blogunikblogunik.comLifestyle

Kebiasaan Buruk Pekerja Kantoran Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Banyak yang menganggap kalau bekerja di kantoran lebih baik daripada bekerja di lapangan. Pasalnya bekerja di kantoran terlihat lebih nyaman. Mereka tidak perlu pergi ketempat A ataupun B, cukup duduk depan komputer dan mengerjakan tugasnya. Pekerja kantoran juga tidak perlu panas-panasan karena ada AC yang membuat kantor mereka terasa sejuk. Setidaknya hal seperti itulah yang membuat bekerja di kantoran terlihat lebih baik daripada bekerja di lapangan.

Tapi guys, perlu kalian ketahui kalau bekerja sebagai pegawai kantoran ternyata tidaklah sebaik yang banyak orang kira. Pasalnya pekerja kantoran memiliki lebih banyak resiko yang mengancam kesehatan daripada mereka yang bekerja di lapangan ataupun bekerja sebagai freelancer.

Seperti yang kita tahu, bekerja dikantoran membuat mereka selalu duduk menatap layar komputer dengan waktu yang lama. Apalagi jika berurusan dengan masalah deadline, bisa dipastikan mereka akan betah duduk dalam posisi yang sama dengan waktu yang lama bahkan tak jarang bisa dari pagi sampai petang. Padahal kebiasaan pekerja kantoran dengan duduk terlalu lama dapat menyebabkan sejumlah bahaya yang menurunkan tingkat kesehatan dan kebugaran. Bukan hanya stress namun sejumlah penyakit mulai dari penyakit ringan hingga serius sekalipun kerap menyambangi pegawai kantoran.

Berbagai penyakit yang mengancam pekerja kantoran

Nah berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit yang sering dialami oleh pekerja kantoran.

1. Penurunan kemampuran otak

Pada kenyataannya, karyawan yang bekerja dan duduk selama berjam-jam di meja kerjanya akan mengalami kekurangan asupan oksigen ke otak. Asupan oksigen ini akan diterima otak ketika yang bersangkutan melakukan aktivitas fisik (berjalan atau berdiri). Jika hanya duduk seharian, oksigen tidak bisa disampaikan dalam jumlah yang cukup.

Padahal asupan oksigen akan sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja kemampuan otak dalam berpikir. Hal ini sangat penting untuk dicermati dengan baik karena jika asupan oksigen kurang, kemampuan otak juga akan ikut menurun dan menjadi tidak optimal.

2. Obesitas

Pegawai kantoran yang duduk berjam-jam depan layar komputer dan hanya melakukan gerakan yang minim juga akan membuat pembakaran energi dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Hal ini akan mengakibatkan menumpuknya lemak pada bagian tubuh tertentu sehingga risiko menjadi gemuk akan lebih besar. Atau bisa dibilang resiko kalian mengalami obesitas menjadi lebih besar daripada mereka yang aktif bergerak.

3. Penyakit jantung

Menjadi pegawai sebuah perusahaan yang mengharuskan kita duduk selama berjam-jam guna menyelesaikan pekerjaan juga memiliki risiko terkena penyakit jantung yang besar. Hanya duduk dengan melakukan gerakan yang minim atau hanya jari-jari saja yang bergerak akan memperlambat proses peredaran darah dalam tubuh sehingga mengakibatkan kurangnya kemampuan otot dalam membakar lemak. Jika lemak dalam tubuh tidak dibakar secara maksimal, hal ini dapat mengakibabkan terjadinya penyumbatan pada jantung. Jika kamu tidak segera merubah kebiasaan buruk tersebut maka sangat mungkin akan dapat menimbulkan beragam penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Diabetes

Risiko penyakit yang rentan mengancam pegawai kantoran selanjutnya adalah diabetes. Perlu diketahui, tubuh akan sangat membutuhkan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi. Namun karena kebiasaan duduk dalam waktu yang panjang akan mengurangi kemampuan hormon insulin dalam mengubah glukosa menjadi energi. Jika glukosa tidak diproses dengan baik dalam tubuh, glukosa akan tetap berada di dalam darah. Glukosa yang tidak dapat diubah menjadi energi ini akan berisiko menimbulkan diabetes.

