film kerenLifestyle

Fakta Lagu ‘Lathi’ Karya Weird Genius Yang Keren Abis

Siapa sih yang belum dengerin lagu “Lathi”? Lagu satu ini sangat viral di media sosial sehingga mustahil rasanya kalau kalian belum mendengar lagu satu ini. Lagu Lathi adalah salah satu lagu terkeren karya anak bangsa yaitu Weird Genius, yang memadukan unsur EDM dan gamelan Jawa pada musiknya. Liriknyapun merupakan gabungan dari bahasa Inggris dan bahasa Jawa yang membuat lagu ini semakin unik.

Lagu Lathi yang resmi dirilis pada 28 Februari 2020 ini berhasil mencuri perhatian publik. Terbukti dari video klip yang diunggah di channel YouTube Weird Genius hingga kini sudah mencapai lebih dari 20 juta views. Bahkan sebulan dari tanggal perilisan, Lathi sukses meraih 10 juta views. Tak hanya di YouTube, lagu ini juga meraih kesuksesan di SPotify dengan 7 juta streams.

Menjadi lagu yang viral dan treding di media sosial bahkan kerap dijadikan bgm di TikTok, berikut beberapa fakta menarik seputar lagu Lathi karya Weird Genius yang keren abis. Let’s check it out guys!

1. Makna Lagu Lathi

Fakta-Lagu-'Lathi'-Karya-Weird-Genius

photo via youtube.com (Weird Genius)

Lagu Lathi mengangkat cerita tentang toxic relationship sebuah hubungan yang dipenuhi kebohongan, ego dan saling menyakiti dengan ucapan. Dalam lagu ini tersirat pendirian dan serta keberanian dalam menghadapi hubungan yang tidak sehat. Untuk diketahui juga, nama “Lathi” yang digunakan sebagai judul single Weird Genius tersebut itu merupakan sebutan dalam bahasa Jawa yang artinya “Lidah”.

2. Karya Weird Genius

Fakta-Lagu-'Lathi'-Karya-Weird-Genius

photo via instagram.com/weird.genius

Lagu Lathi yang viral ini merupakan karya dari musisi lokal bernamakan Weird Genius. Siapa Weird Genius itu? Weird Genius adalah grup musisi lokal beraliran electronic dance music (EDM) digawangi oleh rapper sekaligus YouTuber Reza Arap Oktovian, Eka Gustiwana, dan DJ Gerald Liu.

Meskipun Weird Genius merupakan grup musik EDM asal Indonesia, tapi lagu-lagu yang mereka buat kebanyakan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa global yang tren. Ini ditengarai sebagai bentuk upaya mereka supaya karya tersebut bisa dimengerti telinga mancanegara.

Namun meskipun menggunakan bahasa Inggris Weird Genius juga dikenal sebagai musisi yang selalu memasukan unsur budaya Indonesia pada musik mereka. Grup ini terbentuk sejak tahun 2016 dan merilis lagu pertama mereka pada 2017 dengan judul DPS.

3. Menggaet Sara Fajira sebagai vocalis pada lagu Lathi

Fakta-Lagu-'Lathi'-Karya-Weird-Genius

photo via instagram.com/sarafajira

Weird Genius menggandeng penyanyi cantik, Sara Fajira, dalam project lagu Lathi ini. Sara Fajira merupakan penyanyi asal Surabaya yang ternyata jebolan Idola Cilik. Tak hanya bernyanyi, namun Sara juga ikut terlibat dalam pembuatan lirik Lathi yang berbahasa Jawa. Dalam video klip, perempuan 25 tahun ini bertransformasi menjadi sosok mengerikan berlumuran darah untuk menggambarkan toxic relationship.

Selain bernyanyi, Sara Fajira juga pandai nge-rap dalam bahasa Jawa. Penyanyi blasteran berdarah Batak, Yaman dan Polandia ini pernah berkolaborasi dengan Hedi Yunus menggarap ulang lagu Jika yang dipopulerkan Melly Goeslaw.

4. Menggabungkan dua bahasa

Fakta-Lagu-'Lathi'-Karya-Weird-Genius

photo via youtube.com (Weird Genius)

Untuk lagu Lathi ini, Weird Genius memadukan dua bahasa yang tergolong cukup unik. Dalam single tersebut, semua lirik dari awal sampai pertengahan lagu sebelum reff menggunakan bahasa Inggris. Lalu kemudian, ketika lagu mulai memasuki bagian Reff, liriknya menggunakan bahasa Jawa yang berbunyi sebagai berikut.

“Kowe ra iso mlayu saka (dibaca : soko) kesalahan, Ajining myself ana (dibaca : ono) ing lathi”

Artinya : “Anda tidak dapat lari dari kesalahan. Harga diri seseorang ada di lidah (kata-katanya)”

5. Musik dan tari adat tradisional

Fakta-Lagu-'Lathi'-Karya-Weird-Genius

photo via youtube.com (Weird Genius)

Selain memasukan bahasa Jawa pada liriknya, Weird Genius juga memasukan unsur-unsur musik tradisional dalam komposisi beat musik Lathi. Ada unsur suara gamelan yang terdengar dengan apik dan menyatu dengan alunan musik elektronik EDM gubahan mereka. Tak hanya itu, dalam video klip “Lathi” juga disertakan beberapa tari adat tradisional dari asal Jawa, yaitu kuda lumping. Terlihat beberapa scene grup kuda lumping yang memainkan aksinya seperti memakan bohlam lampu dan juga menyemburkan api.

