Politik

Generasi X, Milenial dan Generasi Z Dominasi Penduduk di Bojonegoro








Bojonegoro (beritajatim.com) – Hasil survei penduduk 2020 (SP2020) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bojonegoro menunjukkan jumlah penduduk di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 1.301.635 jiwa pada September 2020.

Dari jumlah tersebut penduduk di kabupaten yang berada paling barat di Provinsi Jawa Timur itu didominasi oleh Generasi X, Generasi Milenial, dan Generasi Z. Dan paling sedikit menurut generasi yakni penduduk yang masuk golongan Pre Boomer.

Klasifikasi jumlah penduduk menurut generasi ini dilakukan karena struktur penduduk dapat menjadi salah satu modal pembangunan ketika jumlah penduduk usia produktif sangat besar.

Hasil SP2020 mencatat proporsi Generasi X di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 24,97 persen, Generasi Milenial sebanyak 23,89 persen, dan Generasi Z sebanyak 23,18 persen dari total populasi Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga:

  • Aksi Suporter Tagih Janji Bupati Ngopeni Persibo
  • Komisi A : Mal Pelayanan Publik di Bojonegoro Tak Manusiawi
  • TMA Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro Siaga Kuning
  • Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Surat Penetapan Tersangka Kadishub
  • Pj Bupati Bojonegoro Angkat Bicara Soal Penghapusan Namanya di Monumen

Dari sisi demografi, seluruh Generasi X dan Generasi Milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif pada tahun 2020. Sedangkan Generasi Z terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif.

Hasil survei yang dilakukan BPS tersebut memperkirakan, sekitar tujuh tahun lagi, seluruh Generasi Z akan berada pada kelompok penduduk usia produktif. Sehingga ini merupakan peluang dan tantangan bagi Kabupaten Bojonegoro, baik di masa sekarang maupun masa depan. Generasi tersebut berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Kabupaten Bojonegoro.

Sementara, Peneliti Poverty Resource Center Initiative (PRCI) Kabupaten Bojonegoro, Aw Syaiful Huda mengatakan, banyaknya jumlah penduduk produktif di Bojonegoro tersebut harus diimbangi dengan penyerapan tenaga kerja secara maksimal.

Menurut laporan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Per Agustus – Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk usia kerja di Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2019 sebanyak 990 ribu orang, meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang baru sebanyak 985 ribu orang.

Sementara sepanjang tahun 2017 hingga 2020, penambahan jumlah angkatan kerja baru di Bojonegoro mencapai 61.365 orang. Dari jumlah itu, angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan alias menganggur di 2020 meningkat hingga mencapai 37 ribu orang (Per Agustus 2020).

Peningkatan jumlah angkatan kerja tersebut menjadi masalah jika tidak diimbangi dengan penyerapan tenaga kerja secara maksimal. Selain itu, ada faktor penyebab lain, diantaranya lapangan kerja terbatas, serta kapasitas dan keterampilan angkatan kerja belum sesuai dengan kebutuhan bursa kerja saat ini.

Untuk diketahui, penduduk yang lahir pada tahun 1965-1980 dan perkiraan usia sekarang 40-45 tahun adalah masuk kelompok Generasi X, sedangkan Generasi Z adalah kelompok usia yang lahir antara tahun 1997-2012 dengan perkiraan usia sekarang 8-23 tahun.

Sedangkan untuk Generasi Milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1996 dan perkiraan seakrang usia 24-39 tahun. Dan penduduk paling sedikit di Bojonegoro, populasinya hanya 2,68 persen yakni Pre-Boomer. Mereka lahir sebelum tahun 1945, dengan perkiraan usia sekarang lebih dari 75 tahun. [lus/kun]







The post Generasi X, Milenial dan Generasi Z Dominasi Penduduk di Bojonegoro first appeared on beritajatim.com.