5. Degenerasi otot dan kerusakan saraf

Saat bekerja pegawai kantoran hanya akan duduk selama berjam-jam dan hanya akan melakukan gerak tubuh yang terbatas sehingga otot perut dan pinggangnya tidak bisa bekerja dan bergerak dengan optimal. Jika hal seperti ini berlangsung dalam kurun waktu yang panjang, otot perut dan pinggang akan melemah dan tidak lagi lentur sebagaimana mestinya. Hal inilah yang membuat otot menjadi kaku, nyeri dan berbagai keluhan lainnya. Jika dibiarkan dalam waktu yang panjang, kondisi ini saja merusak saraf dan pergerakan otot tersebut.

6. Kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi bukan hanya karena banyak mengkonsumsi gorengan, namun duduk berjam-jam juga dalan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini terjadi karena duduk bekerja dalam waktu yang panjang setiap harinya sehingga kadar kolesterol meningkat akibat kurangnya gerak tubuh selama bekerja.

7. Kanker

Para pegawai kantoran yang duduk terlalu lama ketika bekerja akan memiliki risiko yang besar terhadap kanker. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan dalam jangka waktu yang panjang maka pankreas akan bekerja dengan tidak teratur dan membuat produksi insulin menjadi meningkat lebih tajam. Hal ini bukan hanya berdampak pada penurunan kinerja tubuh, tapi bisa juga mengakibatkan tumbuhnya sel di luar kendali yang pada akhirnya bisa menimbulkan tumor pada bagian tubuh.

Minimnya gerakan fisik yang dilakukan selama bekerja akan membuat penyerapan dan kinerja antioksidan dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini dapat memicu pertumbuhan kanker dalam tubuh, bahkan dalam beberapa jenis sekaligus.

8. Memperlambat pencernaan makanan

Kalau kamu termasuk orang yang akan langsung kembali duduk didepan layar komputer setelah makan siang, maka sebaiknya kamu berhati-hati. Pasalnya duduk terlalu lama apalagi dilakukan setelah makan, menyebabkan isi perut tertekan, sehingga memperlambat proses pencernaan makanan. Pencernaan yang lambat kemudian dapat menyebabkan perut kram, kembung, konstipasi serta ketidak seimbangan mikroba baik yang membantu pencernaan makanan.

9. Postur tubuh memburuk

Dampak buruk yang rentan dihadapi oleh pekerja kantoran berikutnya adalah postur tubuh yang memburuk. Saat duduk terlalu lama di kantor, leher dan bagu akan menegang, hal ini dikarenakan kamu terlalu lama menahan leher di posisi mengahadap ke komputer atau mengerjakan hal lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan tulang belakang juga ikut menegang dengan ketidak seimbangan permanen yang kemudian pada akhirnya menyebabkan leher, bahu dan punggung pegal-pegal.

Bahaya duduk terlalu lama juga menyebabkan tekanan pada tulang belakang lebih besar dibandingkan dengan saat berdiri. Sekitar 40% orang yang mengalami masalah pada punggung dan sering mengeluh sakit punggung merupakan mereka yang duduk sangat lama menghadap komputer di tempat kerja sehari-harinya.

Otot-otot di bagian punggung seharusnya tidak statis, bergerak untuk berekspansi dan berkontraksi yang menyebabkannya dapat menyerap darah serta nutrisi. Duduk terlalu lama menyebabkan hilangnya fleksibilitas otot.

10. Kaki yang kurang sehat

Kaki juga tak luput dari dampak buruk pekerja kantoran yang harus duduk bekerja selama berjam-jam. Saat duduk terlalu lama, sirkulasi aliran darah di kaki sangat buruk, yang dapat menyebabkan pembengkakan pergelangan kaki, varises, serta penggumpalan darah yang dikenal dengan DVT (deep vein thrombosis).

Jika kaki banyak digerakkan seperti banyak berjalan atau berolahraga dengan berlari, maka tulang pada kaku menjadi lebih padat, sehingga menjadikannya lebih kuat. Namun kebalikannya, jika kaki lama tidak digerakkan maka dapat menyebabkan tulang merapuh bahkan meningkatkan risiko osteoporosis. Duduk terlalu lama juga menyebabkan kaki menjadi mati rasa atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah neuropati yaitu gangguan syaraf pada kaki sehingga fungsinya berkurang.

11. Sakit punggung

Sakit punggung dapat disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya postur duduk yang buruk, saraf terjepit, salah gerak saat membungkuk, serta kebiasaan mengangkat benda berat dengan cara yang keliru. Risiko sakit punggung bertambah besar jika pekerjaanmu membuat kamu harus duduk di depan komputer selama berjam-jam. Kamu bisa mencegahnya dengan menjaga postur duduk yang baik, berolahraga, dan menjaga berat badan ideal.

