Lifestyle

15 Film Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa

Film Fiksi Ilmiah Terbaik

BlogUnik.com – Jangan ngaku jadi penggemar film Sci-fi jika kalian belum menonton film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa berikut ini!

Seperti yang kita tahu, film fiksi ilmiah menjadi salah satu genre film terpopuler dan terlaris dari dulu hingga saat ini. Nggak heran jika banyak production house memproduksi film dengan genre fiksi ilmiah. Bahkan tak sedikit film bertema fiksi ilmiah yang mendulang kesuksesan diseluruh dunia. Sebut saja seperti film Insterstellar, E.T. The Extra-terrestrial, The Martian dan masih banyak lagi.

Film dengan genre fiksi ilmiah atau Sci-fi (science fiction) sendiri adalah genre film yang mempunyai ciri khas elemen imajinasi yang berkaitan dengan sains ataupun kemajuan teknologi yang berdasar kepada hukum alam, hukum-hukum biologi, kimia, fisika dan lain-lain. Selain itu, film dengan genre fiksi ilmiah juga biasanya menceritakan tentang bentuk kehidupan di luar bumi, dunia asing, perjalanan waktu, bersama dengan unsur futuristik seperti robot, cyborg, perjalanan luar angkasa, artificial intelligence, monster, mutant, dan teknologi lainnya.

Menariknya lagi, genre sci-fi biasanya dipadukan dengan genre action, thriller, drama, atau bahkan fantasy sehingga membuat film lebih menarik dan tidak membosankan untuk ditonton. Nah buat kamu yang gemar menonton film bergenre fiksi ilmiah, berikut ini merupakan daftar film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. So let’s check it out guys!

15 Film Fiksi Ilmiah Terbaik

1. E.T. The Extra-terrestrial (1982)

Film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa diawali dengan film sci-fi bertajuk E.T. The Extra-terrestrial yang dirilis pada tahun 1982. Film fiksi ilmiah legendaris ini begitu lekat bagi anak-anak 80an hingga 90an. Bahkan hingga saat ini karakter alien dalam film satu ini masih sangat populer.

E.T. The Extra-terrestrial sendiri merupakan film yang mengisahkan tentang seorang bocah lelaki bernama Elliott, yang berteman dengan makhluk luar angkasa, dijuluki “E.T.”. Makhluk luar angkasa tersebut terdampar di Bumi. Elliott dan saudara-saudaranya membantu E.T. kembali ke planet asalnya, sambil berusaha menyembunyikan E.T dari kejaran pemerintah yang ingin menjadikannya objek penelitian.

2. Jurassic Park (1993)

Selanjutanya ada film Jurassic Park yang merupakan salah satu film bergenre fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa yang dirilias pada tahun 1993. Film Jurassic Park 1993 ini sangat sukses secara kualitas dan komersial sehingga menjadi awal hadirnya beberapa sequel dan franchise film Jurassic Park yang selalu populer hingga saat ini.

Jurassic Park yang dirilis tahun 1993 sendiri merupakan film arahan sutradara Steven Spielberg yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Michael Crichton. Film ini berlatar di pulau fiksi Isla Nublar, yang terletak di lepas Pantai Pasifik Amerika Tengah dekat Kosta Rika.

Menceritakan tentang seorang milyuner bernama John Hammond yang mengundang seorang paleontologi, Alan Grant dan asistennya Ellie Sattler, juga ahli matematika Ian Malcolm yang nantinya akan bergabung dengan kedua cucu Hammond untuk datang ke Jurassic Park, sebuah taman hiburan bertema zaman purbakala yang dipenuhi dinosaurus.

Tur di Jurassic Park mereka yang awalnya dipenuhi dengan decak kagum tiba-tiba berubah menjadi sebuah petualangan menegangkan untuk bertahan dari serangan dinosaurus yang memburu mereka.

3. Gravity (2013)

Film Gravity yang tayang pada tahu 2013 ini juga menjadi salah satu film sci-fi terbaik yang wajib ditonton. Film ini merupakan film garapan sutradara Alfonso Cuarón dan menampilkan Sandra Bullock dan George Clooney sebagai pemeran utamanya. Menceritakan tentang seorang astronot NASA bernama Ryan Stone bersama rekannya yang menjalankan misi ke luar angkasa untuk memperbaiki hubble space telescope yang merupakan salah satu stasiun milik NASA ISS.

Namun saat menjalankan tugasnya di luar angkasa, tiba-tiba saja puing-puing dari sebuah serangan rudal menghantam sebuah satelit dan puing-puingnya mengarah dengan cepat kearah para astronot yang sedang mengerjakan tugas NASA, satu astronot dihempas puing hingga tak tertolong, sementara Ryan Stone terjebak pada salah satu bagian stasiun yang berputar terkena puing-puing. Kehilangan kontak dengan bumi dan menipisnya oksigen, membuat film ini semakin menegangkan untuk ditonton.

