Lifestyle

Gunung di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah Dan menakjubkan

Gunung di Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia tidak hanya identik dengan pantai-pantai yang eksotis. Sebagai informasi saja, letak geografis Indonesia merupakan tempat bertemunya pegunungan Sirkum Pasific dan Sirkum Mediterania sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak pegunungan. Bahkan, Indonesia dikenal sebagai “Volcano Country”, karena memiliki banyak gunung berapi aktif. Selain itu, Indonesia juga terletak di daerah cincin api, yang mana merupakan jalur gunung berapi aktif yang sangat berbahaya di dunia.

Meskipun terdengar bahaya namun hal tersebut justru merupakan kelebihan Indonesia. Pasalnya, hal tersebut menghasilkan panorama gunung yang sanagt indah yang tidak bisa dimiliki oleh banyak negara lain. Setidaknya ada ratusan gunung indah yang tersebar di Wilayah Indonesia. Dari sekian banyak gunung yang ada Indonesia, beberapa diantaranya merupakan tujuan favorite wisatawan dan para pendaki. Nah berikut ini merupakan daftar gunung di Indonesia dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Let’s check it out guys!

1. Gunung Rinjani

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Rinjani

photo via flickr.com/photos/calemcmillen

Gunung di Indonesia yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan di awali oleh Guning Rinjani di Lombokyang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani sering disebut sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Gunung Rinjani merupakan sebuah gunung yang telah tersohor keindahannya, terutama dikalangan para pendaki gunung.

Dengan ketinggian 3.726 meter, gunung terindah di Indonesia ini juga berhasil menjadi gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani menawarkan beragam pemandangan alam yang menakjubkan, mulai dari padang savana yang ditumbuhi bunga edelweiss, Danau Segara Anak, sampai pemandangan matahari terbit yang cantik serta tak ada tandingannya. Yang unik dari Gunung Rinjani adalah keberadaan Gunung Barujari yang berada di tengah-tengah Danau Segara Anak. Gunung Barujari adalah gunung yang berada di atas gunung sehingga gunung ini sering disebut sebagai anaknya Gunung Rinjani.

2. Gunung Semeru

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Semeru

photo via steemit.com

Pulau Jawa memiliki banyak gunung-gunung menakjubkan dengan pemandangan yang spektakuler, salah satunya adalah Gunung Semeru yang berlokasi di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung Semeru merupakan gunung paling indah sekaligus paling tinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru sudah terkenal keindahannya sejak dulu, terutama di kalangan para pecinta wisata alam. Tak kalah dengan Gunung Rinjani, Gunung Semeru juga memiliki permata super cantik yaitu Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo merupakan salah satu danau alami terindah di Indonesia yang berada pada ketinggian 2.400 mdpl.

Di hadapan Ranu Kumbolo terdapat sebuah jalan menanjak yang dikenal sebagai Tanjakan Cinta. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pendaki yang bisa melalui tanjakan ini tanpa menoleh ke belakang walau hanya satu kali, kisah cintanya akan abadi.

Kemudian ada padang savana Oro-oro Ombo yang ditumbuhi oleh bunga lavender lengkap dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti pemandangan khas pegunungan di Eropa. Dengan semua keindahan yang dimilikinya, wajar kalau Gunung Semeru menjadi incaran para pendaki dimanapun berada.

3. Gunung Bromo

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Bromo

photo via maritim.go.id

Gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia berikutnya adalah Gunung Bromo yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu gunung yang memiliki pemandangan sunsrise yang sangat indah.

Gunung ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Pemandangan sunrise dari puncak Gunung Bromo sangat cantik dengan rangkaian puncak-puncak gunung di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang bisa kita lihat dengan mata kepala sendiri. Gunung Bromo juga dikenal dengan gumul pasirnya yang sangat luas. Kendaraan jeep serta kuda menjadi pemandangan menarik yang biasa di Gunung Bromo.