12. Sakit kepala

Bekerja selama berjam-jam di depan komputer juga dapat memicu sakit kepala. Ini disebabkan karena otot-otot di area leher, rahang, kepala, dan wajah menjadi tegang akibat kurang bergerak. Sakit kepala biasanya dapat diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, saat bekerja, cara terbaik mengatasi sakit kepala adalah dengan mencegahnya. Beristirahatlah selama 5 menit setiap satu jam sekali agar otot tubuh kembali rileks.

13. Mata tegang

Dikutip dari Ekrut.com, Sekitar 64-90 % pekerja yang menggunakan komputer mengalami mata tegang, sakit kepala, mata kering, dan penglihatan kabur. Penyebabnya tidak lain adalah kurangnya waktu istirahat bagi mata setelah lama menatap layar komputer. Kamu dapat mencegah kondisi ini dengan menerapkan aturan 20/20/20. Setiap 20 menit, tataplah suatu objek dengan jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Cara ini amat bermanfaat untuk mengistirahatkan mata yang lelah.

14. Flu dan pilek

Kantor merupakan lingkungan tertutup yang memungkinkan virus berpindah antara satu sama lain. Ruang kantor yang menggunakan pendingin udara bahkan membuat penyakit semakin mudah menular. Jika teman kerjamu mengalami flu dan pilek, batasilah kontak dengannya sebelum ia benar-benar pulih. Kamu juga harus sering mencuci tangan, terlebih setelah memegang barang yang digunakan bersama.

15. Stres

Tekanan kerja yang tinggi adalah pemicu utama stres di lingkungan kerja. Jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat menyebabkan sakit kepala, masalah pencernaan, gangguan jantung, hingga menurunkan konsentrasi dan produktivitas kerja. Stres berlarut-larut yang tidak ditangani dengan baik juga dapat mengganggu kondisi psikologis. Tak jarang, karyawan yang mengalami stres berat menjadi lebih rentan terhadap depresi dan gangguan mental sejenisnya.

16. Kelelahan

Pekerja kantoran cenderung memiliki waktu istirahat yang kurang. Ditambah stres, tekanan pekerjaan tanpa habis, dan gaya hidup tidak sehat, kondisi ini dapat mengakibatkan kelelahan kronis. Rasa lelah tersebut biasanya tidak dapat hilang dengan mudah. Walaupun kamu telah memiliki waktu tidur yang cukup pada hari libur, kamu justru terbangun dengan keadaan yang lelah. Produktivitas kerja pun terkena imbasnya.

Kebiasaaan buruk yang sering dilakukan pekerja kantoran bagi kesehatan

Setelah mengetahui berbagai penyakit yang mengancam pegawai kantoran, saatnya kamu mengetahui tentang kebiasaan sepele para pekerja kantoran yang tak disangka dapat berakibat buruk bagi kesehatn. Tidak hanya duduk terlalu lama, namun ada banyak kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan kalian sebagai pegawai kantoran. Kira-kira apa saja? Berikut ulasannya!

1. Melewatkan sarapan

photo via medium.com

Buat kamu yang jarak kantornya cukup jauh dari rumah, tentu dituntut untuk selalu bangun pagi untuk dapat datang ke tempat kerja tepat waktu. Tapi meskipun telah bangun pagi, pasti ada saja hal-hal yang membuat waktu untuk pergi kekantor menjadi sedikit terlambat. Hal ini biasanya akan membuat banyak pegawai kantoran menjadi melewatkan waktu sarapan mereka demi bisa datang tepat waktu.

Padahal sarapan sangatlah penting, bukan hanya untuk pegawai kantoran, tapi juga untuk semua orang. Pasalnya sarapan berfungsi untuk memberikan energi dan membuat otak bekerja lebih maksimal. Jika tidak sarapan, yang ada tubuh akan merasa lesu dan tidak berenergi saat bekerja. Dan perhatikan pula menu sarapan yang kalian konsumsi, hindari makanan berat dan mengandung lemak karena justru akan membuatmu merasa lesu.

2. Menunda makan siang

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Menunda-makan-siang

photo via entrepreneur.com

Karena alasan pekerjaan yang bentar lagi deadline, banyak pegawai kantoran yang memilih untuk menunda waktu makan siang bahkan tidak pergi untuk makan siang. Padahal menunda atau bahkan tidak makan siang merupakan kebiasaan buruk yang tidak boleh dibiarkan. Pasalnya tidak hanya membuat kamu tidak bertenaga, melewatkan makan siang juga dapat membuat konsentrasi dan kemampuan berpikir menjadi menurun. Selain itu, perut yang lapar juga akan membuat kamu makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya pada waktu makan malam. Dan yang paling parah adalah kebiasaan buruk para pekerja kantoran dengan menunda makan siang bisa menjadi pemicu munculnya sakit maag.