6. Diproduksi hanya 1 bulan

Dalam keterangan resminya di video YouTube, Weird Genius dan Sara mengatakan bahwa lagu Lathi yang merupakan karya fenomenal dan kini menjadi trending ini ternyata hanya diproduksi 1 bulan. Waktu yang sangat singkat untuk menciptakan masterpiece seperti lagu Lathi satu ini.

7. Filter Tiktok

Saking populernya, lagu Lathi kini sudah tersedia sebagai filter dan backsound yang ada pada aplikasi TikTok bahkan sudah banyak dipakai oleh pengguna TikTok untuk membuat video versi mereka sendiri. Bahkan kebanyakan pengguna TikTok yang menggunakan lagu Lathi ini mendapatkan hasil video yang mengesankan.

8. Diviralkan Jharna Bhagwani

View this post on Instagram

LATHI (ꦭꦛꦶ) Embracing my Indonesian culture through the #LathiChallenge 🇮🇩✨ • Follow me// @jharnabhagwani for more tutorials like this 🥰❤️ • Song: @weird.genius – Lathi (ft. @sarafajira). • I have been requested to make this lip sync challenge by hundreds of you these past months ! 😄 So I made sure to take my time and give you my all. It took us a total 3 days to plan, film and edit. I have to admit this was so much fun to create and wearing these traditional clothes made me feel so empowered and proud of my culture (even though they were very uncomfortable and itchy to wear 😂❣️) so thank you for all your suggestions! 🥰 And of course in true Jharna fashion… I had to put a jump scare in the end HAHAHA. Hope I didn’t scare you too much and you enjoyed watching this video!! 😆😆 • Tag some of your friends who would find this video interesting or maybe give them a scare hihi.👹 #lathi #lipsynchallenge #JharnaLipsync #jharnabhagwani #makeupsundasiger #traditionalmakeup #indonesiandance

A post shared by Jharna Bhagwani – 17 y.o 🌙 (@jharnabhagwani) on

Video TikTok selebgram Jharna Bhagwani ikut membantu mempopulerkan lagu Lathi dengan memperlihatkan step make up dengan hasil yang luar biasa. Dalam videonya, ia mengikuti transformasi riasan Sara Fajira seperti di dalam video klip. Ia berdandan ala pengantin Jawa kemudian ditambah efek jump scare untuk memperlihatkan make up yang tampak mengerikan. Videonya telah ditonton lebih dua juta kali di Instagram.

9. Bentuk jati diri Weird Genius

Dirilisnya lagu Lathi, semakin mengokohkan positioning dan jati diri Weird Genius kedepannya. Menurut mereka, dapat dipastikan bahwa karya-karya Weird Genius berikutnya akan selalu diselipkan unsur budaya sebagai warisan yang harus dipertahankan.

Nah itulah beberapa fakta menarik mengenai lagu Lathi karya Weird Genius yang keren abis dan viral di jagat maya. Bagaiaman menurut kalian guys? Ketagihan untuk mendengar lagu satu ini?

Lirik Lengkap dan Terjemah Lagu Lathi karya Weird Genius:

I was born a fool
Saya dilahirkan sebagai orang bodoh

Broken all the rules
Patah semua aturan

Seeing all null
Melihat semua nol

Denying all of the truth
Menyangkal semua kebenaran

Everything has changed
Semuanya telah berubah

It all happened for a reason
Itu semua terjadi karena suatu alasan

Down from the first stage
Turun dari tahap pertama

It isn’t something we fought for
Itu bukan sesuatu yang kami perjuangkan

Never wanted this kind of pain
Tidak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini

Turned myself so cold and heartless
Mengubah diriku begitu dingin dan tidak berperasaan

But one thing you should know
Tapi satu hal yang harus Anda ketahui

“Kowe ra iso mlayu saka kesalahan Ajining diri ana ing lathi”
“Kamu tidak bisa lari dari kesalahan Harga diri seseorang dari cara berbicara”

Pushing through the countless pain
Mendorong rasa sakit yang tak terhitung jumlahnya

And all I know that this love’s a bless and curse
Dan yang saya tahu bahwa cinta ini adalah berkah dan kutukan

Everything has changed
Semuanya telah berubah

It all happened for a reason
Itu semua terjadi karena suatu alasan

Down from the first stage
Turun dari tahap pertama

It isn’t something we fought for
Itu bukan sesuatu yang kami perjuangkan

Never wanted this kind of pain
Tidak pernah menginginkan rasa sakit seperti ini

Turned myself so cold and heartless
Mengubah diriku begitu dingin dan tidak berperasaan

But one thing you should know
Tapi satu hal yang harus Anda ketahui

“Kowe ra iso mlayu saka kesalahan Ajining diri ana ing lathi”
“Kamu tidak bisa lari dari kesalahan Harga diri seseorang dari cara berbicara”

The post Fakta Lagu ‘Lathi’ Karya Weird Genius Yang Keren Abis appeared first on Blog Unik.