Lifestyle

Fakta Fire Eagle Nest, Buatan Alam Atau Alien?

Fire Eagle Nest

Kawah biasanya berada di puncak gunung berapi namun beda halnya dengan kawah yang berada di Siberia satu ini. Kawah yang dinamai Patomskiy ini merupakan sebuah formasi geologi yang ditemukan di tengah hutan wilayah Irkutsk, tenggara Siberia. Kawah ini berbentuk gundukan batu kapur patah dengan lebar 520 kaki dan tinggi 139 kaki. Bentuknya menyerupai kawah, namun dengan gundukan kecil di bagian tengah sehingga terlihat sangat menonjol diantara hijaunya hutan.

Semenjak ditemukan tahun 1949 lalu, kawah satu ini masih menjadi misteri, bahkan hingga saat ini, para peneliti belum berhasil mengetahui bagaimana Patomskiy bisa terbentuk. Ada banyak teori yang menyatakan kalau kawah satu ini terbentuk karena UFO, namun sampai saat ini terbentuknya Patomskiy masih menjadi misteri. Penduduk setempat bahkan menyebut kawah misterius ini sebagai “Fire Eagle’s Nest” alias “Sarang Elang Api”.

Nah buat kamu yang penasaran, berikut beberapa fakta menarik seputar kawah Patomskiy atau biasa disebut “Fire Eagle’s Nest”.

1. Ditemukan pertama kali tahun 1949

Fakta kawah Patomskiy di siberia

photo via siberiantimes.com

Kawah Patomskiy pertama kali ditemukan oleh seorang ahli geologi bernama Vadim Kolpakov pada tahun 1949. Kawah yang berbentuk seperti gundukan besar batu kapur ini berada di wilayah utara Irkutsk di tenggara Siberia sekitar 360 kilometer dari kota Bodaibo. Kawah ini tingginya mencapai 80 meter dan memiliki diameter 150 meter. Kedalaman lingkaran dalamnya adalah sekitar 10 meter. Situs ini kemudian diberi nama kawah Patomskiy, sesuai dengan nama sungai terdekat. Tetapi penduduk setempat sering menyebutnya “Fire Eagle’s Nest” atau “Sarang Elang Api”.

2. Patomskiy tidak terbentuk karena erupsi vulkanik

Fakta kawah Patomskiy di siberia

photo via earthobserver.org

Situs yang bentuknya menyerupai kawah, namun dengan gundukan kecil di bagian tengahnya ini tidak menyerupai kawah yang terbentuk karena erupsi vulkanik. Pasalnya tidak ada material vulkanik yang dapat di temukan disekitar kawah. Bahkan daerah dimana Patomskiy berada tidak dianggap vulkanik dan tidak ada gunung berapi dalam ribuan kilometer dari kawah Patomskiy.

3. Asal-usul yang masih simpang siur

Fakta Fire Eagle Nest

photo via amusingplanet.com

Sejak ditemukan, keberadaan Patomskiy ini telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade. Karenanya muncullah banyak teori yang diajukan oleh orang-orang mengenai keberadaan situs ini. Mulai dari ledakan nuklir, tambang gulag rahasia, hantaman meteorit, bahkan ada yang mengaitkannya dengan UFO dan alien.

Namun teori tersebut terpatahkan karena tidak ada cukup banyak orang yang hidup di daerah sekitarnya pada saat kawah ini terbentuk. Dan juga tidak pernah ada kamp kerja paksa atau gulag di wilayah tersebut.

4. Diduga sebagai tempat terjatuhnya meteorit Tunguska pada tahun 1908

Fakta Fire Eagle Nest

photo via elixirofknowledge.com

Para ilmuwan berpikir bahwa kawah Patomskiy berusia antara 100 hingga 500 tahun dan bisa jadi kawah ini adalah bukti dari meteorit Tunguska. Banyak juga yang percaya kalau kawah ini memang diciptakan oleh meteorit Tunguska yang jatuh di wilayah Krasnoyarsk pada tahun 1908, dimana kawahnya sendiri tidak pernah ditemukan.

Peristiwa Tunguska yang terjadi pada tahun 1908, semakin menguatkan teori terbentuknya Patomskiy karena peristiwa tersebut telah diperkirakan sama dengan usia Kawah Patomskiy terbentuk.

Namun menurut penelitian terbaru, telah menunjukkan bahwa kawah Patomskiy sebenarnya berusia 250 tahun, sehingga bisa saja dibentuk oleh meteorit yang jatuh sebelumnya ketika daerah itu hampir tidak berpenghuni.

5. Memiliki kandungan zat besi

Fakta Fire Eagle Nest

photo via siberiantimes.com

Struktur Patomskiy yang tergolong tidak biasa juga menimbulkan teori akan keterlibatan makhluk luar angkasa. Beberapa orang percaya kalau Patomskiy merupakan lokasi penyembunyian pesawat UFO. Namun teori ini dibantah oleh para peneliti. Sebab di bawah situs tak ditemukan objek-objek yang mencurigakan.

Namun para ilmuwan juga berpikir bahwa ada sesuatu dengan kandungan zat besi yang tinggi dan bahan ferromagnetic yang berada antara 100 hingga 150 meter di bawah kawah. Mereka percaya itu bisa jadi meteorit atau objek lain yang sangat padat, tetapi mereka belum yakin.

6. Kawah Patomskiy dibentuk oleh ledakan freatik (uap)

Fakta kawah Patomskiy di siberia

photo via maximonline.ru

Para ilmuwan akhirnya menghapus berbagai teori akan asal usul kawah satu ini seperti teori vulkanik, meteorit dll. Dan mereka berkesimpulan bahwa Kawah Patomskiy dibentuk oleh ledakan freatik (uap), yang terjadi antara saat emplasemen magma ke dalam batu hidro atau karena patahan dan dekompresi batu hidro yang panas. Namun teori ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Dan masih butuh penelitian lebih jauh untuk pembuktian yang lebih akurat.

7. Keanehan yang terjadi disekitar kawah

Fakta Fire Eagle Nest

photo via siberiantimes.com

Selain asal-usul yang masih simpang siur, area sekitar kawah juga menunjukkan hal yang aneh. Salah satunya adalah pohon-pohon di sekitar Patomskiy yang menunjukkan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat dalam satu periode. Fenomena ini mirip dengan yang terlihat di hutan sekitar Chernobyl setelah terjadinya bencana nuklir.

Tak hanya itu, kawah Patomskiy dan area sekitarnya juga dihindari oleh hewan-hewan setempat. Bahkan ada kabar yang mengatakan kalau beberapa orang yang mengunjungi tempat tersebut akan mati secara misterius dan hewan-hewan di sana lenyap tanpa bekas. Yang lebih anehnya lagi, kawah Patomskiy ini terlihat berubah terus menerus secara konstan mulai dari kenaikan ketinggian dan guguran material.

Itulah beberapa fakta menarik seputar kawah Patomskiy alias “Fire Eagle’s Nest” yang masih menyimpan banyak misteri. Bagaimana menurut kalian?

The post Fakta Fire Eagle Nest, Buatan Alam Atau Alien? appeared first on Blog Unik.