PeristiwaReviews

Intip Cerita dan Karakter di Film Captain Marvel.

Yuk, Kenalan dengan Cerita dan Karakter di Film Captain Marvel!

Pekan depan, pecinta film genre superhero, khususnya fans film Marvel, akan diperkenalkan kepada pahlawan baru dunia Marvel Cinematic Universe (MCU), yaitu Captain Marvel. Sesuai jadwal di IMDB, film yang dibintangi Brie Larson itu bakal tayang di Indonesia pada 6 Maret mendatang. Sementara, di negara asalnya, Amerika Serikat (AS), Captain Marvel akan tayang pada 8 Maret.

World Premiere film ini sudah digelar para Februari lalu di Singapura. Sejumlah kritikus dan jurnalis yang berkesempatan menonton film ini terlebih dahulu mengatakan, Captain Marvel cukup layak untuk dinantikan dan disaksikan. Film ini mereka sebut akan membawa nostalgia ke masa 90an.

Meski begitu, nama Captain Marvel mungkin masih terasa asing bagi sejumlah orang. Utamanya, yang bukan fans MCU atau tidak tahu komik Marvel. Padahal, tokoh ini sudah ada sejak 1966. Saat itu, dia masih belum menjadi Captain Marvel. Dia diciptakan dengan nama Carol Danvers. Carol baru menyandang mantel Captain Marvel pada 2012 silam.

Captain Marvel disebut bakal memiliki peranan penting bagi Avengers yang ingin mengalahkan Thanos di Avengers: Endgame. Dia disebut punya kekuatan untuk menembus waktu di antara semua kekuatan yang dia miliki. Kekuatan ini menjadi penting karena sejumlah teori menyebut, para Avengers di Endgame akan melakukan perjalanan menembus waktu demi mengalahkan Thanos.

Nama Captain Marvel untuk kali pertama mengemuka di Avengers: Infinity War. Di adegan pascakredit film yang dirilis pada 2018 itu, Nick Fury mengirim pesan darurat kepada Captain Marvel lewat pager. Adegan kemudian menjadi obrolan hangat. Dan, sampai saat ini, Nick diketahui sebagai satu-satunya orang di MCU yang punya kaitan langsung dengan Captain Marvel setelah agen Phil Coulson mati di The Avengers (2012).

Lantas, siapakah sebenarnya Captain Marvel? Apa kekuatannya? Apa yang ingin diceritakan di filmnya? Siapa saja karakter yang akan terlibat di film ini? Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Siapakah Captain Marvel?

Diperankan aktris peraih piala Oscar, Brie Larson, Captain Marvel bernama asli Carol Danvers. Tokoh ini diciptakan Roy Thomas dan Gene Colan dengan nama samara Ms Marvel dengan debut di Marvel Comics pada 1977. Namun, Carol sudah diperkenalkan di dunia Marvel pada 1966. Carol adalah anggota pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat. Ketika sedang bertugas, dia terkena ledakan peralatan yang diciptakan Kree—alien yang diperkenalkan di film pertama Guardians of the Galaxy. Akibatnya, gen manusia Carol melebur dengan DNA alien. Ini kemudian menyebabkan dia memiliki kekuatan super.

Dikutip dari CinemaBlend, Captain Marvel sangatlah kuat. Dia bisa terbang, menyerap dan melepaskan energi. Dia bahkan memiliki kemampuan prekognitif terbatas. Sementara, Samuel L Jackson, pemeran Nick Fury di MCU, menyebut, Captain Marvel juga punya kekuatan menembus waktu. Di dunia komik Marvel, Captain Marvel sudah menjadi anggota di banyak tim dan organisasi berbeda, termasuk Avengers, SHIELD, dan Guardians of the Galaxy.

2. Apa cerita film Captain Marvel?

Film Captain Marvel bakal dirilis pada 6 Maret mendatang dengan disutradarai Anna Boden dan Ryan Fleck. Adaptasi layar lebar film ini ditulis duo sutradara itu bersama Geneva Robertson-Dworet dan Jac Schaeffer. Ceritanya ditulis Nicole Perlman dan Meg LeFauve. Film ini sudah dicetuskan idenya sejak 2013 ketika bos Marvel Studios, Kevin Feige mengatakan, ingin ada lebih banyak superhero wanita di MCU.