4. Gunung Prau

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Prau

photo via instagram.com/wibbi_marki

Siapa yang tidak tahu Gunung Prau? Gunung Prau adalah salah satu gunung terindah di Indonesia yang telah menjadi tujuan favorit para pendaki gunung di Jawa Tengah dan sekitarnya. Gunung Prau masuk dalam Kawasan Dataran Tinggi Dieng dan berada pada ketinggian 2.565 meter.

Gunung ini merupakan tanah tertinggi dalam barisan Dataran Tinggi Dieng. Dari puncak gunung ini kita bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro dan Sumbing yang terlihat begitu spektakuler. Pemandangan tersohor dari gunung ini yaitu golden sunrise yang luar biasa memesona, bahkan banyak orang yang mengatakan golden sunrise di Gunung Prau adalah terbaik se Asia Tenggara.

Gunung Prau memiliki puncak berupa padang rumput yang sangat luas. Di sekitar puncak kita akan melihat barisan bukit-bukit yang sering disebut sebagai Bukit Teletubies. Yang menarik dari Gunung Prau adalah puncaknya yang relatif pendek dengan jalur pendakian yang relatif mudah bila dibanding dengan gunung lainnya membuat gunung ini menjadi gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

5. Gunung Kerinci

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Kerinci

photo via adventurerinjani.com

Selain sebagai Gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Kerinci yang terletak di Pulau Sumatera tepatnya di Provinsi Jambi juga merupakan salah satu gunung dengan pemandangan paling indah dan menakjubkan di Indonesia. Gunung Kerinci memiliki sebutan special yaitu Peak of Indrapura.

Gunung Kerinci juga memiliki keindahan pemandangan yang sangat luar biasa. Dari puncak gunung ini kamu bisa menikmati pemandangan seluruh Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu, dan juga lengkap dengan menikmati Samudera Hindia yang cantik. Gunung Kerinci juga memiliki kawah yang luas dengan air berwarna hijau kebiruan yang sangat indah.

6. Gunung Kelimutu

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Kelimutu

photo via instagram.com/blueskytour

Gunung Kelimutu yang terletak di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur juga merupakan salah satu gunung Indonesia dengan pemandangan terindah. Tinggi Gunung Kelimutu hanya 1.639 mdpl namun pemandangan yang ditawarkan sangat spektakuler.

Di puncak gunung ini terdapat tiga buah danau yang dikenal dengan Danau Tiga Warna karena masing-masing air di danau tersebut memiliki warna yang berbeda-beda. Nama ketiga danau tersebut adalah Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dengan warna air biru, Tiwu Ata Polo dengan warna air merah, dan Tiwu Ata Mbupu dengan air berwarna putih. Warna air di danau ini kadang juga berubah seiring waktu.

Masyarakat sekitar percaya bahwa gunung terindah di Indonesia ini adalah gunung suci yang selalu memberikan kesuburan pada tanah di sekitarnya. Karena memiliki tanah yang subur, Gunung Kelimutu dikelilingi hutan dengan flora khas pegunungan seperti pinus, casuarinas, dan kayu merah.

7. Gunung Jayawijaya

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Jaya Wijaya

photo via adventurealternative.com

Berbeda dari gunung-gunung yang ada di Indonesia lainnya, Gunung Jayawijaya merupakan pegunungan yang diselimuti oleh salju meskipun terletak di negara beriklim tropis. Gunung Jayawijaya dikenal juga sebagai Gunung Cartenz Pyramida. Gunung ini berada di Provinsi Papua yang membentang luas hingga negara Papua Nuigini di Pulau Irian.

Puncak Gunung Jayawijaya yang disebut dengan Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 meter yang membuatnya menjadi gunung tertinggi di Indonesia dan satu-satunya gunung di Indonesia yang tertutupi salju.

