Peristiwa

Inilah Waktu yang Tepat Beli Asuransi Pendidikan Anak

Googleberita.com, Jakarta – Asuransi pendidikan menjadi salah satu produk yang paling banyak diminati saat ini. Tak bisa dimungkiri jika sebagian besar orang tua menyadari pentingnya jaminan masa depan anak khususnya dana pendidikan mereka.

Sama halnya dengan produk keuangan lainnya, Anda tentu harus memahami dengan baik detail produk asuransi pendidikan itu sendiri, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli salah satunya. Sehingga Anda terhindar dari kesalahpahaman yang mungkin terjadi di saat membeli produk tersebut.

Kesadaran pentingnya menyediakan asuransi pendidikan untuk sang buah hati memang terus meningkat yang terbukti dari semakin banyaknya lembaga penyedia layanan tersebut. Namun ada satu hal yang kerap menjadi pertanyaan terkait hal ini, kapan sebenarnya waktu yang paling tepat untuk membeli asuransi pendidikan?

Tak perlu bimbang, berikut ulasan mengenai asuransi pendidikan untuk anak seperti dikutip dari Cermati.com, sehingga Anda tidak bingung lagi.

 

 

1. Beli Setelah Menghitung Kebutuhan Pendidikan Nantinya

Ilustrasi mengatur keuangan.

Membeli sesuatu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan merupakan keputusan terbaik yang bisa Anda lakukan. Hal yang sama juga berlaku untuk setiap produk-produk keuangan yang akan Anda gunakan.

Terkait dengan asuransi pendidikan, Anda wajib menghitung besaran dana pendidikan yang kelak akan dibutuhkan oleh anak. Dana pendidikan ini baru akan digunakan di masa yang akan datang, sehingga penting untuk memiliki gambaran perhitungan yang paling akurat terkait dengan jumlah dana yang kelak akan dibutuhkan anak Anda dalam menyelesaikan pendidikannya.

Untuk mengetahui hal ini, maka jelas Anda harus menghitung secara detail kapan dan berapa dana yang akan dibutuhkan anak Anda nantinya, misalnya dana untuk masuk SD, dana untuk masuk SMA, atau bahkan dana untuk masuk ke perguruan tinggi.

Sangat penting untuk menetapkan sejak awal, kapan tepatnya dana pendidikan tersebut akan digunakan oleh anak Anda. Hal ini juga akan sangat berkaitan dengan usia anak Anda saat ini atau saat Anda membeli produk asuransi pendidikan.

Semakin kecil usia anak Anda, maka akan semakin banyak juga rentang waktu yang Anda miliki untuk mempersiapkan dana pendidikannya, terutama jika Anda memang hanya fokus untuk mempersiapkan sejumlah dana pendidikannya saat akan masuk ke perguruan tinggi nanti.

Namun meski anak Anda telah berusia beberapa tahun saat ini, bukan berarti Anda tidak bisa mempersiapkan dana pendidikannya dengan baik, walau waktunya terbilang cukup singkat. Anda tetap bisa mempersiapkannya dengan baik, sebab besaran dana pendidikan yang dapat terkumpul melalui produk asuransi pendidikan ini akan sangat tergantung pada kemampuan keuangan yang Anda miliki. (Baca Juga: Nasib Asuransi Pendidikan Seandainya Anak Meninggal)

2. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Ilustrasi Gaji

Saat Anda telah menghitung dan menyesuaikan usia anak dengan kebutuhan dana pendidikannya di masa yang akan datang, maka satu poin penting dalam pembelian asuransi pendidikan ini telah selesai.

Namun hal lainnya yang tak kalah penting adalah menyesuaikan kondisi keuangan Anda dengan harga asuransi pendidikan yang akan dibeli. Seperti produk asuransi lainnya, asuransi pendidikan ini juga akan menjadi pengeluaran tetap bulanan yang cukup panjang di dalam keuangan Anda.

Artinya, sangat penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan bayar yang memadai untuk kebutuhan yang satu ini. Jangan sampai Anda mengalami masalah keuangan, hanya karena mengambil premi asuransi pendidikan yang jumlahnya besar dan berada di luar kemampuan keuangan Anda.

Jika hal itu terjadi, maka bukannya memberikan manfaat maksimal, pengeluaran yang tidak sesuai ini tentu berisiko menimbulkan masalah di dalam keuangan Anda. Selalu hitung dan sesuaikan kemampuan bayar Anda dengan besaran premi yang akan diambil, sehingga pembelian asuransi pendidikan ini tepat sasaran dan tidak membebani keuangan. (Baca Juga: Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia, Apa Saja?)

Hitung dengan Cermat dan Pilih Produk Terbaik

Saat berencana membeli produk asuransi pendidikan, pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menghitung dan melihat kebutuhan dana pendidikan anak dengan tepat. Jika tidak memahaminya dengan baik, maka berkonsultasi dengan ahlinya adalah keputusan yang tepat. Hitung dengan cermat dan pilih produk asuransi terbaik sejak awal, agar dana pendidikan anak Anda bisa terjamin di masa depan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of