3. Makan siang di meja kerja

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Makan-siang-di-meja-kerja

photo via healthok.ru

Akibat pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, banyak pegawai kantoran yang memilih untuk memakan makan siangnya di atas meja kerja agar bisa sambil mengerjakan pekerjaannya. Padahal waktu makan siang adalah waktu dimana kamu bisa berinteraksi dengan teman sekantor tanpa menyinggung-nyinggung soal pekerjaan. Manfaatkanlah waktu ini sebaik mungkin. Jam makan siang adalah kesempatan kamu untuk mengambil waktu istirahat secara penuh di tengah-tengah kesibukan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kalau kamu terus menerus menyendiri, hal tersebut akan menyebabkan peradangan dan turunnya imunitas, yang bisa jadi mengakibatkan penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

4. Ngemil yang tidak sehat

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Ngemil-yang-tidak-sehat

photo via everydaywellness.org

Kebiasaan buruk pekerja kantoran berikutnya adalah ngemil. Siapa sih yang nggak suka ngemil? Ngemil adalah salah satu kegiatan yang tanpa disadari sering dilakukan, apalagi dijam-jam kerja. Memang, ngemil saat bekerja bisa membantu pikiran tetap tajam dan energi terjaga. Selain itu, kebiasaan mengemil juga membuat kita merasa tetap kenyang hingga dapat membuat kita mengurangi porsi makan siang atau makan malam. Tapi kalau jenis cemilannya tidak sehat, seperti mengonsumsi 1 kantong keripik kentang sebagai cemilan tentu lebih memberi akibat yang buruk daripada menyehatkan. Solusinya, kamu bisa mencoba mengkonsumsi buah potong, kacang-kacangan, snack granola batangan, atau sedikit dark chocolate sebagai cemilan kamu.

5. Duduk lama dalam posisi yang sama

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Duduk-lama-dalam-posisi-yang-sama

photo via hellosehat.com

Kebiasaan buruk pekerja kantoran berikutnya adalah duduk dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Karena terlalu fokus akan pekerjaan, pegawai kantoran biasanya tidak sadar telah duduk dalam posisi yang sama bahkan sampai berjam-jam. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung.

Selain itu, duduk terus selama beberapa jam dapat mengakibatkan pembekuan darah di bagian vena kaki. Pembekuan darah tersebut bisa saja terlepas dan membawa aliran darah ke paru-paru. Alhasil kamu akan mengalami embolisme paru-paru yang mengancam nyawa. Untuk itu, setiap satu jam sekali, cobalah untuk bangun dari tempat duduk dan berjalan, atau melakukan peregangan. Hal ini akan membuat aliran darah mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh dan otak kamu.

6. Cara duduk yang salah

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Cara-duduk-yang-salah

photo via wacana.co.id

Nggak cuma duduk berjam-jam, cara duduk yang salah juga merupakan kebiasaan buruk pekerja kantoran yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Jika pekerjaan kamu membuat kamu harus duduk depan komputer dari pagi sampai sore atau sepanjang jam kantor, maka cara duduk yang benar sangatlah penting. Cara duduk atau postur duduk yang salah dapat mengakibatkan punggung menjadi sakit, nyeri dan pegal pada leher sehingga menyebabkan tegang dan terjadi ketidakseimbangan permanen di tulang leher. Bahkan dalam kasus kronis, berat badan meningkat, diabetes, dan penyakit jantung bisa saja terjadi. Pergi ke gym secara rutin juga tidak bisa menutupi masalah kesehatan yang diakibatkan postur duduk yang salah seharian.

Untuk itu perhatikan postur duduk ketika bekerja dengan benar. Atur ketinggian bangku sehingga kaki kamu dapat berpijak pada lantai. Selain itu, siku dan lengan kamu juga harus dalam posisi sudut 90 derajat. Atur pula layar komputer kamu sehingga mata kamu sejajar dengan sudut teratas layar. Atur kemiringan layar agar sedikit menghadap keatas menuju mata kamu.

