Peristiwa

India Segera Resmikan Patung Tertinggi di Dunia

Googleberita.com, Gujarat – Pemerintah India tengah mengebut pembangunan patung tertinggi di dunia, yang akan berdiri menjulang 182 meter. Tahapan pembuatannya diklaim telah mencapai 90 persen, menyisakan sisa sentuhan akhir pada polesan patung yang dilapisi tembaga.

Dikutip dari Abc.net.au pada Jumat (26/10/2018), proyek ini menggambarkan sosok Sardar Vallabhbhai Patel, tokoh kunci dalam perjuangan meraih kemerdekaan India dari pemerintahan kolonial Inggris, pada dekade 1940-an.

Terletak di sisi aliran Sungai Narmada di Gujarat, di semenanjung paling timur India, patu ini hampir lebih tinggi 30 meter dari pemegang rekor saat ini, Patung Buddha Kuil Musim Semi di China, dan hampir dua kali lipat dari Patung Liberty di New York.

Proyek yang menelan biaya US$ 580 juta (setara Rp 8,8 triliun), pertama kali dicanangkan pada tahun 2010 oleh Perdana Menteri Narendra Modi, yang juga akan dijadwalkan membuka secara resmi pada 31 Oktober mendatang.

PM Modi mengatakan pada 2013 bahwa patung itu akan menjadi simbol kebangkitan India. 

“Saya ingin orang-orang dari seluruh dunia, datang melihat patung ini seperti mereka pergi melihat Patung Liberty Amerika atau Menara Eiffel,” katanya.

“Ini adalah mimpi selama bertahun-tahun. Banyak orang menambahkan warna baru untuk mimpi ini, mereka memberi saran dan setelah banyak berdiskusi, inilah yang terjadi.

“Banyak orang telah mengilhami dan memberkati kami dan saya berterima kasih kepada mereka, lanjut PM Modi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Meningkatkan Pamor Pariwisata India

Seorang gadis mengibarkan bendera India saat para siswa melakukan tarian selama perayaan Hari Kemerdekaan India, di Jammu, India, (15/8). India merdeka dari kolonialis Inggris pada tahun 1947. (AP Photo / Channi Anand)

Sebuah museum dan hotel juga akan dibuka di samping area patung raksasa itu, bertujuan menarik minat pengunjung sekaligus meningkatkan pamor pariwisata India ke seluruh dunia.

PM Modi juga menargekatkan bahwa proyek ini bisa mendatangkan hingga 15.000 lapangan pekerjaan.

Dikenal sebagai “Manusia Besi” dari India, Patel adalah Menteri Dalam Negeri Pertama di India dan Wakil Perdana Menteri pertama, yang juga merupakan tokoh utama dalam penyatuan Negeri Hindustan.

Ironisnya, ketika masih hidup, Patel pernah dikabarkan menentang pembangunan patung dan monumen peringatan untuk memuliakan orang, seperti halnya patung yang ada di Gujarat ini.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of