Peristiwa

Jokowi Lepas Jenazah Adik Ipar ke Peristirahatan Terakhir

googleberita

Googleberita.com, Solo – Presiden Jokowi melayat ke rumah duka adik ipar, Hari Mulyono yang meninggal Senin, (24/9/2018). Mantan Wali Kota Solo itu juga mengantar jenazah adik iparnya hingga ke tempat peristirahatan terakhir.

Jokowi tiba di rumah duka yang beralamat di Jalan Pleret Raya, Banyuanyar, Solo sekitar pukul 16.40 WIB. Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV Diponegoro, dan Kapolda Jawa Tengah.

Jokowi pun menyalami para pelayat yang tampak memenuhi rumah duka. Sejumlah pelayat di antaranya para pengusaha kayu yang merupakan sahabat almarhum.

Hari Mulyono adalah Direktur Utama PT Rakabu yang merupakan perusahaan yang didirikan Jokowi.

Setelah Jokowi melayat ke rumah duka, prosesi upacara pelepasan jenazah pun dimulai. Rangkaian prosesi pertama merupakan sambutan dari pihak keluarga yang disampaikan oleh Sudiyanto.

Sedangkan pembacaan doa dilakukan oleh KH Abdul Karim yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Alquran Azzayadi, Bumi, Laweyan, Solo.

Setelah itu prosesi dilanjutkan dnegan penyerahan akte kematian oleh perwakilan Pemkot Solo.

Prosesi Brobosan

Sebelum jenazah diberangkatkan terlebih dahulu dilakukan prosesi brobosan, yakni ritual yang dilakukan dengan cara berjalan di bawah keranda mayat oleh pihak keluarga sebanyak tiga kali.

Setelah itu peti jenazah yang diusung oleh personel TNI dan Polri langsung dibawa menuju mobil jenazah. Sedangkan Jokowi dan Ibunda, Sujiatmi Notomiharjo, tampak berada di belakang mobil jenazah.

Jokowi dan Sujiatmi naik mobil Toyoya Alphard bersama dengan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Iring-iringan rombongan mobil Presiden dan para pelayat tampak mengantar almarhum suami dari Idayati ke peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of