4. Interstellar (2014)

Masih berhubungan dengan luar angkasa, dalam daftar berikutnya ada film Interstellar yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Film yang dibintangi oleh Matthew McConaughey ini merupakan film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa yang menceritakan tentang kondisi bumi yang tidak dapat ditinggali lagi.

Dimana makanan dan hasil bumi semuanya rusak, wabah dan bencana membuat bumi semakin rusak dan kritis. Joseph Cooper, seorang mantan pilot NASA yang harus berpisah dengan anak perempuannya Murphy untuk bergabung dengan sebuah tim penjelajah untuk menjalankan misi paling penting dalam sejarah manusia untuk mencari tempat tinggal baru bagi manusia.

5. The Martian (2015)

Selanjutny ada The Martian yang rilis tahun 2015 lalu. Film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa ini merupakan salah satu film survival terbaik yang diangkat dari novel karya Andy Weir dengan judul yang sama.

Film yang dibintangi Matt Damon ini mengisahkan tentang Mark Watney, seorang astronot yang terdampar di planet Mars. Ia tertinggal sendirian di planet tersebut karena rekan-rekan astronotnya mengira dirinya telah tewas. Dengan persediaan yang terbatas, Mark harus bertahan hingga mendapat bantuan penyelamatan dari bumi.

Saking kerennya film ini, The Martian telah mengantongi beberapa penghargaan bergengsi seperti Golden Globe Award dan Hugo Award. Sangat sayang jika dilewatkan.

6. War For The Planet Of The Apes (2017)

Film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa berikutnya adalah film War For The Planet Of The Apes yang rilis pada tahun 2017 lalu. Film War for the Planet of the Apes sendiri merupakan film series ketiga dalam Planet of the Apes yang disutradarai oleh Matt Reeves dan dibintangi oleh Andy Serkis, Woody Harrelson, Steve Zahn, Amiah Miller, Karin Konoval, Judy Greer dan Terry Notary.

Film fiksi ilmiah garapan Matt Reeves ini bercerita tentang perang antara kera dan manusia untuk menjadi pempimpin dunia. Masih dengan tokoh yang sama yaitu Caesar sebagai pemimpin kawanan kera. Pada film ini Caesar mencoba mambalaskan dendam karena keluarganya terbunuh oleh pasukan tentara manusia.

Caesar lalu melakukan perjalanan membalas dendam dibantu oleh para loyalisnya. Hingga mereka bertemu dengan sang kolonel dan melawan satu sama lain yang akan menentukan takdir dari masing-masing kaumnya.

Menariknya, War For The Planet of The Apes ini menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI) dan motion capture yang epik sehingga memberi emosi yang nyata pada filmnya. Wajib banget buat ditonton.

7. The Space Between Us (2017)

Berbeda dari film fiksi ilmiah lainnya yang membawa ketegangan, The Space Between Us ini justru merupakan film sci-fi bernuansa romance. Film ini dibintangi oleh Asa Butterfield sebagai pemeran utamanya dan dirilis pada tahun 2017 lalu.

Film ini menceritakan tentang Gardner Elliot, orang pertama yang lahir dan tinggal di Mars. Ketika menginjak usia remaja ia bertemu dengan Tulsa secara online.

Suatu hari ia mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke bumi dan bertemu dengan Tulsa sekaligus mencari sosok laki-laki yang diyakini sebagai ayahnya. Akan tetapi, para peneliti menemukan bahwa organ tubuhnya tidak dapat bertahan dengan atmosfer bumi sehingga ia harus berpisah dengan Tulsa dan kembali ke Mars. Punya jalan cerita yang menarik, film fiksi ilmiah terbaik ini wajib banget kamu tonto

8. Justice League (2017)

Film fiksi ilmiah terbaik berikutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah film Justice League yang dirilis pada tahun 2017 lalu.

Seperti yang kita tahu, Justice League merupakan film sci-fi hero lanjutan dari film DC sebelumnya, yaitu Batman vs Superman. Didalam film ini kamu akan melihat kumpulan superhero DC Comics yang beranggotakan Batman, Wonder Woman, The Flash, Cyborg, dan Aquaman yang bergabung menjadi satu tim untuk melawan ancaman besar yang bisa membahayakan manusia.

Filmnya sendiri menunjukkan situasi setelah Superman meninggal, dimana terjadi kriminalitas dimana-mana dan puncaknya muncul monster yang merupakan kaki tangan Darkseid bernama Steppenwolf yang memimpin pasukan Parademons untuk menghancurkan bumi.