7. Menatap layar monitor komputer tanpa henti

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Menatap-layar-monitor-komputer-tanpa-henti

photo via akademitrainer.com

Pekerjaan kamu mengharuskan kamu untuk menatap layar komputer seharian? Cobalah sesekali untuk mengalihkan pandangan kalian ketempat lain selain layar komputer. Pasalnya terus-terusan memandang layar komputer yang menyala bahkan tanpa henti dapat membahayakan penglihatan kamu dan juga bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain. Caranya dengan menerapkan aturan 20/20/20. Setiap 20 menit, tataplah suatu objek dengan jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Cara ini amat bermanfaat untuk mengistirahatkan mata yang lelah.

8. Memangku laptop yang menyala terlalu lama

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Memangku-laptop-yang-menyala-terlalu-lama

photo via aweita.larepublica.pe

Beberapa pegawai kantoran biasanya membutuhkan perangkat tambahan untuk mendukung pekerjaannya. Selain komputer, mereka juga terkadang membutuhkan laptop dalam satu pekerjaan sekaligus. Karena meja telah penuh dengan layar komputer, keyboard dan file-file penting, mau tak mau laptop harus mereka pangku. Jika kalian salah satu pegawai kantoran yang bekerja menggunakan komputer dan laptop sekaligus secara bersamaan, maka hindari memangku laptop, pasalnya kebiasaaan ini ternyata membawa pengaruh buruk untuk kesehatan. Bahkan, bisa menjadi ancaman buruk bagi para pria yaitu menurunkan kualitas sperma.

9. Malas bergerak

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Malas-bergerak

photo via sklejkaorzechowo.pl

Pegawai kantoran menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk dan minim gerakan. Kebiasaan buruk pegawai kantor inilah yang membuat tubuh menjadi kurang aktif dan merasa malas untuk melakukan gerakan yang berat. Seperti misalnya untuk naik kelantai atas, kamu lebih memilih menggunakan elevator dibanding dengan naik tangga. Jangankan naik tangga, kamupun menjadi malas untuk bangkit dari kursimu hanya untuk melemaskan otot-otot tubuh yang tegang.

Kebiasaan buruk ini akan meningkatkan risiko terkena diabetes, malas bergerak juga bisa memperparah kondisi gejala diabetes. Pasalnya tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk bergerak untuk mengolah kelebihan glukosa darah menjadi energi.

10. Lupa untuk bersantai

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Lupa-untuk-bersantai

photo via facetofeet.com

Fokus dalam bekerja memang penting. Namun kamu juga harus memberikan waktu untuk otakmu untuk beristirahat. Jangan paksa otakmu untuk berkonsentrasi dan fokus dengan pekerjaan selama berjam-jam. Untuk itu sesekali kamu harus bersantai. Jangan sia-siakan waktu istirahat untuk membuat pikiran menjadi lebih santai. Pasalnya melewatkan waktu bersantai dapat membuat stres. Tingkat stres yang tinggi membuat seseorang menjadi tidak produktif. Padahal jika kamu mau meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, maka kamu akan lebih merasa bersemangat untuk bekerja dan pikiran menjadi tidak mumet, bahkan ide-ide baru akan muncul yang akan berdampak positif bagi pekerjaan kamu.

11. Multitasking

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Multitasking

photo via theconversation.com

Akibat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, banyak pegawai kantoran yang akhirnya berubah menjadi mutitasking. Mereka mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan. Memang sih multitasking membuat pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai, namun ternyata kebiasaan buruk pegawai kantoran satu ini sangat berisiko terhadap kesehatan tubuh lho.

Dikutip dari BBC.com, melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu bersamaan akan membuat otak menjadi cepat lelah dan menurunkan kemampuan kognitif. Pasalnya otak kita hanya bisa melakukan satu hal dalam satu waktu. Saat kita merasa kita sedang melakukan beberapa hal sekaligus, sebenarnya tidak. Bagi otak kita, kita hanya maju mundur mengerjakan tugas-tugas itu. Karena otak tak dirancang untuk melakukan multitasking, maka semakin lama otak akan mengalami tingkat stres dan depresi yang meningkat dan menurunkan kemampuan intelektual secara umum.

