Lifestyle

Ibu, Ketahui Penyebab Induksi Tidak Berhasil

Induksi persalinan adalah proses merangsang kontraksi otot-otot rahim agar ibu bisa melahirkan secara normal melalui jalur vagina. Jika tanda-tanda persalinan tidak mulai dengan sendirinya, induksi persalinan akan dilakukan untuk merangsang janin agar cepat lahir.

Namun, tidak semua induksi persalinan berhasil. Ada alasan mengapa induksi persalinan gagal pada sebagian ibu. Simak penjelasannya berikut ini.

Alasan di balik induksi persalinan yang gagal

Penularan hepatitis B melalui proses persalinan

Induksi persalinan terjadi antara 10% sampai 20% dari seluruh persalinan dengan memperhatikan indikasi pada ibu maupun janin. Dengan demikian kondisi kehamilan ibu dan janin dapat menjadi alasan mengapa induksi persalinan perlu dilakukan dan juga bisa menjadi alasan kenapa induksi persalinan batal maupun gagal dilakukan.

Sebelum melakukan induksi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dokter akan melakukan penilaian serviks. Keberhasilan induksi persalinan bergantung pada skor pelvik.

Hal lain yang diperhatikan sebelum memutuskan apakah induksi persalinan perlu dilakukan atau tidak adalah tanda vital ibu, seperti tensi darah, nadi, pernapasan dan temperatur, denyut jantung janin, ada kelainan kontraksi rahim yang berlebihan, dan ada perdarahan atau tidak.

Itulah mengapa induksi harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat dari dokter yang menangani. Jika ibu merasa tidak tahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan, biasanya dokter akan menghentikan proses induksi kemudian akan dilakukan persalinan dengan operasi caeesar.

Induksi persalinan dapat dinyatakan gagal jika ibu tidak bisa mencapai target kontraksi yang diinginkan. Dokter yang menangani persalinan akan memperhatikan respons rahim terhadap obat kontraksi yang telah diberikan. Apabila ibu tidak kuat atau mengalami nyeri berlebihan maka induksi dapat dihentikan.

Pembatalan induksi persalinan jika terjadi komplikasi

pitocin induksi persalinan

Selain induksi gagal, adapun pembatalan induksi persalinan. Pembatalan ini dilakukan oleh dokter apabila terjadi tanda-tanda komplikasi pada ibu maupun janin. Tanda komplikasi dari ibu, misalnya:

  • Kelelahan
  • Krisis emosional
  • Kelainan his (kontraksi) seperti lemahnya tenaga untuk melakukan pembukaan serviks atau mendorong keluarnya janin sehingga persalinan mengalami hambatan atau kemacetan
  • Kelainan jalan lahir seperti ukuran atau bentuk jalan lahir yang bisa saja menghalangi kemajuan proses persalinan
  • Infeksi akut pada cairan ketuban, janin, dan selaput korioamnion yang disebabkan oleh bakteri.

Selain dari sisi ibu, pembatalan induksi dapat dilakukan ketika janin juga mengalami beberapa masalah. Misalnya, bayi tidak siap pada posisi kelahiran normal.

Bayi yang siap dengan lahir normal, letak kepala akan selalu berada pada bagian bawah leher rahim. Sementara induksi dapat dibatalkan ketika bokong bayi berada pada bagian bawah leher rahim atau bayi berada di posisi melintang di dalam kandungan.

Pembatalan induksi juga bisa dilakukan ketika bayi mengalami prolaps tali pusat. Prolaps tali pusat yaitu suatu kondisi medis yang ditandai dengan keluarnya tali pusat dari rahim ke vagina sebelum bayi lahir. Kondisi ini dapat terjadi selama kehamilan atau saat proses persalinan. Komplikasi kehamilan ini bisa menghambat kelahiran bayi dalam proses persalinan.

Bicara soal gagal atau berhasilnya induksi persalinan dapat dilihat melalui partograf. Partograf merupakan catatan grafik yang menunjukkan kemajuan persalinan untuk memantau keadaan ibu dan janin.

Pengamatan yang dicatat dalam partograf di antaranya:

  • Kemajuan persalinan seperti pembukaan serviks, turunnya kepala dan his, atau kontraksi dengan frekuensi per sepuluh menit.
  • Keadaan janin seperti frekuensi denyut jantung janin, warna, jumlah dan lamanya ketuban pecah serta molase (penyusupan tulang) kepala bayi.
  • Kondisi ibu yang dipantau melalui denyut nadi, tekanan darah, dan suhu.

Melalui patograf ini, tim medis mampu mengetahui apakah induksi persalinan sukses atau gagal dilakukan.

The post Ibu, Ketahui Penyebab Induksi Tidak Berhasil appeared first on Hello Sehat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of