Gunung Jayawijaya selama ini dikenal sebagai salah satu gunung favorit para pendaki Tanah Air, karena fenomena alamnya yang mempesona. Bagaimana tidak, seperti yang disebutkan tadi, Gunung Jayawijaya adalah satu-satunya gunung di Indonesia yang memiliki salju. Namun sayangnya, tak hanya terkenal dengan fenomena cantiknya, Gunung Jayawijaya juga dikenal sebagai gunung yang berbahaya bagi pendaki.

8. Gunung Patuha

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Patuha

photo via instagram.com/cirebonunited

Gunung di Indonesia dengan pemandangan paling indah dan menakjubkan selanjutnya adalah Gunung Patuha. Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih yang populer dengan keindahannya adalah bagian dari Gunung Patuha yang lebih dikenal daripada Gunung Patuha itu sendiri. Danau kawah dengan warna toska tersebut menjadi sebuah tempat favorit banyak orang. Gunung Patuha sendiri memiliki tinggi 2.386 mdpl. Dengan keberadaan Kawah Putih yang merupakan hasil letusan Gunung Patuha pada abad ke-10, nggak heran kalau Gunung Patuha masuk ke dalam salah satu Gunung di Indonesia dengan pemandangan paling indah dan menakjubkan.

9. Gunung Ijen

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Ijen

photo via fodors.com

Gunung indah dan menakjubkan lainnya yang dimiliki Indonesia adalah Gunung Ijen. Gunung ini berlokasi di antara Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso. Gunung Ijen memiliki fenomena menarik yakni pemandangan blue fire atau api biru yang menyala terang saat dini hari. Fenomena langka ini berasal dari cairan belerang yang ditambang oleh masyarakat sekitar. Pemandangan api biru ini akan semakin terlihat saat malam, karena semakin larut maka cahayanya tidak akan terganggung dengan sumber cahaya lainnya. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dan mengunjungi tempat ini. Selain itu jika kamu mendakinya pada dini hari, maka bukan hanya blue fire yang dapat kamu saksikan melainkan juga keindahan sunrise yang spektakuler dan tak ada tandingannya.

10. Gunung Merbabu

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Merbabu

photo via jejakkrismon.com

Gunung Merbabu juga merupakan gunung di Indonesia yang memiliki pemandangan indah tak tertandingi yang wajib kamu kunjungi. Gunung yang berada di perbatasan atara Kabupatan Magelang, Boyolali dan Semarang ini memiliki pemandangan indah yang luar biasa.

Gunung Merbabu sendiri punya beberapa jalur pendakian. Namun, jalur yang dikenal memiliki view paling indah adalah jalur Selo yang berada di kabupaten Boyolali. Gunung Merbabu menyajikan keindahan berupa padang sabana yang bisa kita nikmati dari lereng-lereng puncak. Di sabana terakhir sebelum puncak, pemandangan semakin indah dengan bunga-bunga edelweis yang tumbuh di lereng-lereng bukit. Mendaki Gunung Merbabu kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi yang megah tepat dihadapan mata.

11. Gunung Papandayan

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Papandayan

photo via travel.tribunnews.com

Salah satu gunung di Indonesia dengan pemandangan yang indah yang tidak boleh dilewatkan adalah Gunung Papandayan. Gunung Papandayan sendiri merupakan sebuah gunung yang berada di kabupaten Garut Jawa Barat.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.665 mdpl ini nenawarkan pemadangan yang indah, bahkan banyak yang mengatakan bahwa Gunung Papandayan ini merupakan gunung terindah di Jawa Barat. Salah satu spot terfavorit yang memiliki pemandangan indah adalah hutan mati, selain itu di sini juga terdapat kawah serta Tegal Alun dimana bunga-bunga edelweis tumbuh dan memamerkan keindahannya.

12. Gunung Gede

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Gede

photo via commons.wikimedia.org

Selain Gunung Papandayan, Gunung Gede juga merupakan salah satu gunung terindah yang dimiliki Indonesia yang berada berada dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, tepatnya di antara Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, Jawa Barat.

