Peristiwa

Jokowi Ucapkan Duka Cita atas Bencana Gempa Palu dan Donggala

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka cita yang mendalam atas terjadinya gempa di wilayah Donggala dan Palu berkekuatan magnitudo 7,4.

“Saya dan semua ikut berduka cita terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala, di Palu dan sekitarnya,” ujar dia di Kediamannya, Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/9/2018).

Jokowi mengungkapkan, dirinya telah mendapatkan laporan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait kondisi pasca gempa, meski informasi yang disampaikan belum secara menyeluruh lantaran sulitnya sambungan komunikasi ke lokasi.

“Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari kepala BNPB, meski pun informasi itu belum semuanya ada karena memang sulit untuk bertelepon ke sana. Saya tadi juga berusaha menghubungi gubernur sejak sore tadi juga tidak bisa tersambung karena memang komunikasi terganggu,” ungkap dia.

Selain itu, lanjut Jokowi, pihaknya telah menginstruksikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk mengkoordinir penanganan di lokasi bencana.

“Saya juga telah perintahkan Menko Polhukam untuk mengkoordinir, baik BNPB juga panglima TNI untuk bersama-sama menangani yang berkaitan dengan penanganan darurat. Baik pencarian korban, evaluasi dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan,” kata dia.

Jokowi berharap, dirinya dan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan informasi dan perkembangan terkini dari bencana tersebut.

“Kita harapkan besok kita akan mendapatkan informasi yang lebih detail karena semua masih belum sampai ke sana, para menteri, kepala BNPB, tapi menuju ke sana. Dan kita tunggu sampai besok pagi kira-kira lapangannya seperti apa,” tandas dia.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of