Peristiwa

Jokowi Ingin Tak Ada Lagi Antrean Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

Presiden Joko Widodo meninjau proyek landasan pacu (runway) dan taxi way di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Jokowi Ingin Tak Ada Lagi Antrean Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta

Google Berita – Presiden Joko Widodo meninjau proyek landasan pacu (runway) dan taxi way di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Jokowi berharap, dengan tambahan landasan pacu ini, tak ada lagi antrean saat pesawat akan mendarat dan lepas landas.

“Yang kita lihat dan kita rasakan setiap kali mau naik pesawat, mau take off itu harus ngantre 20 menit smapai 30 menit,” kata Jokowi kepada wartawan saat meninjau proyek.

Saat ini, dalam sejam, Bandara Soekarno-Hatta bisa melayani 81 kali take off/landing.

Dengan adanya tambahan runway taxi way yang tengah dibangun ini, maka Bandara Soetta bisa melayani 120 kali take off/landing per jamnya.

Jokowi menargetkan, runway ketiga yang ada di Terminal III Bandara Soetta bisa selesai pada Juni 2019. Sementara taxi way bisa selesai lebih cepat, yakni pada akhir 2018 “Kalau runway ketiga nanti selesai tidak ada antrean. Tapi kalau penumpangnya tambah lagi, ya tambah lagi runway-nya,” kata dia.

Setelah proyek runway dan taxi way rampung, pada 2020 Angkasa Pura juga akan menargetkan membangun Terminal 4 Bandara Soetta di eks lapangan golf Soewarna.

Menurut Jokowi, saat ini, terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta masih dalam proses detail engineering. Pembangunan terminal 4 akan menelan dana Rp 11 Triliun.

“Inilah persiapan-persiapan yang hari ini saya tinjau dan alhamdullilah ini masih sesuai dengan target,” kata Kepala Negara.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of