Peristiwa

Jangan Lupa Makan Buah Kiwi dengan Kulitnya, Ya!

Googleberita.com, Jakarta – Bila terbiasa makan buah kiwi dengan mengupas kulitnya, Anda mungkin harus berpikir ulang. Ternyata, buah yang aslinya berasal dari China itu paling dianjurkan dimakan dengan kulitnya.

Marisca, Trade Development Executive Zespri Indonesia, menerangkan makan buah kiwi dengan kulit berguna untuk memaksimalkan manfaat vitamin C yang terkandung di dalamnya. Pasalnya, kandungan vitamin C terbesar pada buah kiwi terletak yang paling dekat dengan kulit.

“Yang dianjurkan untuk dimakan dengan kulitnya adalah jenis Sungold. Kalau, yang hijau karena banyak bulunya, akan terasa nyangkut di kerongkongan,” katanya kepada Googleberita.com saat ditemui di acara Taste New Zealand, Jumat, 6 Oktober 2018 lalu.

Kandungan vitamin C pada buah kiwi sungold juga tiga kali lebih tinggi dibandingkan kiwi hijau. Selain itu, proses pembudidayaan tanpa menggunakan pestisida membuatnya aman untuk dikonsumsi langsung dengan kulitnya.

Sementara, manfaat terbesar dari kiwi hijau adalah kandungan seratnya yang 60 persen lebih tinggi dari pepaya. “Kiwi hijau itu lebih untuk melancarkan pencernaan,” kata Marisca.

Ia mengatakan cara memakan kiwi yang terbaik adalah mengonsumsinya langsung. Meski hanya dijus, kandungan gizi yang terkandung pada kiwi bisa berubah dan bahkan berkurang.

Dikutip dari laman medicalnewstoday.com, buah kiwi hanya mengandung 54 kalori saja dan menjadikannya baik untuk mencegah berat badan berlebih. Kandungan vitamin C pada kiwi juga bisa merangsang pembentukan kolagen yang berdampak pada kulit yang lebih sehat.

Sedangkan, kandung potasium dan serat pada kiwi menunjang kesehatan jantung kita. Potasium juga bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke, menjaga kepadatan tulang, hingga mencegah terbentuknya batu ginjal.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Matang atau Mentah?

Yuk, buat resep chocolate kiwi popsicles yang tak hanya lezat tapi juga nikmat disantap bersama si kecil.

Kiwi yang manis biasanya lebih disukai. Namun, tak jarang kita mendapatkan kiwi yang asam.

Marisca mengungkapkan rasa manis kiwi dihasilkan dari buah yang matang. Cara mengetahuinya adalah dengan menggenggamnya. Bila saat digenggam, buah terasa lunak, itu pertanda kiwi telah matang dan siap disantap.

“Kalau masih keras, rasanya masih asam. Tunggu sekitar 3-4 hari lagi untuk matang,” katanya.

Setelah buah kiwi matang, taruhlah di dalam kulkas agar tidak cepat busuk. Jangan coba-coba taruh buah yang masih mentah di dalam kulkas bila tak ingin kecewa.

“Kalau keburu ditaruh di kulkas saat masih keras, kiwinya jelas masih tetap asam,” ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of