flm rano karnoLifestyle

14 Film Rano Karno Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Film Rano Karno Terbaik

Siapa yang tidak mengenal Rano Karno? Rano Karno adalah seorang aktor, penyanyi dan sutradara Indonesia yang kini menjabat sebagai Gubernur Banten. Rano Karno mulai dikenal pada tahun 1970-an dan 1980-an sebagai aktor dengan membintangi beberapa film. Selain itu pada tahun 1990-an ia dikenal sebagai Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Mengawali karirnya sebagai artis cilik yang masih berusia 12 tahun, membuatnya sudah bermain dalam puluhan film hingga tahun ini. Nah, berikut ini daftar film Rano Karno terbaik

1. Malin Kundang (1971)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Malin Kundang (1971)

Photo via indonesiancinematheque.blogspot.com

Malin Kundang adalah salah satu film Rano Karno yang di produksi pada tahun 1971. Film ini diadaptasi oleh Asrul Sani dari cerita rakya yang berjudul serupa. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang lupa daratan setelah menghabiskan masa kecilnya di lautan. Di film ini Rano Karno berperan sebagai Malin muda dan ia digadang-gadang sangat cocok memerankan karakter Malin muda ini.

2. Si Rano (1973)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Si Rano (1973)

Photo via wikipedia.org

Si Rano adalah salah satu film Rano Karno yang dirilis 2 tahun berikutnya setelah Malin Kundang. Film Si Rano ini disutradarai oleh Motinggo Boesje dan dibintangi oleh Rano Karno dan Benyamin Sueb. Film ini menceritakan tentang Rano yang terpisah dan kehilangan ayahnya di stasiun Jatinegara sewaktu turun dari kereta. Beruntungnya ia bertemu dengan seorang tukang gorengan baik hati bernama Amin.

3. Si Doel Anak Betawi (1973)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Si Doel Anak Betawi (1973)

Photo via wikipedia.org

Si Doel Anak Betawi adalah film yang diproduksi pada tahun 1973 dan disutradarai oleh Sjuman Djaja. Film Si Doel Anak Betawi ini dibintangi oleh Rano Karno, Tutie Kirana dan Benyamin S. Di film ini peran Doel sangat melekat pada diri Rano Karno hingga saat ini. Film ini pun sangat sukses dan berhasil memiliki sekuelnya yang tayang pada tahun 1976 berjudul Si Doel Anak Modern. Si Doel Anak Betawi ini menceritakan tentang Si Doel yang dibesarkan oleh ibunya dan ayahnya Asman yang mengikuti budaya Betawi asli. Karena sebuah kecelakaan ayahnya meninggal dan ia hidup berdua bersama ibunya. Si Doel pun membantu ibunya berjualan untuk meneruskan hidup.

4. Gita Cinta Dari SMA (1979)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Gita Cinta Dari SMA (1979)

Photo via kumparan.com

Gita Cinta Dari SMA adalah salah satu film Rano Karno yang diproduksi pada tahun 1979. Film ini bercerita tentang kisah cinta dua pelajar bernama Galih dan Ratna. Galih dan Ratna adalah bintang kelas, baik dalam olahraga maupun sopan santun. Mereka berdua jatuh cinta, namun sayangnya cinta mereka terhalang ayah Ratna yang beretnis Jawa sedangkan Galih berasal dari Sunda. Ayah Ratna sendiri juga sudah menjodohkan Ratna dengan seorang mahasiswa yang sedang berkuliah di Universitas Gadjah Mada. Mereka pun harus berpisah karena Ratna melanjutkan kuliahnya di Yogyakarta.

5. Roman Picisan (1980)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Roman Picisan (1980)

Photo via wikimedia.org

Roman Picisan adalah film drama romantis Indonesia yang dibintangi oleh Rano Karno, dimana film ini dirilis pada tahun 1980. Film Roman Picisan INI bercerita tentang Roman yang diperankan Rano Karno, ia adalah anak Medan yang hidup dan belajar di SMA Jakarta. Ia dijuluki Roman Picisan karena pandai membuat surat cinta pesanan kawan-kawannya. Suatu ketika ia jatuh cinta dengan Wulandari yang merupakan adik kelasnya.

6. Aladin dan Lampu Wasiat (1980)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Aladin dan Lampu Wasiat (1980)

Photo via wikimedia.org

Aladin dan Lampu Wasiat adalah film drama fantasi yang mengisahkan tentang cerita Aladdin versi Indonesia. Film ini sangat populer pada masa itu, film ini diperankan oleh sederet artis ternama yaitu Rano Karno, Lydia Kandou, Marlia Hardy, Jack John dan Soekarno M. Noor.

