juga:

  • KKN Kolaboratif Universitas Jember, Apakah Itu?
  • Bupati dan Wabup Jember Hari Ini Cuti Demi Jokowi
  • Pengawas TPS Jadi Ujung Tombak Pemantauan Masa Tenang

La Nyalla menegaskan, acara itu mendukung target kenaikan wisatawan sebesar dua persen dan target ekspor non migas sebesar 7,5 persen yang dicanangkan pemerintah pada 2020.

“Sebagai wakil masyarakat dan daerah di tingkat pusat, DPD RI wajib mendukung dan mengawal program daerah yang memberi dampak positif, terutama memberi nilai tambah dan mampu memberi manfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” kata La Nyalla.

Ekspor tembakau cerutu dari Jember pada 2018 terbukti sudah menyumbangkan devisa 108 juta dolar AS. Ekspor komoditas ini menjadi penting dan strategis saat pemerintah mengejar disparitas antara neraca ekspor dan impor.

“Secara khusus, saya memberi apresiasi kepada para pengusaha sektor tembakau, khususnya cerutu di Jember, terutama yang telah eksis seperti PT Boss Imaage Nusantara atau BIN Cigar, PT MDR Mangli Djaya Raya, dan Koperasi Karyawan Kartanegara, serta dua perusahaan multinasional BSB dan Villiger yang telah mampu menggerakkan ekonomi masyarakat di Jember dan sekitarnya,” kata La Nyalla.

Febrian Ananta Kahar, penggagas Jember The City of Cigar Indonesia, mengaku terilhami Jember Fashion Carnaval. Ia ingin agar ada acara tahunan yang mempertemukan pelaku bisnis dan penggemar cerutu di seluruh dunia. (Wir/ted)