Lifestyle

15 Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa

Selain film action, romantis, horor dan komedi, film bertema fiksi ilmiah juga sangat menarik untuk ditonton. Bahkan film bertema fiksi ilmiah seperti film-film yang menceritakan tentang luar angkasa menjadi salah satu film favorit bagi semua kalangan.

Selain karena antariksa memang masih menjadi misteri untuk peradaban manusia, pemandangan luar angkasa yang indah dan kadang mencekam yang sering diperlihatkan dalam film juga tak jarang membuat kita merasa takjub. Apalagi teknologi CGI yang digunakan untuk produksi film mampu menghasilkan visual memukau membuat film-film bertema luar angkasa semakin menarik untuk ditonton.

Dari sekian banyak film fiksi ilmiah bertema luar angkasa, beberapa di antaranya sangat populer dan bahkan menjadi film terbaik sepanjang masa. Nah berikut 15 film tentang luar angkasa terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Let’s check it out guys!

1. 2001: A Space Oddysey (1968)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - 2001: A Space Oddysey (1968)

photo via naviri.org

Film bertema luar angkasa yang dinobatkan sebagai film luar angkasa terbaik sepanjang masa di awali oleh film bertajuk 2001: A Space Oddysey yang rilis pada tahun 1968 lalu. Sesuai dengan judulnya, penonton akan dibawa ke sebuah perjalanan luar angkasa dengan teknologi canggih. Film ini juga merupakan gambaran visual teori sejarah peradaban manusia dari zaman purba hingga modern dengan segala perkembangan teknologi canggihnya. Ada juga plot cerita tentang para astronot yang berusaha memahami sebuah sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL 9000, untuk memenuhi misi perjalanan luar angkasa mereka. Hal yang paling menonjol dari 2001: A Space Odyssey adalah sinematografi dan produksinya. Meski dirilis tahun 1968, namun penonton akan diajak menjelajah luar angkasa yang begitu megah dan menakutkan.

2. Solaris (1972)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Solaris (1972)

photo via calebarend.com

Selanjutnya ada film bertajuk Solaris yang merupakan film bertela luar angkasa terbaik sepanjang masa yang dirilis tahun 1972. Solaris menceritakan tentang perjalanan seorang psikolog bernama Kris Kelvin (Donatas Banionis) ke stasiun luar angkasa milik Soviet. Kris diminta untuk memeriksa sejumlah kru pesawat yang mengalami halusinasi dan gangguan psikologis saat sedang mengorbit sebuah planet bernama Solaris. Namun sesampainya disana, Kris juga mengalami halusinasi yang sama. Dia bertemu istrinya, Hari (Natalya Bondarchuk) yang sudah meninggal dunia 10 tahun yang lalu. Plot twist film ini akan membuat kalian takjub.

3. Apollo 13 (1995)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Apollo 13 (1995)

photo via movierob.wordpress.com

Apollo 13 adalah salah satu film luar angkasa yang diadaptasi dari kisah nyata. Film ini menggambarkan kejadian dramatis dalam sebuah misi perjalanan ke bulan yang dilakukan oleh NASA. Tiga astronot yang terdiri dari Lovell (Tom Hanks), Haise (Bill Paxton), dan Swigert (Kevin Bacon) menjalankan sebuah misi ke bulan dengan pesawat Apollo 13. Namun, di tengah perjalanan Apollo 13 mengalami kerusakan internal besar yang mengancam nyawa ketiga astronot di dalamnya. NASA harus menyusun strategi untuk mengembalikan Apollo 13 ke bumi demi menyelamatkan nyawa tiga astronot tersebut.

Sinematografi dan efek visualnya akan membuat kamu terpukau. Aspek drama dalam film ini juga tersaji dengan baik berkat akting memuaskan dari para pemainnya. Bahkan film ini berhasil meraih 2 piala Oscar sebagai Best Sound dan Best Film Editing di tahun 1996.

4. Armageddon (1998)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Armageddon (1998)

photo via imdb.com

Film bertema luar angkasa terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Armageddon. Armageddon mengisahkan tentang bencana yang akan menghancurkan bumi. Bencana tersebut diawali ketika mendadak sebuah pesawat nasa yang tengah terbang di luar angkasa ditabrak oleh sebuah benda misterius. NASA harus mengirim sekelompok astronot untuk menghalangi kejatuhan meteor tersebut ke bumi.

