Peristiwa

Hyundai i30 Fastback N, Mobil Kencang Terbaru dari Korea Selatan

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Hyundai i30 Fastback N merupakan versi Fastback dari i30 N hatchback sekaligus model kedua dari keluarga dengan performa tinggi, Hyundai N. Tentu ada sedikit perbedaan dibanding i30 N hatchback standar selain dari bentuknya. 

Dimensi jelas berbeda, i30 Fastback 115 mm lebih panjang dan 30 mm lebih rendah dari sang kakak hatchback. Posisi lebih rendah bisa didapat berkat garis atap yang memang lebih rendah dan setelan suspensi yang lebih empuk. Sedang dari estetika desain, i30 Fastback N dibekali grille dan bemper unik khas divisi N. Itu juga terjadi di bagian belakang, dan keduanya diberi aksen garis merah sebagai warna wajib penanda sporty.

Desain buritan yang agak tinggi di ujungnya jadi poin unik dan terdapat spoiler terintegrasi dengan warna hitam glossy. Desain itu sedikit mengingatkan kepunyaan Honda Civic. Sedang di bagian bemper bawahnya ada diffuser dan knalpot kembar sporty. 

Masuk ke dalam kabin, ada kemiripan dengan dengan i30 N versi hatchback. Lingkar kemudi khusus model N, dengan logo huruf N di bagian bawahnya, jahitan merah yang bisa ditemui pada sekujur kabin dan aksen merah pada bingkai ventilasi AC. Desain fastback menawarkan kabin belakang sedikit lebih lega. Bagasi diklaim mencapai 450 liter daya muatnya, dan bisa bertambah sampai 1.351 liter saat jok belakang dilipat rata dengan lantai.

Sistem infotainment Hyundai i30 Fastback N menggunakan layar sentuh 8 inci, berdesain floating dan sudah mendukung koneksi Bluetooth serta bisa menampilkan tangkapan kamera parkir mundur. Sedang navigasi jadi opsi tambahan. Fitur pendukung infotainment lain, bisa terhubung dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Ada juga mode tampilan layar khusus N yang menampilkan pengaturan kustomisasi untuk mesin, putaran mesin, suara knalpot dan pengaturan untuk Performance Package.

 

 

Selanjutnya

Seperti pada i30 N hatchback, versi Fastback N bisa dipilih jantung pacunya. Ada dua pilihan output tenaga dari mesin 2,0 liter turbocharger, yakni 246 Tk dan 271 Tk kalau memilih Performance Package. Keduanya menawarkan torsi maksimal 353 Nm dan kecepatan puncak 250 km/jam. Fungsi overboost kemudian bisa meningkatkan torsi sampai menyentuh angka 378 Nm. Klaim akselerasi, versi tenaga 246 Tk memerlukan 6,4 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi diam. Sedang versi 271 Tk 6,1 detik untuk akselerasi yang sama. Oh ya, tak ada pilihan transmisi otomatis pada keluarga i30 N, termasuk Fastback N, hanya disediakan transmisi manual 6-speed.

Mendukung performa, ada lima mode berkendara berkat sistem N Grin Control. Mode yang bisa dipilih dengan akses tombol pada palang kemudi itu menawarkan lima mode: Eco, Normal, Sport, N dan N Custom. Sementara penjamin keselamatan juga cukup canggih, dengan sistem aktif paket SmartSense dan dukungan berkendara canggih, termasuk Forward Collision-Avoidance Assist, Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist, High Beam Assist, dan Intelligent Speed Limit Warning.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of