Politik

Gresik Bakal Buka Rekrumen PPPK








Gresik (beritajatim.com) – Pemkab Gresik melalui Dinas Pendidikan bakal membuka rekrumen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) 2021. Kesempatan emas tersebut sangat terbuka bagi tenaga honorer di atas usia 35 tahun. Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik mengusulkan 2.500 orang.

Sebelumnya, PPPK pertama dibuka tahun 2019. Saat itu kuotanya hanya diperuntukan bagi tenaga guru honorer non K2. Tahun 2021 kesempatan bagi guru non K2 bisa ikut mendaftar.

Sekadar diketahui, Pemerintah Pusat bakal merekrut 1 juta guru PPPK tahun ini dari berbagai wilayah. Adanya informasi itu Dispendik Gresik sempat di-hearing oleh DPRD Gresik karena tidak mengusulkan kuota secara maksimal. Pasalnya, jumlah guru honorer non K2 di Gresik tergolong cukup banyak.

Penasehat guru honorer non K2 Lutfi Syarifuddin menuturkan, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan pengurus guru honorer non K2 terkait adanya rekrutmen PPPK 202. Sebab, hal ini menjadi peluang kesejahteraan guru non K2 yang selama ini belum terpenuhi.

“Di Gresik tercatat ada 3.300 guru non K2. Tahun 2019 lalu baru ada 200 anggota yang diterima CPNS,” tuturnya, Selasa (26/01/2021).

Ia menambahkan, Pemkab Gresik bisa mengambil peluang ini secara maksimal. Sebab, realitas di lapangan beban guru non K2 ini sebanding dengan PNS. Tapi, untuk kesejahteraan sangat berbeda jauh. Apalagi setiap ada seleksi pegawai, kuota yang dibuka hanya sekitar 500 orang saja.

Baca Juga:

  • Sidak Banjir, Bupati Gresik Dicurhati Warga
  • KLM Karya Abadi Terbakar di Perairan Pulau Bawean, Lalu Tenggelam
  • Warga Kemuteran Gresik Lega Pasca Berhentinya Aktivitas Bongkar Muat Batubara
  • Tabrak Truk Parkir, Penumpang Toyota Vios Luka Parah Lalu Meninggal

“Pemkab harus melihat data, berapa jumlah guru dan berapa kebutuhan di lapangan. Karena ini jarang sekali diperhatikan,” imbuhnya.

Sementara itu secara terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Gresik Muhammad beranggapan Dispendik kurang memperhatikan pegawainya. Sebab, peluang yang dibuka pemerintah pusat terbuka lebar. Namun, yang diajukan tidak banyak.

“Sinergi antara Dispendik dan BKD kurang. Diajukan saja secara rill di lapangan. Kalau disetujui pusat ya Alhamdulillah kalau tidak ya tidak masalah. Aspirasi para guru harus didengar,” pungkasnya. [dny/but]







The post Gresik Bakal Buka Rekrumen PPPK first appeared on beritajatim.com.