Namun walaupun semua superhero sudah dikumpulkan, mereka tetap kewalahan dalam mengalahkan Steppenwolf. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menghidupkan kembali Superman menggunakan kekuatan Mother Box. Seperti apa kisahnya? Langsung saja tonton filmnya.

9. Thor: Ragnarok (2017)

Thor: Ragnarok merupakan salah satu film sci-fi terbaik yang dibalut dengan unsur Action, Adventure, Comedy. Film ini merupakan film ke-15 dari Marvel Cinematic Universe (MCU), sekaligus film ketiga dari Thor setelah “Thor” dan “Thor: The Dark World”. Film yang diperankan oleh Cate Blanchett, Tom Hiddleston, Idris Elba, Tessa Thompson, hingga Chris Hemsworth ini menceritakan tentang kejadian setelah Avengers: Age of Ultron dan empat tahun setelah Thor: The Dark World.

Fokus filmnya ada pada Thor yang harus menghadapi saudara kandungnya sendiri, Hela. Selama ini Thor tidak mengetahui bahwa dirinya mempunyai kakak perempuan karena Hela ditahan dan dikurung oleh Odin, ayah keduanya karena perbedaan prinsip.

Dimana Odin lebih mengutamakan perdamaian dalam memimpin Asgard, sedangkan Hela memilih perang untuk memperluas wilayah kekuasaan Asgard. Setelah lepas dari tahanan, Hela kembali merebut Asgard. Disaat itulah, Thor harus berjuang melawan kehancuran Asgard tanpa ditemani senjata andalannya, yakni palu Mjolnir yang dihancur dengan mudah oleh Hela.

Kemudian Thor dibuang dan terdampar ke planet pembuangan bernama Sakaar. Di planet tersebut Thor ditangkap dan dijadikan petarung gladiator oleh Grandmaster. Secara mengejutkan, Thor juga bertemu dengan Hulk yang juga menjadi petarung gladiator ditempat tersebut. Dengan kondisi tersebut, Thor harus melawan Hulk agar bisa kembali ke Asgard untuk menyelamatkan kerajaannya dari kehancuran.

10. Star Wars: The Last Jedi (2017)

Selanjutnya ada film Star Wars: The Last Jedi yang rilis pada tahun 2017. Ini merupakan salah satu film fiksi ilmiah terbaik yang wajib kamu tonton. Star Wars: The Last Jedi sendiri merupakan film sekuel dari Star Wars: The Force Awakens, yang rilis pada 2015 lalu.

Dimana kisahnya masih akan berlanjut dengan perjalanan tokoh utama, Rey yang dikirim dalam misi untuk menemukan Luke di Acht-To, tempat kuil Jedi pertama kali didirikan.

Tujuan Rey bertemu Luke di pulau penuh tebing tersebut adalah guna menjadi seorang Jedi. Namun ia harus menghadapi berbagai tantangan. Pasalnya, Luke bersikukuh tidak ingin lagi memberikan ilmu lantaran ketakutannya di masa lalu, usai ia menyadari mantan muridnya, Kylo mempunyai kekuatan yang dinilai sangat berbahaya. Namun dengan perjuangan keras, akhirnya Luke bersedia untuk membimbing Rey.

11. Ender’s Game (2013)

Ender’s Game yang dirilis pada tahun 2013 lalu ini juga merupakan salah satu film fiksi ilmiah terbaik yang bakal membuat kamu ikut merasakan ketegangan yang ada di film tersebut. Film ini dibintangi oleh Asa Butterfield, Harrison Ford, Ben Kingsley, Viola Davis, Hailee Steinfeld, dan Abigail Breslin.

Film fiksi ilmiah ini di balut dengan unsur aksi dan fantasi berlatar belakang ruang angkasa. Menceritakan tentang persiapan manusia di bumi untuk menyerang kelompok alien yang disebut Formics.

Anak-anak berbakat dilatih selama 50 tahun oleh Armada Internasional untuk melakukan serangan ke Formics. Dimana ada satu murid pendiam dan jenius bernama Andrew “Ender” Wiggin yang menarik perhatian Kolonel Hyrum Graff dan Mayor Gwen Anderson karena sangat menonjol dalam hasil simulasi pertempuran ruang angkasa. Ender pun menjadi bagian dari program menyelamatkan Bumi.

Meski sempat dipandang sebelah mata karena tubuhnya yang kecil, namun bakat dan kejeniusan yang Ender miliki mampu membuatnya menjadi pemimpin perang dari para Formics.

12. Arrival (2016)

Buat kamu yang suka menonton film-film bertema alien, makan Arrival ini wajib banget kamu tonton. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini merupakan film drama misteri fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Denis Villeneuve dan diproduseri oleh Dan Levine, Shawn Levy, David Linde dan Aaron Ryder.