Dikutip dari Wikipedia, Nicole Perlman dan Meg LeFauve menulis cerita yang aslinya berjudul Ms Marvel ini dengan berdasarkan pada komik Kree-Skrull War yang dirilis pada 1971. Namun, jika dilihat dari trailernya, film ini akan berfokus pada awal mula Carol menjadi Captain Marvel.

Ada pula kemungkinan bahwa di film ini, Carol sudah menjadi Captain Marvel. Dia kemudian pergi ke Bumi untuk mencari tahu masa lalunya. Di Bumi, dia kemudian bertemu Nick Fury yang kemudian menggaetnya untuk masuk SHIELD. Kisah tentang masa lalu Nick kemungkinan juga akan diceritakan di film ini. Fans berharap, film ini akan menjawab pertanyaan mengapa Nick kehilangan salah satu matanya.

3. Karakter yang akan muncul

Di film ini, selain Carol Danvers, juga terdapat sederet karakter yang akan muncul. Beberapa di antaranya adalah tokoh yang pernah tampil di film MCU. Namun, ada juga sejumlah wajah baru.

a. Nick Fury (Samuel L Jackson)

Wajah Nick pastinya sudah tidak asing lagi bagi pecinta MCU. Saat ini, dia adalah direktur SHIELD. Namun, di film Captain Marvel, dia masih menjabat sebagai birokrat kelas rendah. Di film ini, karakternya tampil berbeda. Nick tidak memakai penutup mata kirinya seperti yang sudah menjadi cirri khasnya selama ini. Di film ini, dia terlihat masih punya dua mata yang utuh. Dan, untuk kali pertama, Nick akan tampil banyak di sebuah film. Seperti yang sudah-sudah, meski menjadi salah satu pemain penting di MCU, peran Nick tidak pernah besar. Dia hanya tampil sekilas-sekilas, kecuali di Captain America: Winter Soldier, di mana dia tampil agak banyak.

Di Captain Marvel, Carol adalah superhero pertama yang ditangani Nick. Apa pun yang terjadi di film itu, ada dua hal yang sudah jelas. Satu, ada peluang fans bakal melihat bagaimana Nick kehilangan salah satu matanya. Dua, peristiwa di film ini akan membuka jalan baginya menjadi orang yang menyatukan Avengers.

Selain tidak tampil dengan salah satu mata yang ditutup, Nick juga terlihat muda di Captain Marvel. Seperti yang mereka lakukan di Ant-Man, Captain America: Civil War, Guardians of the Galaxy Vol 2, dan Ant-Man and the Wasp, Marvel memberikan sentuhan magis untuk membuat Samuel jadi terlihat 25 tahun lebih muda di Captain Marvel. Tak seperti film sebelumya, di mana karakter yang dimudakan hanya tampil sekilas untuk mengenang masa lalu, ini adalah kali pertama sebuah karakter dibuat lebih muda untuk satu film utuh.

b. Skrulls

Skrull pertama diperkenalkan di komik Fantastic Four #2 pada Januari 1962. Meski awalnya adalah musuh utama Fantastic Four, dalam perjalananya, alien ini kemudian berusaha menakhlukkan Bumi dan menjadi musuh bagi tiap pahlawan di dunia Marvel. Perang mereka melawan Kree di komik era Avengers di akhir 1970an membuat Bumi berada tepat di tengah-tengah konflik mereka. Alien itu kemudian terus muncul bertahun-tahun kemudian. Dengan kemampuan mereka berubah bentuk, mereka membuat cerita yang benar-benar menakutkan dan sulit untuk tidak mengharapkan cerita itu ada di fim Captain Marvel. Setidaknya, itu menjelaskan mengapa Carol meninju seorang wanita tua di adegan di kereta seperti terlihat di trailer film itu.

 

c. Talos (Ben Mendelsohn)

Talos adalah musuh utama di Captain Marvel. Belum diketahui seperti apa sepak terjang Skrull ini film tersebut, tapi, dari komik diketahui bahwa Talos bekerja dengan menyamar sebagai salah satu bos Nick Fury di SHIELD. Ini tentu menarik.

Bagi kalian yang sudah menonton Captain America: The Winter Soldier, tentu ingat kata-kata Nick kepada Steve Rogers. “Terakhir kali aku percaya pada seseorang, aku kehilangan satu mata,” ujar Nick kala itu.