5. Mission to Mars (2000)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Mission to Mars (2000)

photo via afilmadaybysonia.blogspot.com

Mission to Mars yang dirilis tahun 2000 juga menjadi salah satu film bertema luar angkasa terbaik sepanjang masa. Mission to Mars memulai cerita dari kondisi bumi yang semakin dipadati oleh manusia karena mengalami peningkatan populasi. Pihak NASA memutuskan untuk menjalankan misi berawak menuju planet merah Mars dengan harapan manusia dapat mendiami tempat tersebut. NASA kemudian membentuk tim yang terdiri dari 4 awak berpengalaman yang dipimpin oleh komandan Luke Graham.

6. Sunshine (2007)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Sunshine (2007)

photo via themoviedb.org

Film bertema luar angkasa terbaik berikutnya adalah Sunshine yang rilis pada tahun 2007. Film ini bercerita tentang 8 orang astronot yang pergi menuju matahari menggunakan spaceship. Sementara itu, bumi sedang dilanda kegelapan dan begitu dingin. Mereka dikirim dengan misi menyelamatkan matahari yang sedang sekarat. Kedelapan astronot itu adalah Cassie (Rose Byrne), Searle (Cliff Curtis), Mace (Chris Evans), Harvey (Troy Garity), Capa (Cilian Murphy), Kaneda (Hiroyuki Sanada), Trey (Benedict Wong) dan Corazon (Michelle Yeoh).

7. Moon (2009)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Moon (2009)

photo via imdb.com

Selanjutnya ada film yang bertajuk Moon yang merupakan salah satu film bertema luar angkasa terbaik sepanjang masa yang dirilis tahun 2009 lalu. Film bertema luar angkasa ini bercerita tentang sebuah industri yang berhasil membuat sebuah kemajuan ketika dunia dilanda krisis minyak dengan membangun sarang. Sebuah fasilitas di bulan yang digunakan untuk menambang energi alternatif untuk bumi yakni helium-3. Helium-3 ini bisa digunakan dalam reaktor dan pembangkit tenaga listrik untuk kehidupan manusia.

8. Gravity (2013)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Gravity (2013)

photo via imdb.com

Gravity adalah salah satu film tentang luar angkasa terpopuler. Buktinya, film ini sukses meraup 10 nominasi Oscar dan memenangkan tujuh kategori. Berkisah mengenai misi perdana Dr. Ryan Stone (Sandra Bullock) dan misi terakhir astronot veteran Matt Kowalsky (George Clooney) di sebuah stasiun luar angkasa. Tak diduga sebuah insiden terjadi yang membuat stasiun tersebut menjadi hancur dan keduanya melayang-layang di tengah kegelapan. Dr. Ryan dan Matt, mereka berdua harus bertahan hidup tanpa koneksi ke Bumi dan cadangan oksigen yang semakin menipis.

9. Interstellar (2014)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Interstellar (2014)

photo via imdb.com

Interstellar yang rilis tahun 2014 juga menjadi salah satu film bertema luar angkasa terbaik sepanjang masa. Film ini bercerita tentang penjelajahan sebuah tim antar galaksi yang harus melewati blackhole dan terjebak di dimensi waktu ruang angkasa. Hingga akhirnya Cooper (Matthew McConaughey) dapat kembali lagi ke bumi dan bertemu dengan anaknya, Murphy Cooper. Tidak hanya menampilkan petualangan luar angkasa yang menegangkan, tapi drama antara ayah dan anak dalam film ini sangat haru. Alur film ini pun sangat menarik, sehingga membuat kita enggan meninggalkan film ini barang sedetik saja.

10. Guardian of The Galaxy (2014)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Guardian of The Galaxy (2014)

photo via imdb.com

Berbeda dari film-film bertema luar angkasa sebelumnya, film Guardian of The Galaxy menggabungkan tema luar angkasa dan superhero ke dalam ceritanya. Film garapan Marvel ini menggambarkan luar angkasa yang penuh warna, ceria, kocak, meski tetap juga berbahaya. Film ini menceritakan Star Lord yang di perankan Chris Pratt dan teman-temannya berpetualang dan menyelamatkan galaksi dari musuh-musuh jahat.