Gunung Gede memiliki banyak tempat-tempat menarik yang dapat kamu kunjungi. Seperti Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Kandang Batu dan Kandang Bada, Alun-alun Suryakencana, dan Puncak Gunung Gede. Salah satu tempat yang paling indah dan menjadi tempat wisata favorit para pendaki di Gunung Gede adalah Alun-alun Suryakencana. Alun-alun Suryakencana merupakan padang savana seluas 50 hektar pada ketinggian 2.750 meter yang ditumbuhi oleh bunga Edelweiss.

13. Gunung Tambora

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Tambora

photo via kumparan.com

Gunung dengan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan selanjutnya adalah Gunung Tambora di Kabupaten Bima, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian 2.851 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Gunung ini dijuluki sebagai gunung dengan kawah terbesar di Indonesia atau biasa di sebut dengan the Greatest Crater In Indonesia. Kawah di gunung ini mempunyai lebar 7 kilometer, dengan keliling 18 kilometer dan kedalaman 800 meter.

Disini terdapat padang pasir yang sangat luas yang berada di sepanjang bibir kawah gunung ini. Di sepanjang bibir kawah juga ditumbuhi oleh bunga edelweiss yang tumbuh dengan berjauhan sekitar 1,5 meter sampai 100 meter. Ditambah dengan batuan-batuan berlapis yang sangat indah. Batu-batu berlapis tersebut bagian atasnya datar seperti meja yang membuat fenomena alam tersendiri. Yang membuat menarik, dari gunung ini kamu bisa melihat keindahan lautan, kawah, pulau satonda dan juga padang pasir yang sangat indah.

14. Gunung Sindoro

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Sindoro

photo via blog.tripcetera.com

Gunung Sindoro memeiliki ketinggian 3.153 mdpl, yang berlokasi di wilayah antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah. Pendaki akan langsung disuguhkan dengan keindahan panorama alam begitu mulai mendaki Gunung Sindoro dari jalur Tambi. Kamu akan melihat hamparan Kebun Teh Tambi dengan latar belakang Gunung Sindoro.

Salah satu keunikan yang paling mencolok dari gunung ini adalah puncaknya. Puncak Gunung Sindoro berbeda dari puncak-puncak gunung tinggi di Pulau Jawa lainnya, yaitu memiliki puncak yang sangat luas. Tempat ini menjadi salah satu camping ground favorite para pendaki yang datang. Keindahan matahari terbenam bisa disaksikan dengan begitu indah dari Area Camping Pos III. Sunset yang tampak di antara pohon-pohon lamtoro terlihat begitu menawan dengan lautan awan di bawahnya.

15. Gunung Sumbing

Gunung Di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah - Gunung Sumbing

photo via ihategreenjello.com

Satu lagi gunung di Indonesia yang memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan adalah Gunung Sumbing. Gunung Sumbing adalah gunung yang terletak di tiga wilayah kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Temanggung. Gunung Sumbing memiliki 4 puncak, yakni Puncak Kawah, Puncak Buntu, Puncak Sejati, dan Puncak Rajawali. Meski masing-masing bertuliskan 3.371 mdpl, titik tertinggi gunung ini adalah Puncak Rajawali.

Gunung Sumbing yang berada di sebelah Gunung Sindoro ini juga memiliki pesona yang sangat indah. Gunung ini mendapat julukan “Tripel S” oleh pendaki, yaitu Sumbing, Sindoro dan Slamet. Gunung sumbing memiliki ketinggian 3.371 mdpl merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Itulah 15 Gunung di Indonesia dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan. Bagaiaman menurut kalian guys? Tertarik mendaki gunung-gunung ini? Atau kalian punya rekomendasi gunung indah lainnya? Yuk share!

The post Gunung di Indonesia Dengan Pemandangan Yang Indah Dan menakjubkan appeared first on Blog Unik.