Peristiwa

HUT TNI ke-73, Warganet Ramai-Ramai Ucapkan #Hut73TNI

Googleberita.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-73 pada hari ini, Jumat (5/10/2018).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, warganet turut mendukung dan mengucapkan ulang tahun TNI di media sosial, seperti Twitter.

Linimasa Twitter pun dibanjiri ucapan HUT TNI 73. Sementara itu, pantauan Tekno Googleberita.com di linimasa,  tagar #HUT73TNI memuncaki posisi teratas trending topic  di Twitter. Selain #HUT73TNI, tagar #DirgahayuTNI juga bertengger di deretan trending topic terpopuler.

Kebanyakan twit ucapan HUT TNI dari warganet, diringi harapan agar TNI bisa menjadi lebih kuat demi menciptakan negara yang berdaulat.

Pengguna Twitter dengan akun berna @NahlaChery misalnya, mengucapkan “Dirgahayu TNI ke-73 Bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional serta selalu siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri & berkepribadian terbaik dan tagar #Hut73Tni.

Pengguna dengan akun @item_angus08 juga turut mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia, dengan harapan TNI bisa menjadi kebangaan rakyat dan keamanan Republik Indonesia

Tak hanya dibanjiri ucapan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, warganet lain menambahkan foto untuk memeriahkan momen spesial ini. Tidak kalah menarik, pemilik akun @RizkySH25 menyebut bersama rakyat TNI kuat.

Sementara itu, pemilik akun @JakBarBersama juga tak kalah ingin mengucapkan selamat kepada TNI.

Lebih lengkap, kamu bisa intip twit #HUT73TNI lainnya berikut ini.

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-73 TNI di Mabes Cilangkap

Tim aerobatik Jupiter bermanuver ekstrem saat memeriahkan puncak perayaan HUT ke-72 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (9/4). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara HUT ke-73 TNI tahun 2018, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini Jumat (5/10/2018).

Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Tema peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018 adalah “Profesionalisme TNI untuk Rakyat”. Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, andal, dan semua tugas serta kewajibannya didarmabaktikan untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang merupakan napas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Jokowi tiba pukul 08.30 WIB yang didampingi oleh sang istri, Iriana Joko Widodo. Saat tiba, Jokowi pun langsung disambut oleh Panglima TNI dan beberapa Pati TNI lainnya yang saat itu pun langsung melakukan penghormatan.

Melibatkan Lebih dari 1.000 Orang

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan hari ulang tahun ke-73 tentara nasional Indonesia (TNI). Upacara digelar di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018). (Merdeka.com/Titin Supriatin)

Kemudian yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II, Pengucap Sapta Marga Perwira pertama Lettu Inf M Z Firmansyah jabatan Dan Unit W3 Yon 12 Grup I Kopasus dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian Askadep Minlog KRI Sutanto 337 Satkor Koarmada 1 dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra jabatan Pa Pnb golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma.

Dalam upacara tersebut, dilakukan juga pemberian Tanda Kehormatan Republik Indonesia, yaitu Bintang Eka Paksi Nararya yang diwakili atau diberikan kepada Kolonel CPL Herry Keswanto jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi jabatan Kasi UDK Kima Brigif l Pasmar Jakarta, dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo jabatan Bintara adminku Progar spersau.

Pasukan yang terlibat dalam acara ini berjumlah 1.673 orang. Acara HUT ke-73 TNI ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh kotama Ops yang tergelar di bumi Nusantara.

Dalam upacara, yang bertugas sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Timur Indonesia KSAD Jenderal TNI Mulyono, Pangdam Iskandar Muda bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Barat Indonesia, Danrem 131/Stg bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi Utara Indonesia, dan Danrem 161/WS bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi selatan Indonesia.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of