Teknologi

Jaringan Provider Internet Semrawut, Pemkab Magetan: Kami Akan Upayakan Penataan

Jaringan Provider Internet Semrawut, Pemkab Magetan: Kami Akan Upayakan Penataan.

Magetan (beritajatim.com) – Sejumlah warga di Kelurahan Bulukerto, Kecamatan/ Kabupaten Magetan, Jawa Timur mengeluhkan kabel jaringan provider internet yang semrawut.

Selain mengkhawatirkan bahaya jika ambruk, warga kesal karena kabel yang semrawut membuat mereka tidak nyaman.

Pantauan beritajatim.com, khususnya di Jalan Semeru kelurahan setempat, setidaknya ada empat tiang di satu titik. Belum puluhan kabel yang terkait di empat tiang tersebut. Semuanya adalah kabel jaringan telekomunikasi atau penyedia jasa layanan internet.

Sejumlah warga juga langsung mengadu ke Dinas Komunikasi dan Informatika Magetan yang berkantor di kelurahan setempat. Kepala Diskominfo Cahaya Wijaya membenarkan jika ada keluhan yang disampaikan oleh warga.

“Warga sempat mengeluhkan soal adanya penggalian untuk menempatkan tiang. Sudah ada izinnya apa belum, secara ketentuan yang berlaku saat ini izin menggali itu ada di dinas pekerjaan umum dan penataan ruang, kami secara regulasi belum bisa mengeluarkan izin itu,” kata Cahaya, Selasa (2/8/2022).

Baca Juga:

  • Magetan Masuk Enam Besar Potensi Terorisme Wilayah Jatim
  • Polri: Terduga Teroris Ditangkap di Magetan Jaringan Jamaah Islamiyah
  • Seorang Pria Terduga Teroris Ditangkap di Magetan, Polisi Sita Laptop dan Buku Rekening
  • Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Magetan

Cahaya menceritakan jika pihaknya sudah sempat melakukan koordinasi ke kementerian terkait penataan kabel penyedia layanan internet. Selain koordinasi langsung dengan Kekominfo, juga sudah ada zoom meeting resmi yang melibatkan ratusan kota kabupaten di Indonesia yang mengalami masalah serupa dengan Magetan.

“Kami bersama unsur terkait serta Bupati Magetan Suprawoto sudah berkoordinasi dengan kementerian. Memang harus segera ada peraturan daerah yang mengatur terkait kabel itu. Kami akan mencari referensi dulu, di daerah-daerah yang sudah berjalan. Akan kami upayakan untuk penataan,” kata Cahaya.

Kabel jaringan internet di Magetan yang semrawut dan banyaknya tiang menjamur di Jalan Semeru, Kelurahan Bulukerto, Kecamatan/ Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (2/8/2022)

Dia mengungkapkan arah Magetan untuk ajdi smart city memang sudah ditunjang dengan meningkatnya penggunaan dan kemudahan mendapatkan layanan internet. Namun, tak akan sinkron jika masyarakat masih berkeluh kesah tentang kabel semrawut.

“Ya akan ada perda yang mengatur nanti kabel apa saja yang harus ducting atau yang memang diperbolehkan berada di atas tanah seperti yang kini sudah ada. Smartcity gak hanya bagus dalam menjalankan IT, tapi bagaimana sebuah wilayah jadi nyaman untuk hidup. Kalau perkara kabel saja belum tuntas, ya kami harus kerja ekstra agar soal semrawutnya kabel bisa segera ada solusi yang pas,” pungkasnya. (fiq/ted)





Ikuti kami di google berita https://bit.ly/3vWew0y
#beritaviral #jawatimur #viral #berita #beritaterkini #terpopuler #news #beritajatim #infojatim #newsupdate #FYI

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of