Politik

KemenPAN-RB Tinjau Mall Pelayanan Publik Magetan








Magetan (beritajatim.com) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (kemenPAN-RB) melalui Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II, Noviana Andrina melakukan kunjungan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan, Jumat (27/11/2020).

Noviana mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Magetan untuk meninjau bagaimana perkembangan dan progress Mall Pelayanan Publik. “Ini adalah generasi ketiga, mari kita kembangkan. Sehingga masyarakat bisa datang dalam satu tempat yaitu Mall Pelayanan Publik,” ujarnya.

Ia menambahkan, Mall Pelayanan Publik di Magetan ini adalah yang ke-30 yang akan diresmikan oleh Menteri PAN-RB. “Saya melihat bapak Bupati Magetan ini sangat rendah hati, dekat dengan masyarakat, dan fokus dalam membangun MPP tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga:

  • MPP Magetan Jadi yang Pertama Miliki Anjungan Dukcapil Mandiri
  • Disparbud Latih Pelaku Wisata di Kabupaten Magetan
  • Bupati Magetan Hadiri Pisah Sambut Komandan Secata Rindam V Brawijaya
  • Hadapi Bencana, Ini yang Dilakukan Pemkab Magetan

Sementara itu, S.Condrowati selaku Kepala DPMPTSP dalam paparannya menyebutkan perjalanan MPP. Yakni dibuka 15 Januari melalui Peraturan Bupati Magetan Nomor 68 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Magetan.

Ia menambahkan, Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Magetan semakin lengkap dengan adanya pelayanan imigrasi di Magetan. Praktis, masyarakat Magetan tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus pasport dan sebagainya. “Sarana dan prasarana semuanya sudah kita penuhi di MPP. Bagi masyarakat Magetan, mungkin MPP tersebut suatu kebanggaan tersendiri,” jelasnya.

Bahkan Disdukcapil Magetan juga mengoperasionalkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mall Pelayanan Publik. Lewat mesin canggih tersebut, pencetakan dokumen pendudukan bisa dilakukan sendiri dan sewaktu-waktu.

Warga cukup mendaftarkan diri ke kantor Dispendukcapil untuk mendapatkan pin atau QR code, lalu dipindai ke mesin ADM. Syaratnya hanya mendaftarkan nomor HP dan alamat email, warga bisa mencetak sendiri e-KTP, KK, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan surat pindah lewat mesin ADM.

“Sehingga tidak perlu harus menunggu antrean cetak di kantor Dispendukcapil. Petugas juga akan membantu warga yang tidak memiliki HP atau email,” tegasnya.

Saat ini MPP sedang di renovasi dengan tampilan yang baru dan lebih fresh. Kemungkinan pada 2021 semuanya sudah bisa terselesaikan sesuai dengan arahan dan komitmen dari KemenPAN-RB. [asg/suf]








The post KemenPAN-RB Tinjau Mall Pelayanan Publik Magetan first appeared on beritajatim.com.