11. The Martian (2015)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - The Martian (2015)

photo via imdb.com

The Martian merupakan film terbaik sepanjang masa berikutnya yang telah dinominasikan untuk 7 Oscars dan masuk dalam daftar 10 film terbaik versi American Film Institute. Dibintangi oleh Matt Damon yang berperan sebagai seorang astronot NASA, film luar angkasa ini menawarkan kisah yang cukup menarik. Bercerit tentang seorang astronot, Mark Watney (Matt Damon) yang terdampar di planet Mars dan ia harus berjuang untuk menjaga dirinya tetap hidup. Para kru pesawat meninggalkannya karena mengira ia telah mati akibat terhantam badai. Ia harus mempertahankan diri sampai situasi membaik dan menunggu misi penyelamatan yang datang menjemput.

12. Passengers (2016)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Passengers (2016)

photo via imdb.com

Kalau ngomongin soal film luar angkasa, tentu film Passengers yang rilis tahun 2016 tidak boleh dilewatkan. Film yang dibintangi oleh Chris Pratt dan Jennifer Lawrence ini menceritakan tentang perjalanan kapal luar angkasa bernama Avalon menuju planet baru bernama Homestead II. Dalam perjalanan itu, sebuah insiden terjadi, dimana salah satu kamar penumpang, Jim Preston (Chris Pratt), mengalami kerusakan sehingga membangunkan pemiliknya yang mana dia terbangun 60 tahun lebih awal. Ia kemudian memutuskan untuk membangunkan salah seorang penumpang wanita, Aurora Lane (Jennifer Lawrence), dan terjalinlah hubungan diantara keduanya beserta segala kejutan-kejutan luar angkasa lainnya.

13. Life (2017)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - Life (2017)

photo via imdb.com

Film tentang luar angkasa terbaik sepanjang masa berikutnya adalah film bertajuk Life yang dirilis tahun 2017 lalu. Film ini bercerita tentang 6 orang astronot yang ditempatkan di stasiun luar angkasa internasional dengan misi menemukan dan mempelajari planet baru yang layak dihuni oleh umat manusia. Tim astronot yang dipimpin oleh John McKay (Jake Gyllenhaal) dan Jack Harrison (Ryan Reynolds) ini bersemangat saat sebuah robot penjelajah menemukan bukti pertama yang menandakan adanta tanda-tanda kehidupan di Mars. Namun mereka tidak sadar jika kehidupan yang mereka temukan merupakan ancaman bagi umat manusia.

14. The Space Between Us (2017)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - The Space Between Us (2017)

photo via imdb.com

The Space Between Us merupakan salah satu film bertema luar angkasa yang dibalut dengan romansa masa remaja. Film The Space Between Us mengisahkan tentang Gerner Elliot, manusia pertama yang lahir dan hidup bertumbuh di Mars. Beranjak remaja ia mulai ingin tahu tentang dirinya serta menjalin hubungan baik secara online dengan Tulsa, gadis yang tinggal di Colorado. Film ini sangat menarik, karena kamu akan dibuat takjub, haru dan tertawa.

15. First Man (2018)

Daftar Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa - First Man (2018)

photo via id.wikipedia.org

Satu lagi film bertema luar angkasa terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton adalah film First Man yang dirilis tahun 2018. Film bertema luar angkasa ini diangkat dari biografi seorang manusia pertama yang mendarat di bulan, yaitu Neil Armstrong. Buku berjudul First Man: The Life of Neil A. Armstrong karya Jamers R. Hansen ini sukses diangkat ke layar lebar dan memenangkan penghargaan Academy Award untuk kategori Best Visual Effects.

Film ini menceritakan detil perjuangan Neil Armstrong (dan keseluruhan kru NASA) untuk mempersiapkan pendaratan bulan. Ada banyak kegagalan, insiden, kekhawatiran, yang pada akhirnya terbayar lunas ketika momen pendaratan bulan berhasil dilakukan. Film ini juga mengeksplorasi risiko bahaya yang mengancam keluarga para astronot akibat program luar angkasa.

Nah itulah 15 film tentang luar angkasa terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton, khususnya bagi kamu pecinta film bergenre fiksi ilmiah alias sci-fi. Jadi film mana nih yang belum kamu tonton?

The post 15 Film Tentang Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa appeared first on Blog Unik.