Peristiwa

Kemensos Pastikan Asian Para Games Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Googleberita.com, Jakarta – Kementerian Sosial fokus mengawal Asian Para Games 2018 agar nyaman, aman dan ramah bagi penyandang disabilitas. Untuk itu, Kemensos akan terus berkoordinasi dengan Kemenko PMK, Kemenpora, Kemenkominfo, panitia penyelenggara Asian Para Games (Inapgoc), serta organisasi dan komunitas penyandang disabilitas.

“Kemensos memfasilitasi ribuan penonton penyandang disabilitas yang tergabung dalam komunitas dan organisasi,” kata Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras usai menyaksikan Parade Momo Maskot Resmi Asian Para Games 2018 di Monas, Minggu (23/9/2018).

“Mereka yang telah mendaftar tentunya harus kita pastikan mendapatkan tiket, tempat duduk, dan pendampingan selama menyaksikan pertandingan,” sambungnya, dalam rilis yang diterima Googleberita.com.

Hartono Laras menyebut Asian Para Games sebagai peristiwa bersejarah bagi Indonesia. Maka, pemerintah wajib memberikan yang terbaik agar pagelaran berlangsung sukses.

Sekjen melanjutkan, Kemensos sudah memantau dan mengevaluasi venue dan fasilitas untuk penyandang disabilitas. Laporan itu kemudian disampaikan kepada Inapgoc. Dalam waktu dekat, pihaknya akan kembali turun ke lapangan dan memastikan sudah ada perbaikan.

“Misalnya help desk, harapannya bisa ada di setiap lokasi pertandingan untuk memudahkan teman-teman penyandang disabilitas menanyakan hal-hal terkait jadwal pertandingan, lokasi toilet, lift, atau yang lainnya. Lalu toilet untuk penyandang disabilitas harus berpintu lebar dan di dalamnya memungkinkan ada ruang yang cukup luas untuk manuver pengguna kursi roda,” kata Hartono Laras.

Parade Momo

Menpora Imam Nahrawi (kiri) dan Sekjen Kementerian Sosial Hartono Laras pada parade maskot Asian Para Games di Jakarta, Minggu (23/9/2018). (Humas Kemensos)

Hari ini berlangsung parade Momo selaku maskot resmi Asian Para Games 2018. Turut hadir Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari, dan Sekjen Kemensos Hartono Laras.

Acara ini bertujuan untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dan memberi dukungan dengan menyaksikan langsung Asian Para Games 2018 pada 6-13 Oktober mendatang.

Parade menghadirkan balon Momo raksasa yang dibawa berkeliling area car free day. Rutenya ditempuh sepanjang tiga km yakni dari Monas pintu tenggara melintasi Jalan Medan Merdeka Selatan, putar balik di Patung Arjuna Wiwaha, lalu kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan berakhir di Monas pintu tenggara.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of