12. Mendengarkan musik

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Mendengarkan-musik

photo via sheerluxe.com

Rasa ngantuk dan rasa bosan yang kadang-kadang menghampiri kita ditempat kerja memang sangat mengganggu. Untung-untung tidak ada atasan yang memergoki saat tak sengaja tertidur ditengah jam kerja. Karena hal ini sering terjadi, nggak heran kita banyak menemukan banyak pegawai kantoran yang bekerja sambil mendengarkan lagu menggunakan headphone ataupun headset. Hal ini dilakukan untuk mencari sesuatu yang fresh dan membuat rasa ngantuk dan bosan menghilang. Tapi janganlah mendengarkan musik sepanjang hari apalagi dengan menggunakan headset atau headphone karena kebiasaan buruk pegawai kantoran ini akan merusak telinga kalian secara perlawan, parahnya efek jangka panjang akan membuat kita menjadi tuli permanen. Untuk itu dengarkan musik saat bekerja dalam batas waktu dan volume yang sewajarnya ya!

13. Kurang minum air putih

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Sedikit-minum-air-putih

photo via nearsay.com

Kebiasaan pekerja kantoran yang berakibat buruk bagi kesehatan selanjutnya adalah lupa meminum air. Kebanyakan pegawai kantoran, ketika sedang fokus dengan pekerjaan pasti lupa untuk meminum air putih. Padahal, minum air putih adalah hal yang sangat penting dilakukan di tengah-tengah kepenatan kerja. Karena jika kamu kurang minum air putih dan membuatmu menjadi dehidrasi, hal itu justru akan membuat sirkulasi darah berantakan dan tubuh menjadi lemas.

Meminum air putih secara teratur apalagi saat bekerja, sangatlah penting diperhatikan karena bukan hanya dapat membuat tubuh dan pikiran bekerja secara efisien, tetapi meminum air putih juga dapat menahan rasa lapar, sehingga dapat mengurangi kemungkin kita memakan cemilan yang tidak sehat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap meminum air putih sesibuk apapun kamu bekerja.

14. Terlalu banyak minum kopi

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Terlalu-banyak-minum-kopi

photo via thejournal.ie

Pegawai kantoran memiliki kebiasaan yang sering kita jumpai yaitu meminum kopi untuk menghindari rasa kantuk. Bahkan selama jam kerja, mereka bisa meminum kopi berkali-kali. Jika kalian salah satunya, maka mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan meminum kopi yang berlebih. Pasalnya mengomsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan hipertensi, jantung berdebar dan insomnia. Maka dari itu seimbangkan asupan kopi dengan asupan air putih dan coba ganti menu kopi dengan jus buah atau teh herbal yang juga mampu memberi efek ‘segar’ tanpa meninggalkan efek buruk pada tubuh.

15. Meja yang berantakan

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Meja-yang-berantakan

photo via storiesfromavillage.org

Malas merapikan meja kerja di kantor merupakan salah satu kebiasaan buruk pegawai kantor yang ternyata dapat mengganggu kesehatan. Area kerja yang tidak terurus dapat menyebabkan stres dan menyebabkan pekerjaan menjadi lebih tidak efisien. Parahnya lagi, meja, telepon genggam dan komputer kamu dapat menjadi sarang yang baik bagi kuman-kuman jika tidak rutin dibersihkan. Setiap seminggu sekali, cobalah untuk membersihkan lingkungan kerja terlebih meja kerja kamu agar terlihat lebih tertata. Dengan begitu kamu juga akan lebih bersemangat untuk bekerja.

16. Bergosip

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Bergosip

photo via digest.bps.org.uk

Saat jam istirahat, berinteraksi dengan teman kantor memang dibutuhkan untuk tapi kalau berinteraksinya untuk bergosip apalagi menggosipkan teman ataupun atasan dikantor tentu akan merugikan kalian kalian. Pasalnya kebiasaan buruk pegawai kantor ini dapat mempengaruhi kesehatan psikologis dan membuat stress bagi mereka yang terlibat. Cobalah untuk menghindari gosip di kantor, dan jika kamu mendapatkan informasi personal mengenai rekan kerja kamu, simpanlah untuk diri kamu sendiri. Jika kamu pergi dengan rekan kantor, cobalah untuk tidak membahas cerita-cerita yang menyinggung lingkungan kerja kamu.

17. Jam kerja yang lama

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Jam-kerja-yang-lama

photo via aajkikhabar.com

Kalian yang telah bekerja pasti pernah merasakan kalau bekerja selama 8 jam dikantor tidak pernah cukup untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan kantor yang ada. Namun sebenarnya, untuk menjaga kesehatan, kamu harus menyeimbangkan waktu kerja dan waktu istirahat untuk membuat kamu tetap mampu bekerja secara produktif. Cobalah untuk membatasi jam kerja kamu. Jangan bawa pulang pekerjaan kamu ke rumah, sebaliknya manfaatkanlah waktu-waktu setelah bekerja untuk beristirahat agar kamu punya energi cukup untuk bekerja esok harinya. Bahkan sebuah penelitian di Eropa menemukan bahwa orang yang bekerja lebih dari 10 jam, berpotensi lebih besar untuk terkena penyakit jantung.