Nah, karena bos Nick adalah Skrull, ada kemungkinan Talos adalah orang yang menyebabkan Nick kehilangan matanya. Bekas luka di sekitar mata Nick yang buta kemungkinan berasal dari senjata energi alien.

d. Yon-Rogg (Jude Law)

Yon-Rogg adalah komandan Starforce sekaligus mentor Carol Danvers. Dia melatih Carol untuk menggunakan kekuatan barunya. Dia seorang Kree. Belum diketahui seperti apa sepak terjang Yon-Rogg di film ini. Di versi komik, Yon-Rogg adalah musuh Mar-Vell yang merupakan teman dekat Carol.

Menurut Jude, karakter yang dia perankan itu terdorong oleh keyakinan kepemimpinan orang Kree. Dia adalah seorang prajurit yang patuh—tidak banyak tanya, konservatif tapi inspirasional. Karakter ini disebut Jude punya hubungan istimewa dengan Carol, yang dia lihat sebagai murid, ini menjadi sumber ketegangan dengan anggota lain di Starforce.

Untuk memerankan karakter ini, Jude mengakui meminta nasihat dan berkonsultasi dengan pemeran Tony Stark/Iron Man di MCU, Robert Downey Jr. Jude dan Robert memang punya hubungan dekat. Robert adalah pemeran Sherlock Holmes di dua film layar lebar detektif legendaris itu dan Jude memerankan pendampingnyha, John Watson.

e. Agen Phil Coulson (Clark Gregg)

Sama seperti Nick Fury, agen Phil Coulson sudah lama muncul di MCU. Dia tampil kali pertama di Iron Man (2008). Kemudian disusul di Iron Man 2, Thor, dan The Avengers. Namun, di The Avengers, karakternya mati. Nah, di Captain Marvel, Phil kembali lagi. Carol Danvers mungkin adalah superhero pertama yang ditangani Phil setelah di Iron Man, dia mengatakan, dia pernah bertemu superhero sebelumnya selain Iron Man. Sama seperti Samuel L Jakson, Clark juga akan dimudakan di film tersebut.

f. Ronan the Accuser (Lee Pace)

Orang Kree ini kali pertama muncul di Guardians of the Galaxy (2014). Dia bahkan menjadi orang yang memberikan nama itu kepada kelompok Peter Quill, Gamora, Drax, Rocket Raccoon dan Groot. Di akhir film itu, dia mati akibat terjangan Batu Kekuatan yang dipegang Peter dan teman-temannya. Namun, kematian itu tidak abadi baginya. Dia dihidupkan lagi di film Captain Marvel yang terjadi jauh sebelum Guardians of the Galaxy.

Film Captain Marvel akan menggali perang legendaris antara Kree dan Skrulls. Jadi bakal mudah melihat Ronan di pertarungan itu. Jelasnya, Ronan akan menjadi anggota Starforce di film itu, meski belum ada kejelasan bagaimana dia di film itu. Mungkin, apa pun yang terjadi di Captain Marvel bakal membuatnya menjadi Ronan yang terlihat di Guardians of the Galaxy.

g. Korath (Djimon Hounsou)

Goose adalah alien jenis Flerken yang berbentuk kucing milik Carol Danvers. Di komik, dia bernama Chewie. Flerken adalah alien yang sangat pintar yang berasal dari Earth-58163. Alien jenis ini sangat langka dan bereproduksi dengan bertelur.

Dikutip dari Den of Geek, Flerken menyerang musuh atau membela diri dengan taring dan tentakel yang tersembunyi di pipi mereka, dengan bantuan dimensi kantung di sana. Dimensi kantung itu adalah gelembung-gelembung kecil ruang-waktu yang membuat mereka bisa menyimpan apa pun.

Mereka yang sudah menonton Captain Marvel menyebut, Goose akan menjadi tokoh yang mencuri perhatian. Namun, pemeran Captain Marvel, Brie Larson mengakui, dia tidak bisa bekerja sama dengan kucing pemeran Goose karena dia alergi pada kucing.

i. Karakter-karakter lainnya

– Maria Rambeau (Lashana Lynch): teman dekat Carol di Angkatan Udara yang punya sebutan Photon. Dia adalah orang tua tunggal dengan satu putri bernama Monica.

– Minn-Erva (Gemma Chan): sniper Kree dan anggota Starforce.

– Supreme Intelligence (Annette Bening): intelijen buatan yang mengumpulkan pikiran hebat orang-orang Kree dan penguasa Kekaisaran Kree. Menurut Jude Law, masing-masing anggota Starforce punya hubungan khusus dengan Supreme Intelligence ini.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of