7. Selamat Tinggal Duka (1980)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Selamat Tinggal Duka (1980)

Photo via indonesiancinematheque.blogspot.com

Selamat Tinggal Duka adalah salah satu film yang dibintangi oleh Rano Karno. Film ini dirilis pada tahun 1980 dan disutradarai oleh Sukarno M. Noor. Film ini menceritakan tentang Hariman yang kaya raya bersahabat dengan Leo yang miskin. Leo selalu menemani Hariman yang selalu gentayangan di diskotik. Leo berpacaran dengan Lestari dan hamil, Leo pun merasa bertanggungjawab dan mencari kerja. Tapi nasib naas menimpanya, dimana ia terbunuh oleh segerombolan geng. Leo pun menitipkan Lestari pada Hariman dan Hariman berusaha memenuhi amanat sahabatnya itu.

8. Bilur-bilur Penyesalan (1987)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Bilur-bilur Penyesalan (1987)

Photo via sinema81.rssing.com

Bilur-bilur Penyesalan adalah film Rano Karno yang dirilis pada tahun 1987 dimana film ini diadaptasi dari novel karya Mira W. yang berjudul sama. Film ini menceritakan tentang dua anak laki-laki yang ternyata adalah anak kembar dari ibu yang sama. Mereka diadopsi oleh dua keluarga yang berbeda, satu diadopsi di keluarga sederhana dan satunya lagi diadopsi oleh keluarga kaya dan berantakan. Kemudian mereka dipertemukan di satu kampus dan mereka sama-sama menyukai seorang wanita yang sama.

9. Si Jago Merah (2008)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Si Jago Merah (2008)

Photo via bukalapak.com

Si Jago Merah adalah salah satu film yang dibintangi oleh Rano Karno yang dirilis pada tahun 2008, selain dibintangi Rano Karno film ini juga dibintangi oleh sederet artis ternama. Di film ini Rano Karno memerankan tokoh Wali Kota.

10. Satu Jam Saja (2010)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Satu Jam Saja (2010)

Photo via tvore.com

Satu Jam Saja adalah film yang pernah dibintangi oleh Rano Karno, film ini dirilis pada tahun 2010. Di film ini Rano Karno memerankan karakter Pak Hendro. Selain itu, film Satu Jam Saja ini juga dibintangi oleh sederet artis ternama seperti Vino G Bastian, Revalina S Temat dan Andhika Pratama.

11. Galih dan Ratna (2017)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Galih dan Ratna (2017)

Photo via wikipedia.org

Galih dan Ratna adalah salah satu film yang pernah dibintangi oleh Rano Karno. Film drama remaja ini merupakan remake dari film Gita Cinta dari SMA (1979) yang dibintangi juga oleh Rano Karno.

12. The Last Barongsai (2017)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - The Last Barongsai (2017)

Photo via wikimedia.org

The Last Barongsai adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2017, di film ini Rano Karno berperan sebagai Karsipan. Film ini berkisah mengenai Aguan yang mendapatkan beasiswa berkuliah di Singapura namun terkendala masalah biaya. Kemudian ia mengajak ayahnya pemilik sanggar barongsai untuk mengikuti kejuaraan barongsai karena hadiahnya bisa digunakan untuk biaya hidup di Singapura. Namun sayangnya ayahnya tidak menyetujuinya.

13. Si Doel The Movie (2018)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Si Doel The Movie (2018)

Photo via wikimedia.org

Si Doel The Movie adalah film drama keluarga yang merupakan sekuel lanjutan dari Si Doel Anak Sekolahan. Film ini melanjutkan kisah cinta Doel yang mengejar Sarah yang dahulunya pernah menjadi istrinya ke Belanda. Film ini menceritakan tentang 14 tahun sudah Sarah pergi tanpa kabar, hal ini pun menyimpan kerinduan dalam hati Doel yang kini sudah menikah dengan Zaenab. Melaui Hans, Sarah meminta Doel dibawa ke Belanda untuk mempertemukannya dengan Dul yang merupakan anak hasil pernikahannya dengan Doel. Dengan dalih urusan bisnis, Hans pun mengundang Doel ke Belanda. Sesampainya di Belanda, Doel pun bertemu dengan Sarah dan Anaknya. Kegalauan pun meliputi Doel dimana ia dihadapkan pada pilihan yang sulit.

14. Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020)

Daftar Film Rano Karno Terbaik - Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020)

Photo via ternate.tribunnews.com

Akhir Kisah Cinta Si Doel merupakan film yang dibintangi oleh Rano Karno di tahun 2020 ini. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Rano Karno dan dibintangi juga oleh Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedi. Film ini merupakan sekuel dari Si Doel The Movie 2. Film ini menjadi akhir dari kisah cinta si Doel selama ini, apakah ia memilih Zaenab atau Sarah.

Itulah beberapa daftar film Rano Karno terbaik, dari deretan film-film diatas film mana yang menjadi favoritmu?

The post 14 Film Rano Karno Terbaik Sepanjang Masa appeared first on Blog Unik.