18. Membawa pekerjaan ke rumah

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Membawa-pekerjaan-ke-rumah

photo via psychologies.co.uk

Kebiasaan buruk pekerja kantoran yang secara tidak sadar sering dilakukan adalah membawa pekerjaan ke rumah. Padahal memebawa pekerjaan kantor kerumah justru memaksa kamu untuk begadang dirumah untuk mengerjakannya. Kebiasaan buruk ini harus dihindari karena selain akan mengganggu manajemen waktu dan aktivitas kamu di rumah, kebiasaan membawa pekerjaan kerumah juga akan membuat kamu merasa stres sehingga hal ini berpotensi menurunkan sistem imun tubuh. Selain itu, keseringan membawa pekerjaan kantor kerumah juga cenderung akan membuat kamu tidak lagi maksimal saat bekerja di kantor karena menganggap pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dirumah.

19. Sering kerja lembur

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Sering-kerja-lembur

photo via scmp.com

Sering kerja lembur juga merupakan salah satu kebiasaan buruk pekerja kantoran yang sangat tidak barik untuk kesehatan tubuh. Kerja lembur sering kali membuat kita melewatkan jam makan malam, dan kurang minum, namun kerja lembur malah memperbanyak asupan kopi kita, bahkan saat kerja lembut, bergelas-gelas kopi dapat menemani kita hingga pekerjaan selesai.

Kerja lembur mungkin tidak apa-apa jika dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu atau sebulan, tapi tidak bagus jika kamu lakukan tiap hari karena bisa mengganggu kesehatan seperti rentan terkena obesitas dan diabetes, terkena serangan jantung dan risiko stroke meningkat. Stress tanpa disadari hingga kemampuran daya penglihatan berkurang.

20. Seringnya ada event kantor menyebabkan kelebihan makanan manis

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Seringnya-ada-event-kantor-menyebabkan-kelebihan-makanan-manis

photo via fooda.com

Sering kali kantor akan mengadakan berbagai event yang mengharuskan kamu hadir didalamnya. Seperti ulang tahun perusahaan, gathering dll. Hal itu terkadang membuat kita kalap untuk memakan berbagai panganan yang tersaji, seperti kue-kue yang mengandung gula. Terlebih kamu yang bekerja di bidang event organizer, tentunya setiap hari kamu akan menemukan berbagai panganan yang lezat. Secara tidak sadar, kebiasaan kita yang tidak bisa lepas dari godaan makanan lezat tersebut akan membuat kita kelebihan makanan manis. Dan hal itu tentu akan membahayakan kesehatan tubuh jika sering dilakukan. Untuk itu, jika kamu harus menghadiri berbagai event yang diselenggarakan oleh kantor tempat kamu bekerja, ada baiknya kamu harus belajar menahan godaan dan hasrat untuk mencicipi aneka kue lezat yang ada.

21. Merokok ataupun berada disekitar orang merokok dalam lingkup kantor

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Merokok-ataupun-berada-disekitar-orang-merokok-dalam-lingkup-kantor

photo via feedster.com

Ditempat kerja, pasti ada saja pegawai yang merupakan perokok aktif. Jika ditempat kerja disediakan ruangan khusus merokok, tentu akan lebih baik karena tidak akan mengganggu rekan kerja yang lain, namun parahnya ada kantor yang tidak menyiapkan ruangan untuk merokok. Karena hal tersebut, kita yang tidak merokok akan sering terpapar asap rokok. Seperti yang kita tahu, bahaya perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama ngerinya, Untuk itu, saat berada di area tempat kerja kurangilah kebiasaan merokok, atau jika perlu cari tempat lain untuk merokok agar tidak mengganggu pekerja kantor lainnya.

22. Tetap bekerja ketika sakit

Kebiasaan-Pekerjaan-Kantoran-Yang-Berakibat-Buruk-Bagi-Kesehatan-Tetap-bekerja-ketika-sakit

photo via fool.com

Ada beberapa perusahaan yang menerapkan potong gaji jika karyawannya tidak masuk kerja, meskipun itu karena alasan sakit. Oleh karena itu, nggak heran jika banyak pegawai kantoran yang tetap bekerja meskipun mereka tengah sakit. Padahal memaksakan diri untuk bekerja saat sedang sakit sama sekali tidak membantu apapun lho. Justru akan membuat semuanya semakin buruk.

