Peristiwa

Heboh Penampakan Buaya Putih Sepanjang 3 Meter, Penunggu Sungai Cileungsi?

googleberita

Googleberita.com, Jakarta – Warga di bantaran Sungai Cileungsi, Desa Bojongkulur, Bogor, dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya di wilayah perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Bekasi

Hewan predator itu terlihat sedang berjemur di pinggir Sungai Cileungsi, pada Selasa siang, 25 September lalu.

Terlihat dalam rekaman video seorang warga, buaya itu berwarna putih dengan corak hitam di bagian ekor.

Video berdurasi 73 detik itu kemudian tersebar luas di kalangan warga bersamaan dengan kedatangan calon wakil presiden Sandiaga Uno, yang meninjau Sungai Cileungsi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/9/2018) siang.

Saat dikonfirmasi, anggota Tagana Kabupaten Bogor Zakarya membenarkan, adanya penampakan seekor buaya putih di Sungai Cileungsi, dekat Perumahan Vila Nusa Indah 2.

Menerima laporan tersebut, Tagana dan pemerintah desa setempat memberikan peringatan kepada warga untuk waspada dan tidak mendekati sekitar lokasi ditemukannya buaya itu. “Kami sudah koordinasi dengan RT, aparat desa, dan memperingatkan warga khususnya anak-anak, untuk tidak bermain di sekitar situ,” kata Zakarya, Rabu.

 

Penunggu Sungai Cileungsi?

Hingga kini, tidak ada satu warga pun yang berani menangkap buaya tersebut. Sebab, warga meyakini buaya dengan panjang sekitar 3 meter ini sudah ada sejak dulu, dan menjadi penunggu Sungai Cileungsi.

“Emangnya itu buaya Sungai Cileungsi. Menurut kepercayaan di sini, penunggunya gitu,” ujar Zakarya, warga asli Bojongkulur ini.

Menurut sejumlah warga, kemunculan buaya itu ada kaitan dengan tercemarnya Sungai Cileungsi oleh limbah pabrik.

“Ada yang percaya karena sungai tercemar jadi penunggunya (buaya) marah, lalu menampakkan diri,” ucap Zakarya.

Dia mengatakan, pihaknya telah melaporkan kemunculan buaya putih ini kepada petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Jawa Barat.

Sementara itu, Petugas PPNS Kepolisan Kehutanan BKSDA Wilayah I Jawa Barat, Aman Sujiaman, mengaku sudah menerima laporan dari warga perihal penampakan buaya itu.

Menurutnya, apabila tidak segera ditangkap, buaya tersebut dapat membahayakan warga. Apalagi, keberadaannya dekat dengan pemukiman warga.

“Sementara kami minta warga agar hati-hati jika melihat buaya tersebut. Dan secepatnya kami akan lakukan penangkapan,” terang Aman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of