Menceritakan tengan Louise Banks (Amy Adams) seorang ahli bahasa yang baru ditinggal mati putrinya, dan harus memecahkan teka-teki bahasa alien yang datang dengan pesawat berwarna abu-abu lonjong di negara bagian Montana, Amerika Serikat, dan di 12 lokasi lain di seluruh dunia.

Tak hanya sekedar datang dan mendarat. Para alien ini juga membawa sebuah pesan misterius yang disampaikan melalui simbol. Oleh karenanya, Louise diminta oleh pemerintah Amerika Serikat, karena komunikasi antara pemerintah dan alien selalu gagal karena perbedaan bahasa. Alien tersebut tidak mengerti bahasa manusia. Tugas yang harus dia hadapi ini berbarengan dengan kilasan kenangannya tentang sang putri yang terus muncul.

13. The 5th Wave (2016)

Menyajikan kisah seru yang menegangkan, The 5th Wave menjadi salah satu film fiksi imliah terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Rick Yancey dan dibintanfi oleh Chlöe Grace Moretz.

Kisahnya sendiri mengikuti kisah seorang gadis berusia 16 tahun bernama Cassie (Chlöe Grace Moretz), yang melihat UFO jatuh di dekat sekolahnya. Beberapa waktu kemudian, para alien yang disebut ‘The Others’ muncul dan menyerang manusia dalam 5 tahap.

Di tahap pertama The Others menyerang manusia dengan tekanan elektromagnetik yang mematikan seluruh perangkat elektronik dan komunikasi. The Others juga membunuh sebagian manusia yang perangkatnya rusak. Di tahap kedua menghasilkan bencana gempa bumi dan tsunami,yang bertujuan membasmi manusia di daratan.

Tahap keketiga, The Others menciptakan virus yang disebarkan melalui burung-burung di bumi. Pada gelombang keempat, para manusia yang masih hidup dibawa ke tempat penampungan khusus oleh para alien yang menyamar sebagai tentara khusus. Disana orang dewasa dibunuh oleh para alien.

Dan tahap kelima adalah para alien yang mendoktrin anak-anak untuk membunuh manusia yang masih bertahan. Cassie yang sadar bahwa tidak semua orang di sekitarnya merupakan manusia sesungguhnya berusaha mencari jalan keluar agar tetap selamat.

14. Mortal Engines (2018)

Film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa berikutnya adalah film Mortal Engines yang dirilis pada tahun 2018. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Philip Revee. Dibintangi oleh Hera Hilmar, Robert Sheehan, Hugo Weaving, Jihae, Ronan Raftery, Leila George, Patrick Malahide, dan Stephen Lang, film ini akan membawa kalian pada keadaan bumi pasca kehancuran dunia. Dimana Kota-kota di bumi berubah menjadi sebuah pulau besar bermesin dan beroda yang bisa berpindah kesana-kemari.

Film ini menceritakan tentang Hester Shaw (Hera Hilmar), seorang pembunuh bayaran yang ingin membalas dendam atas kematian ibunya. Hester memiliki dendam pribadi dengan penguasa London bernama Thaddeus Valentine, namun hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan seorang diri. Akhirnya Hester bergabung dengan pasukan anti-traksi yang dikomandoi oleh Anna Fang (Jihae), seorang penjahat yang berbahaya. Mereka pun merencanakan misi pemberontakan untuk melawan kota predator.

15. Men in Black: International (2019)

Satu lagi film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton adalah Men in Black: International yang rilis pada tahun 2019 lalu.

Men in Black: International merupakan film bergenre komedi aksi fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Chris Hemsworth, Tessa Thompson, Rebecca Ferguson, Kumail Nanjiani, Rafe Spall, Les Twins, Emma Thompson, Danny Elfman, dan Chris Bacon.

Sesuai judulnya, Men in Black: International merupakan spin-off dari serial film Men in Black, yang diangkat berdasarkan kisah komik Malibu/Marvel dengan judul yang sama karya Lowell Cunningham.

Menceritakan tentang agen senior MIB yang dipasangkan dengan agen amatir. Mereka bersatu melawan serangan alien ganas bernama Hive. Alien tersebut dapat berubah wujud menjadi manusia dan kehadirannya sangat mengancam keamanan dunia. Konflik bukan hanya terjadi antara para agen dan alien, namun juga agen dengan agen lainnya sehingga cerita film ini menjadi semakin menarik untuk ditonton.

Nah itu dia beberapa film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton. Menarik semua bukan? Jadi film fiksi ilmiah mana yang jadi favorit kamu?

The post 15 Film Fiksi Ilmiah Terbaik Sepanjang Masa appeared first on Blog Unik.