Ada tiga alasan penting mengapa kamu harus di rumah dan beristirahat saat sakit. Pertama jika kamu pergi ke kantor, kamu akan menularkan penyakit ke rekan kerja lainnya. Kedua, kamu sudah pasti menjadi kurang produktif saat bekerja dan ketiga, kamu memang perlu istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh untuk bisa bekerja lebih baik setelah pulih.

Tips sehat bagi pekerja kantoran

Berbagai macam kebiasaan buruk pekerja kantoran yang secara tidak sadar dapat mempengaruhi kesehatan telah kamu ketahui. Selanjutnya berikut beberapat tips yang bisa kamu terapkan saat harus bekerja selama 8 jam di kantoran.

1. Bergerak secara berkala

Tips-sehat-bagi-pekerja-kantoran

photo via sparkpeople.com

Duduk dalam kurun waktu yang lama akan membuat otot menjadi kaku. Hindari hal ini dengan cara melakukan gerak tubuh secara berkala meskipun dalam kondisi duduk. Menggerakkan kaki dan tangan selama beberapa menit untuk sekadar melonggarkan otot yang tegang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Hal ini juga bisa dilakukan pada bagian leher, bahu, dan pinggang. Lakukan kegiatan ini secara berkala supaya tubuh tidak terlalu lelah dan kaku karena selalu dalam posisi duduk ketika bekerja.

2. Beranjak dari kursi dan berjalan

Tips-sehat-bagi-pekerja-kantoran

photo via thespruce.com

Jika selama ini kamu malas hanya sekedar turun tangga menuju pantry untuk mencari air minum, ada baiknya sekarang kamu coba untuk mengambil sendiri berbagai hal yang dibutuhkan ini. Hal ini akan memberi kesempatan pada tubuh untuk beranjak dan berjalan sejenak sehingga otot menjadi rileks dan tidak dalam posisi yang kaku selama waktu yang panjang.

3. Gunakan tangga di kantor

Tips-sehat-bagi-pekerja-kantoran

photo via liputan6.com

Meskipun ada lift ataupun eskalator didalam kantor kamu, tapi sekali-kali manfaatkanlah tangga kantormu. Tangga di kantor juga menjadi salah satu alternatif untuk membuat tubuh bugar dan bergerak dengan aktif. Luangkan waktu untuk datang lebih awal dan tidak terburu-buru supaya bisa berjalan melalui tangga saja tanpa harus menggunakan lift atau eskalator di kantor.

4. Makan siang di luar kantor

Tips-sehat-bagi-pekerja-kantoran

photo via mylovemood.wordpress.com

Kalau kamu membawa bekal dari rumah, maka pastikan kamu tidak makan diatas meja kerja kamu. Carilah tempat makan yang nyaman bila perlu makanlah bersama teman-teman kantor yang lain di taman kantor ataupun tempat nyaman di kantor lainnya selain ruangan kerja.

Atau yang lebih baik, hindari untuk makan siang di kantor, terutama jika bekal makan siang tidak dibawa dari rumah. Makan siang di luar kantor akan memberi kesempatan untuk sejenak beranjak dan berjalan sehingga tubuh bisa lebih rileks. Kegiatan ini akan membuat tubuh menjadi lebih siap untuk menghadapi kesibukan setelah makan siang.

5. Aktif dan bersosialisasi di kantor

Tips-sehat-bagi-pekerja-kantoran

photo via fool.com

Jangalah terlalu tegang saat bekerja, buat kondisi kantor menjadi menyenangkan. Bersosialisasilah dan berteman dengan karyawan lainnya sehingga kantor menjadi tempat yang menyenangkan. Sesekali hampiri rekan kerja dan beranjak dari kursi agar tubuh tidak kaku dan bisa rileks kembali.

Itulah beberapa tips sehat yang bisa diterapkan oleh kamu para pekerja kantoran. Apapun jenis pekerjaan pasti memiliki risikonya masing-masing. Bekerja sebagai pegawai kantoran sebenarnya akan sangat menyenangkan jika kamu tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang telah disebutkan diatas. Cobalah untuk menikmati suasana kerja serta melakukan gerakan ringan dan juga kebiasaan sehat sehingga berbagai penyakit karyawan kantoran ini tidak datang menghampiri. Semoga artikel ini bermanfaat guys!

The post Kebiasaan Buruk Pekerja Kantoran Yang Berbahaya Bagi Kesehatan appeared first on Blog Unik.