Peristiwa

Kerja di Kafe Ternyata Punya Segudang Manfaat, Apa Saja?

Googleberita.com, Jakarta – Dunia kerja di era sekarang bisa dikatakan lebih dinamis. Seseorang tidak perlu berangkat ke kantor untuk menyelesaikan kerja. Sekarang pekerjaan apapun bisa diselesaikan di mana saja, termasuk di kafe.

Suasana kafe yang begitu tenang ditambah suguhan secangkir kopi panas siap membuat semangat kerja bergelora. Jika Anda sedang mencari tempat kerja yang istimewa, kafe adalah salah satu tempat yang direkomendasikan.

Tahukah Anda, bahkan kerja di kafe juga memiliki segudang manfaat. Apa saja? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut manfaat melakukan pekerjaan di kafe.

1. Suasana Kerja Lebih Kondusif

Suasana di kantor memang identik formal atau serius. Sedangkan di kafe, suasananya jauh lebih rileks dan kondusif, minim gosip dan minim bunyi hentakan sepatu. Sayangnya, suasana kondusif ini tidak didapat setiap hari. Khusus di akhir pekan suasana di kafe sangat padat, sehingga bekerja di sana menjadi kurang nyaman.

Agar proses penyelesaian tugas tidak terganggu, manfaatkan hari kerja untuk mampir ke kafe. Sedangkan sisa tugas bisa dilanjutkan di rumah sendiri saat weekend tiba. Sulap rumah Anda seperti suasana kafe agar konsentrasi kerja dapat terjaga dengan baik.

2. Ide-Ide Bisa Mengalir Sempurna

Kehilangan ide saat bekerja sering terjadi ketika suasana di sekitar kurang kondusif. Daripada stagnan terus-menerus, lebih baik cari tempat yang bisa melahirkan ide-ide kreatif, seperti kafe. Selama di kafe, Anda akan terhindar dari perbincangan jenis apapun karena setiap orang tidak saling kenal dengan yang lain.

Maka jangan heran kalau kafe selalu penuh setiap harinya karena para pekerja profesional sering mampir ke kafe untuk mencari inspirasi. Hiasan lampu, bingkai foto, dan pernak-pernik lainnya juga memperindah suasana, sehingga ide-ide kreatif dapat mengalir secara sempurna.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

3. Sambil Menyelam Minum Air

Kafe berkonsep komik (foto: boredpanda/@ynd239.20_cafe)

Mengerjakan tugas memang paling enak saat ditemani aneka makanan lezat. Dan ini hanya bisa didapat saat bekerja di kafe. Ketika perut mulai keroncongan, cukup panggil pelayan dan pesan makanan. Dalam 20-30 menit kemudian, makanan siap tersaji di meja Anda. Sangat praktis, kan?

Meskipun sangat praktis, Anda harus tetap ingat untuk berhemat, ya! Jangan karena sering kerja di kafe, keuangan jadi tidak stabil. Atur bujet yang ingin dihabiskan setiap kali mau pergi ke kafe, sehingga pengeluaran tidak melebihi jumlah yang ditetapkan. (Baca Juga: Tips Tingkatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang)

4. Peluang Mendapat Teman Baru

Bertemu dengan orang yang sama setiap hari pasti membuat bosan. Itulah fakta kalau Anda bekerja di kantor. Kalau di kafe, Anda akan bertemu orang baru setiap hari. Orang tersebut pun berasal dari berbagai kalangan, pekerjaan dan status sosial.

Jika seseorang menyapa atau menegur Anda saat sedang bekerja, jangan ragu untuk menoleh, ya. Siapa tahu orang baru yang ditemui di kafe menjadi rekan kerja di kemudian hari. Atau bisa menjadi calon suami atau istri, who knows?

5. Akses Lokasi yang Mudah

Jangan pernah ragu untuk memulai

Kebanyakan kafe berada di lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh pengunjung. Kalau Anda sedang mencari tempat rapat bersama klien, kafe bisa dijadikan alternatif untuk memangkas waktu di jalan dan menghemat bensin kendaraan.

Meskipun Anda harus menghadiri beberapa pertemuan dalam satu hari, rapat dapat berjalan lancar karena lokasi kafe yang mudah diakses. Pilih pula nama kafe yang populer, sehingga klien tidak kebingungan mencari lokasi kafe.

6. Terhindar dari Dunia Gosip

Gosip bukan menjadi hal yang tabu di dunia kerja. Ada saja rekan kerja yang menggosip di sela-sela kesibukan kerja. Anda sebagai pendengar tentu merasa tidak nyaman, apalagi yang dijadikan bahan gosip adalah rekan kerja sendiri

Kalau Anda mulai merasa tidak nyaman, lebih baik ditegur agar rekan kerja berhenti bergosip. Kalau mereka tidak mau mendengar, lebih baik minta izin kepada atasan agar bersedia mengizinkan Anda bekerja di luar kantor. Pergilah ke kafe yang sunyi agar gosip tidak terlintas di telinga. (Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari)

7. Dunia Terasa Milik Sendiri

Kafe berkonsep komik (foto: boredpanda/@ynd239.20_cafe)

Meskipun kafe dilintasi banyak orang, Anda jarang sekali merasa terganggu karena kafe sudah terasa seperti dunia sendiri. Sikap “masa bodoh” dari pengunjung membuat Anda merasa lebih nyaman saat mengerjakan tugas, sehingga Anda tidak merasa terusik.

Agar semakin nyaman, siapkan headset dan musik kesukaan Anda. Saat mulai merasa bosan, Anda bisa menyalakan musik supaya lebih rileks. Meskipun tugas menumpuk, satu per satu dapat terselesaikan karena didukung oleh suasana yang nyaman.

Jangan Lupa untuk Tetap Berhemat

Selain nyaman, bekerja di kafe juga menumbuhkan berbagai inspirasi demi menunjang produktivitas kerja. Tapi ingat untuk tetap berhemat karena harga makanan di kafe lumayan mahal. Agar tidak boros, pilih kafe yang standar saja, tetapi cukup nyaman untuk bekerja. Selamat bekerja!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of